Tafsir Surat Yasin, ayat 51-54
{وَنُفِخَ
فِي الصُّورِ فَإِذَا هُمْ مِنَ الأجْدَاثِ إِلَى رَبِّهِمْ يَنْسِلُونَ (51)
قَالُوا يَا وَيْلَنَا مَنْ بَعَثَنَا مِنْ مَرْقَدِنَا هَذَا مَا وَعَدَ
الرَّحْمَنُ وَصَدَقَ الْمُرْسَلُونَ (52) إِنْ كَانَتْ إِلا صَيْحَةً وَاحِدَةً
فَإِذَا هُمْ جَمِيعٌ لَدَيْنَا مُحْضَرُونَ (53) فَالْيَوْمَ لَا تُظْلَمُ نَفْسٌ
شَيْئًا وَلا تُجْزَوْنَ إِلا مَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ (54) }
Dan ditiuplah sangkakala, maka tiba-tiba
mereka keluar dengan segera dari kuburnya (menuju) kepada Tuhan mereka. Mereka berkata, "Aduhai,
celakalah kami! Siapakah yang membangkitkan kami dari tempat tidur kami
(kubur)?" Inilah yang dijanjikan (Tuhan) Yang Maha Pemurah dan
benarlah rasul-rasul-(Nya). Tidak adalah teriakan itu selain sekali teriakan
saja, maka tiba-tiba mereka semua dikumpulkan kepada Kami. Maka pada hari itu
seseorang tidak akan dirugikan sedikit pun dan kamu tidak dibalasi kecuali
dengan apa yang telah kamu kerjakan.
Inilah yang disebut tiupan yang ketiga, yaitu tiupan kebangkitan di mana
semua makhluk dihidupkan lagi dari kuburnya. Karena itulah disebutkan oleh
firman-Nya:
{فَإِذَا
هُمْ مِنَ الأجْدَاثِ إِلَى رَبِّهِمْ يَنْسِلُونَ}
maka tiba-tiba mereka keluar dengan segera dari kuburnya (menuju)
kepada Tuhan mereka. (Yasin: 51)
An-naslan artinya berjalan dengan cepat, sebagaimana yang disebutkan
dalam ayat lain melalui firman-Nya:
{يَوْمَ
يَخْرُجُونَ مِنَ الأجْدَاثِ سِرَاعًا كَأَنَّهُمْ إِلَى نُصُبٍ
يُوفِضُونَ}
(yaitu) pada hari mereka keluar dari kubur dengan cepat seakan-akan mereka
pergi dengan segera kepada berhala-berhala (sewaktu di dunia). (Al-Ma'arij:
43)
*********
Firman Allah Swt.:
{قَالُوا
يَا وَيْلَنَا مَنْ بَعَثَنَا مِنْ مَرْقَدِنَا}
Mereka berkata, "Aduhai, celakalah kami! Siapakah yang membangkitkan kami
dari tempat tidur kami (kubur)?" (Yasin: 52)
Yakni dari kubur mereka yang dahulu semasa mereka masih hidup di dunia tidak
percaya bahwa mereka akan dibangkitkan hidup kembali dari kubur mereka. Setelah
mereka menyaksikan di tempat mereka dikumpulkan itu apa yang dahulunya mereka
dustakan, Mereka berkata, "Aduhai, celakalah kami! Siapakah yang
membangkitkan kami dari tempat tidur kami (kubur)?" (Yasin: 52)
Hal ini bukan berarti menafikan siksa kubur bagi mereka yang selama mereka
berada di dalam kuburnya, karena siksa kubur itu bila dibandingkan dengan
kerasnya azab di alam akhirat sama halnya dengan tidur.
Ubay ibnu Ka'b r.a., Mujahid, Al-Hasan, dan Qatadah mengatakan, mereka tidur
sejenak sebelum dibangkitkan hidup.
Qatadah mengatakan bahwa hal tersebut terjadi di antara dua tiupan
sangkakala, karena itulah mereka mengatakan, "Siapakah yang membangunkan kami
dari tempat tidur kami (kubur)?"
Menurut bukan hanya seorang dari kalangan ulama Salaf, manakala mereka telah
mengatakan hal tersebut, maka orang-orang mukmin menjawab:
{هَذَا
مَا وَعَدَ الرَّحْمَنُ وَصَدَقَ الْمُرْسَلُونَ}
Inilah yang dijanjikan (Tuhan) Yang Maha Pemurah dan benarlah
rasul-rasul-(Nya). (Yasin: 52)
Al-Hasan mengatakan bahwa yang menjawab mereka dengan ucapan itu adalah para
malaikat.
Tidak ada pertentangan jika kedua pendapat bisa digabungkan. Hanya Allah yang
lebih mengetahui.
Abdur Rahman ibnu Zaid mengatakan bahwa semuanya adalah ucapan orang-orang
kafir: Aduhai, celakalah kami! Siapakah yang membangkitkan kami dari tempat
tidur kami (kubur)? Inilah yang dijanjikan (Tuhan) Yang Maha
Pemurah dan benarlah rasul-rasul-(Nya) (Yasin 52)
Demikianlah menurut apa yang telah dinukil oleh Ibnu Jarir, tetapi dia
sendiri memilih pendapat yang pertama karena pendapat itulah yang paling sahih.
Makna ayat ini sama dengan apa yang disebutkan dalam ayat lain melalui
firman-Nya:
{وَقَالُوا
يَا وَيْلَنَا هَذَا يَوْمُ الدِّينِ هَذَا يَوْمُ الْفَصْلِ الَّذِي كُنْتُمْ بِهِ
تُكَذِّبُونَ}
Dan mereka berkata, "Aduhai, celakalah kita!" Inilah hari pembalasan.
Inilah hari keputusan yang kamu selalu mendustakannya. (Ash-Shaffat:
20-21)
{وَيَوْمَ
تَقُومُ السَّاعَةُ يُقْسِمُ الْمُجْرِمُونَ مَا لَبِثُوا غَيْرَ سَاعَةٍ كَذَلِكَ
كَانُوا يُؤْفَكُونَ وَقَالَ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ وَالإيمَانَ لَقَدْ
لَبِثْتُمْ فِي كِتَابِ اللَّهِ إِلَى يَوْمِ الْبَعْثِ فَهَذَا يَوْمُ الْبَعْثِ
وَلَكِنَّكُمْ كُنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ}
Dan pada hari terjadinya kiamat, bersuimpahlah orang-orang yang berdosa,
bahwa mereka tidak berdiam (dalam kubur) melainkan sesaat saja. Seperti
demikianlah mereka selalu dipalingkan (dari kebenaran). Dan berkata
orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan dan keimanan (kepada orang-orang
yang kafir).”Sesungguhnya kamu telah berdiam (dalam kubur) menurut
ketetapan Allah, sampai hari berbangkit; maka inilah hari berbangkit itu, tetapi
kamu selalu tidak meyakininya).” (Ar-Rum: 55-56)
********
Adapun firman Allah Swt.:
{إِنْ
كَانَتْ إِلا صَيْحَةً وَاحِدَةً فَإِذَا هُمْ جَمِيعٌ لَدَيْنَا
مُحْضَرُونَ}
Tidak adalah teriakan itu selain sekali teriakan saja, maka tiba-tiba
mereka semua dikumpulkan kepada Kami. (Yasin: 53)
Semakna dengan firman Allah Swt. dalam ayat lain:
{فَإِنَّمَا
هِيَ زَجْرَةٌ وَاحِدَةٌ * فَإِذَا هُمْ بِالسَّاهِرَةِ}
Sesungguhnya pengembalian itu hanya dengan satu kali tiupan saja, maka
dengan serta merta mereka hidup kembali di permukaan bumi. (An-Nazi'at:
13-14)
{وَمَا
أَمْرُ السَّاعَةِ إِلا كَلَمْحِ الْبَصَرِ أَوْ هُوَ أَقْرَبُ}
Tidak ada kejadian kiamat itu, melainkan seperti sekejap mata atau lebih
cepat (lagi). (An-Nahl: 77)
Dan firman Allah Swt.:
{يَوْمَ
يَدْعُوكُمْ فَتَسْتَجِيبُونَ بِحَمْدِهِ وَتَظُنُّونَ إِنْ لَبِثْتُمْ إِلا
قَلِيلا}
yaitu pada hari Dia memanggil kamu, lalu kamu mematuhi-Nya sambil
memuji-Nya dan kamu mengira bahwa kamu tidak berdiam (di dalam kubur)
kecuali sebentar saja. (Al-Isra: 52)
Yaitu sesungguhnya Kami hanya memerlukan sekali perintah saja, maka dengan
serta merta mereka semuanya dihadapkan kepada Kami.'
{فَالْيَوْمَ
لَا تُظْلَمُ نَفْسٌ شَيْئًا}
Maka pada hari itu seseorang tidak akan dirugikan sedikit pun. (Yasin:
54)
Yakni dari amal perbuatannya.
{وَلا
تُجْزَوْنَ إِلا مَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ}
dan kamu tidak dibatasi, kecuali dengan apa yang telah kamu kerjakan.
(Yasin: 54)