Tafsir Surat Az-Zumar, ayat 68-70
{وَنُفِخَ
فِي الصُّورِ فَصَعِقَ مَنْ فِي السَّمَوَاتِ وَمَنْ فِي الأرْضِ إِلا مَنْ شَاءَ
اللَّهُ ثُمَّ نُفِخَ فِيهِ أُخْرَى فَإِذَا هُمْ قِيَامٌ يَنْظُرُونَ (68)
وَأَشْرَقَتِ الأرْضُ بِنُورِ رَبِّهَا وَوُضِعَ الْكِتَابُ وَجِيءَ
بِالنَّبِيِّينَ وَالشُّهَدَاءِ وَقُضِيَ بَيْنَهُمْ بِالْحَقِّ وَهُمْ لَا
يُظْلَمُونَ (69) وَوُفِّيَتْ كُلُّ نَفْسٍ مَا عَمِلَتْ وَهُوَ أَعْلَمُ بِمَا
يَفْعَلُونَ (70) }
Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa
yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian
ditiuplah sangkakala itu sekali lagi, maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu
(putusannya masing-masing). Dan
terang benderanglah bumi (padang mahsyar) dengan cahaya (keadilan)
Tuhannya; dan diberikanlah buku (perhitungan perbuatan masing-masing)
dan didatangkanlah para nabi dan saksi-saksi dan diberi keputusan di antara
mereka dengan adil, sedangkan mereka tidak dirugikan. Dan disempurnakan bagi
tiap-tiap jiwa (balasan) apa yang telah dikerjakannya dan Dia lebih
mengetahui apa yang mereka kerjakan.
Allah Swt. menceritakan tentang kengerian yang terjadi pada hari kiamat
berikut terjadinya tanda-tanda kekuasaan Allah yang besar dan gempa yang
dahsyat.
Firman Allah Swt.:
{وَنُفِخَ
فِي الصُّورِ فَصَعِقَ مَنْ فِي السَّمَوَاتِ وَمَنْ فِي الأرْضِ إِلا مَنْ شَاءَ
اللَّهُ}
Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di
bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. (Az-Zumar: 68)
Ini adalah tiupan yang kedua, yaitu tiupan yang sesudahnya semua makhluk
hidup yang ada di langit dan yang ada di bumi mati, kecuali orang yang
dikehendaki Allah tidak terpengaruh karenanya, sebagaimana yang dijelaskan di
dalam hadis sangkakala yang terkenal itu.
Kemudian semua roh dicabut sehingga yang paling akhir mati adalah malaikat
maut, sehingga Yang Hidup hanyalah Tuhan Yang Mahakekal Yang terus-menerus
mengurus makhluk-Nya; Dialah Yang Mahapertama yang tiada awalnya dan Yang
Mahaakhir yang tiada akhirnya, kemudian Dia berfirman:
{لِمَنِ
الْمُلْكُ الْيَوْمَ}
Kepunyaan siapakah kerajaan pada hari ini? (Al-Mu’min: 16)
sebanyak tiga kali. Kemudian Allah Swt. menjawab sendiri pertanyaan-Nya
itu:
{لِلَّهِ
الْوَاحِدِ الْقَهَّارِ}
Kepunyaan Allah Yang Maha Esa lagi Maha Mengalahkan. (Al-Mu’min:
16)
Yakni hanya Aku sematalah Yang mengalahkan segala sesuatu, dan Aku telah
putuskan fana terhadap segala sesuatu. Kemudian Allah menghidupkan makhluk-Nya,
dan yang mula-mula Dia hidupkan adalah Malaikat Israfil, lalu Dia memerintahkan
kepadanya agar melakukan tiupan lain pada sangkakala, yaitu tiupan yang ketiga
alias tiupan berbangkit. Allah Swt. telah berfirman:
{ثُمَّ
نُفِخَ فِيهِ أُخْرَى فَإِذَا هُمْ قِيَامٌ يَنْظُرُونَ}
Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi, maka tiba-tiba mereka berdiri
menunggu (putusannya masing-masing). (Az-Zumar: 68)
Yaitu mereka menjadi hidup kembali yang sebelumnya masih berupa tulang
belulang yang telah hancur berantakan, lalu mereka menyaksikan
kengerian-kengerian yang terjadi di hari kiamat. Seperti pengertian yang
terdapat di dalam firman-Nya:
{فَإِنَّمَا
هِيَ زَجْرَةٌ وَاحِدَةٌ فَإِذَا هُمْ بِالسَّاهِرَةِ}
Sesungguhnya pengembalian itu hanyalah dengan satu kali tiupan saja, maka
dengan serta merta mereka hidup kembali di permukaan bumi. (An-Nazi'at:
13-14)
{يَوْمَ
يَدْعُوكُمْ فَتَسْتَجِيبُونَ بِحَمْدِهِ وَتَظُنُّونَ إِنْ لَبِثْتُمْ إِلا
قَلِيلا}
yaitu pada hari Dia memanggil kalian, lalu kalian mematuhinya
sambil memuji-Nya dan kalian mengira bahwa kamu tidak berdiam (di dalam
kubur) kecuali sebentar saja. (Al-Isra: 52)
Dan firman Allah Swt.:
{وَمِنْ
آيَاتِهِ أَنْ تَقُومَ السَّمَاءُ وَالأرْضُ بِأَمْرِهِ ثُمَّ إِذَا دَعَاكُمْ
دَعْوَةً مِنَ الأرْضِ إِذَا أَنْتُمْ تَخْرُجُونَ}
Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah berdirinya langit dan bumi
dengan kehendak-Nya. Kemudian apabila Dia memanggil kamu sekali panggil dari
bumi, seketika itu (juga) kamu keluar (dari kubur). (Ar-Rum: 25)
قَالَ
الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ، حَدَّثَنَا شُعْبَةُ،
عَنِ النُّعْمَانِ بْنِ سَالِمٍ قَالَ: سمعت يَعْقُوبَ
بْنَ عَاصِمِ بْنِ عُرْوَةَ بْنِ مَسْعُودٍ قَالَ: سَمِعْتُ رَجُلًا قَالَ لِعَبْدِ
اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو: إِنَّكَ تَقُولُ: السَّاعَةُ تَقُومُ إِلَى كَذَا وَكَذَا؟
قَالَ: لَقَدْ هَمَمْتُ أَلَّا أُحَدِّثَكُمْ شَيْئًا، إِنَّمَا قُلْتُ: سَتَرَوْنَ
بَعْدَ قَلِيلٍ أَمْرًا عَظِيمًا. ثُمَّ قَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَمْرٍو: قَالَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "يَخْرُجُ الدَّجَّالُ فِي
أُمَّتِي، فَيَمْكُثُ فِيهِمْ أَرْبَعِينَ-لَا أَدْرِي أَرْبَعِينَ يَوْمًا أَوْ
أَرْبَعِينَ عَامًا أَوْ أَرْبَعِينَ شَهْرًا أَوْ أَرْبَعِينَ لَيْلَةً
-فَيَبْعَثُ اللَّهُ عِيسَى ابْنَ مَرْيَمَ، كَأَنَّهُ عُرْوَةُ بْنُ مَسْعُودٍ
الثَّقَفِيُّ، فَيَظْهَرُ فَيُهْلِكُهُ اللَّهُ. ثُمَّ يَلْبَثُ النَّاسُ بَعْدَهُ
سِنِينَ سَبْعًا لَيْسَ بَيْنَ اثْنَيْنِ عَدَاوَةٌ، ثُمَّ يُرْسِلُ اللَّهُ رِيحًا
بَارِدَةً مِنْ قِبَلِ الشَّامِ، فَلَا يَبْقَى أَحَدٌ فِي قَلْبِهِ مِثْقَالُ
ذَرَّةٍ مِنْ إِيمَانٍ إِلَّا قَبَضَتْهُ، حَتَّى لَوْ أَنَّ أَحَدَهُمْ كَانَ فِي
كَبِدِ جَبَلٍ لَدَخَلَتْ عَلَيْهِ". قَالَ: سَمِعْتُهَا مِنْ رَسُولِ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "وَيَبْقَى شِرَارُ النَّاسِ فِي خِفَّةِ
الطَّيْرِ، وَأَحْلَامِ السِّبَاعِ، لَا يَعْرِفُونَ مَعْرُوفًا، وَلَا يُنْكِرُونَ
مُنْكَرًا". قَالَ: "فَيَتَمَثَّلُ لَهُمُ الشَّيْطَانُ فَيَقُولُ: أَلَا
تَسْتَجِيبُونَ؟ فَيَأْمُرُهُمْ بِالْأَوْثَانِ فَيَعْبُدُونَهَا، وَهُمْ فِي
ذَلِكَ دَارَّةٌ أَرْزَاقُهُمْ، حَسَنٌ عَيْشُهُمْ. ثُمَّ يُنْفَخُ فِي الصُّورِ
فَلَا يَسْمَعُهُ أَحَدٌ إِلَّا أَصْغَى لَهُ، وَأَوَّلُ مَنْ يَسْمَعُهُ رَجُلٌ
يَلُوطُ حَوْضَهُ، فَيُصْعَقُ، ثُمَّ لَا يَبْقَى أَحَدٌ إِلَّا صُعِقَ. ثُمَّ
يُرْسِلُ اللَّهُ -أَوْ: يُنْزِلُ اللَّهُ مَطَرًا كَأَنَّهُ الطَّلُّ-أَوِ
الظِّلُّ شَكَّ نُعْمَانُ -فَتَنْبُتُ مِنْهُ أَجْسَادُ النَّاسِ. ثُمَّ يُنْفَخُ
فِيهِ أُخْرَى فَإِذَا هُمْ قِيَامٌ يَنْظُرُونَ، ثُمَّ يُقَالُ: يَا أَيُّهَا
النَّاسُ، هَلُمُّوا إِلَى رَبِّكُمْ: {وَقِفُوهُمْ إِنَّهُمْ مَسْئُولُونَ}
[الصَّافَّاتِ:24] ، قَالَ: "ثُمَّ يُقَالُ: أَخْرِجُوا بَعْثَ النَّارِ". قَالَ:
"فَيُقَالُ: كَمْ؟ فَيُقَالُ: مِنْ كُلِّ أَلْفٍ تِسْعَمِائَةٍ وَتِسْعَةً
وَتِسْعِينَ فَيَوْمَئِذٍ تُبْعَثُ الْوِلْدَانُ شِيبًا، وَيَوْمَئِذٍ يُكْشَفُ
عَنْ سَاقٍ".
Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Muhammad ibnu Ja'far,
telah menceritakan kepada kami Syu'bah, dari An-Nu'man ibnu Salim yang
mengatakan bahwa ia pernah mendengar Ya'qub ibnu Asim ibnu Urwah ibnu Mas'ud
mengatakan bahwa ia pernah mendengar seorang lelaki bertanya kepada Abdullah
ibnu Amr r.a., "Sesungguhnya engkau mengatakan bahwa hari kiamat itu terjadinya
sampai ada anu dan anu." Abdullah ibnu Amr menjawab, "Sesungguhnya aku telah
berniat tidak akan menceritakan kepada kalian sesuatu pun tentangnya.
Sesungguhnya yang pernah kukatakan hanyalah bahwa kelak tidak lama lagi kalian
akan menyaksikan peristiwa yang besar." Kemudian Abdullah ibnu Amr r.a.
melanjutkan, bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Dajjal akan muncul di
kalangan umatku dan tinggal di kalangan mereka selama empat puluh —perawi tidak
ingat apakah yang dimaksud empat puluh hari, atau empat puluh bulan, atau empat
puluh tahun, ataukah empat puluh malam— Lalu Allah Swt. mengirimkan Isa putra
Maryam a.s. seakan-akan rupanya seperti Urwah ibnu Mas'ud As- Saqafi, lalu Isa
mengalahkan Dajjal dan Allah Swt. membinasakannya. Setelah itu manusia tinggal
selama tujuh tahun sesudah Isa, tanpa ada suatu persengketaan pun di antara dua
orang. Kemudian Allah mengirimkan suatu angin yang sejuk dari arah Syam, maka
tiada seorang pun yang di dalam kalbunya terdapat iman sebesar zarrah pun
melainkan angin itu mencabut nyawanya. Hingga sekalipun seseorang dari mereka
sedang berada di dalam sebuah gunung, niscaya angin itu menyusup ke dalamnya dan
mengenainya. Abdullah ibnu Amr menegaskan bahwa ia mendengarnya dari
Rasulullah Saw., lalu ia melanjutkan: Dan yang tertinggal adalah orang-orang
yang jahat saja, gerakan mereka sangat ringan seperti burung dan pikiran mereka
seperti serigala; mereka tidak mengenal hal yang makruf dan tidak mengingkari
hal yang mungkar. Abdullah ibnu Amr melanjutkan: Maka setan menampakkan
dirinya kepada mereka, lalu berkata, "Ingatlah, kalian harus mengikuti
perintahku!" Lalu setan memerintahkan kepada mereka untuk menyembah berhala,
maka mereka menyembahnya. Sedangkan mereka yang dalam keadaan demikian itu
rezeki mereka berlimpah dan penghidupan mereka membaik. Kemudian ditiuplah
sangkakala, maka tiada seorang pun yang mendengarnya melainkan langsung mati
saat itu juga dalam keadaan apa pun. Dan mula-mula orang yang mendengarnya
adalah seorang lelaki yang sedang memlester kolamnya, maka ia mati. Dan tiada
seorang pun melainkan mati. Kemudian Allah Swt. mengirimkan atau menurunkan
hujan yang rintik-rintik atau hujan lebat —An-Nu'man alias perawi ragu—.
Maka muncullah karenanya jasad-jasad manusia. Kemudian sangkakala ditiup lagi,
maka dengan serta merta mereka berdiri melihat. Kemudian dikatakan, "Hai
manusia, kemarilah kalian menghadap kepada Tuhan kalian, dan berhentikanlah
mereka, sesungguhnya mereka akan dimintai pertanggungjawabannya." Abdullah
ibnu Amr melanjutkan: Kemudian dikatakan (kepada para malaikat),
"Bangkitkanlah golongan orang-orang yang masuk neraka!" Ditanyakan, "Berapa
jumlah mereka?” Dijawab, "Dari setiap seribu orang adalah sembilan ratus
sembilan puluh sembilan orang.” Maka pada hari itu anak-anak dibangkitkan dalam
keadaan beruban, dan pada hari itu betis disingkapkan.
Imam Muslim di dalam kitab sahihnya meriwayatkan hadis ini secara munfarid
(tunggal).
Hadis Abu Hurairah r.a.
قَالَ
الْبُخَارِيُّ: حَدَّثَنَا عُمَرُ بْنُ حَفْصِ بْنِ غِيَاثٍ، حَدَّثَنَا أَبِي،
حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا صَالِحٍ قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا
هُرَيْرَةَ [رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ] عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ قَالَ: "بَيْنَ النَّفْخَتَيْنِ أَرْبَعُونَ". قَالُوا: يَا أَبَا
هُرَيْرَةَ، أَرْبَعُونَ يَوْمًا؟ قَالَ: أَبَيْتُ، قَالُوا: أَرْبَعُونَ سَنَةً؟
قَالَ: أبي، قَالُوا: أَرْبَعُونَ شَهْرًا؟ قَالَ: أَبَيْتُ، وَيَبْلَى كُلُّ
شَيْءٍ مِنَ الْإِنْسَانِ إِلَّا عَجْبُ ذَنَبِهِ فِيهِ يُرَكَّبُ
الْخَلْقُ
Imam Bukhari mengatakan, telah menceritakan kepada kami Umar ibnu Hafs ibnu
Gayyas, telah menceritakan kepada kami ayahku, telah menceritakan kepada kami
Al-A'masy yang mengatakan bahwa ia pernah mendengar Abu Saleh mengatakan bahwa
ia pernah mendengar Abu Hurairah r.a. menceritakan hadis berikut dari Nabi Saw.
yang telah bersabda: Tenggang masa di antara dua tiupan adalah empat puluh.
Mereka bertanya, "Hai Abu Hurairah, apakah empat puluh hari?" Abu Hurairah
menjawab, "Saya tidak mau mengatakannya." Mereka bertanya, "Apakah empat puluh
tahun?" Abu Hurairah menjawab, "Aku tidak mau mengatakannya." Mereka bertanya,
"Hai Abu Hurairah, apakah empat puluh bulan?" Abu Hurairah menjawab, "Aku tidak
mau mengatakannya. Dan segala sesuatu dari manusia itu hancur kecuali tulang
ekornya, karena darinya manusia diciptakan kembali."
قَالَ
أَبُو يَعْلَى: حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ مَعِينٍ، حَدَّثَنَا أَبُو الْيَمَانِ،
حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ عَيَّاشٍ، عَنْ عُمَرَ بْنِ مُحَمَّدٍ، عَنْ زَيْدِ
بْنِ أَسْلَمَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ [رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ] ،
عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: "سَأَلْتُ جِبْرِيلَ،
عَلَيْهِ السَّلَامُ، عَنْ هَذِهِ الْآيَةِ: {وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَصَعِقَ مَنْ
فِي السَّمَوَاتِ وَمَنْ فِي الأرْضِ إِلا مَنْ شَاءَ اللَّهُ} مَنِ الَّذِينَ لَمْ
يَشَأِ اللَّهُ أَنْ يَصْعَقَهُمْ؟ قَالَ: هُمُ الشُّهَدَاءُ، مُقَلِّدُونَ
أَسْيَافَهُمْ حَوْلَ عَرْشِهِ، تَتَلَقَّاهُمْ مَلَائِكَةُ يَوْمِ الْقِيَامَةِ
إِلَى الْمَحْشَرِ بِنَجَائِبَ مِنْ يَاقُوتٍ نِمَارُهَا أَلْيَنُ مِنَ الْحَرِيرِ،
مَدُّ خُطَاهَا مَدُّ أَبْصَارِ الرِّجَالِ، يَسِيرُونَ فِي الْجَنَّةِ يَقُولُونَ
عِنْدَ طُولِ النُّزْهَةِ: انْطَلَقُوا بِنَا إِلَى رَبِّنَا، عَزَّ وَجَلَّ،
لِنَنْظُرَ كَيْفَ يَقْضِي بَيْنَ خَلْقِهِ، يَضْحَكُ إِلَيْهِمْ إِلَهِي، وَإِذَا
ضَحِكَ إِلَى عَبْدٍ فِي مَوْطِنٍ فلا حساب عليه".
Abu Ya'la mengatakan, telah menceritakan kepada kami Yahya ibnu Mu'in, telah
menceritakan kepada kami Abul Yaman, telah menceritakan kepada kami Ismail ibnu
Iyasy, dari Umar ibnu Muhammad, dari Zaid ibnu Aslam, dari ayahnya, dari Abu
Hurairah r.a., dari Nabi Saw. yang telah bersabda bahwa beliau pernah bertanya
kepada Jibril a.s. tentang firman-Nya: Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah
siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah.
(Az-Zumar: 68) Siapakah yang dimaksud dengan orang-orang yang
dikecualikan oleh Allah Swt. dalam ayat ini bahwa mereka tidak mati? Maka Jibril
a.s. menjawab: Mereka adalah para syuhada yang menyandang pedang-pedang
mereka berada di sekitar 'Arasy; para malaikat menjemput mereka pada hari kiamat
untuk dibawa ke padang mahsyar dengan unta kendaraan dari Yaqut yang pelarianya
lebih lembut daripada kain sutra, panjang langkahnya sama dengan sejauh jarak
mata memandang; mereka berjalan di dalam surga seraya mengatakan dalam pesiarnya
itu, "Marilah kita berangkat menuju kepada Tuhan kita, kita akan menyaksikan
bagaimana Tuhan kita memutuskan perkara di antara makhluk-Nya.” Tuhanku tertawa
(rida) kepada mereka; dan apabila Tuhanku rida kepada seseorang hamba di
suatu tempat, maka tidak ada hisab (perhitungan amal perbuatan)
baginya.
Semua perawi hadis ini berpredikat siqah kecuali gurunya Ismail ibnu
Iyasy, karena orangnya tidak dikenal. Hanya Allah-lah Yang Maha Mengetahui.
***********
Firman Allah Swt.:
{وَأَشْرَقَتِ
الأرْضُ بِنُورِ رَبِّهَا}
Dan terang benderanglah bumi (padang mahsyar) dengan cahaya
(keadilan) Tuhannya. (Az-Zumar: 69)
Yakni hari kiamat menjadi terang benderang manakala Allah Swt. menampakkan
diri-Nya untuk memutuskan peradilan di antara makhluk-Nya.
{وَوُضِعَ
الْكِتَابُ}
dan diberikanlah buku (amal perbuatan masing-masing). (Az-Zumar:
69)
Qatadah mengatakan bahwa yang dimaksud dengan kitab ialah buku catatan
amal perbuatan masing-masing orang.
{وَجِيءَ
بِالنَّبِيِّينَ}
dan didatangkanlah para nabi. (Az-Zumar: 69)
Ibnu Abbas r.a. mengatakan bahwa para nabi itu menyatakan persaksiannya
terhadap umatnya masing-masing, bahwa mereka telah menyampaikan risalah-risalah
Allah Swt. kepada umatnya masing-masing.
{وَالشُّهَدَاءِ}
dan saksi-saksi. (Az-Zumar: 69)
Yakni dari kalangan para malaikat pencatat amal perbuatan semua hamba, baik
amal yang baik ataupun amal yang buruk.
{وَقُضِيَ
بَيْنَهُمْ بِالْحَقِّ}
dan diberi keputusan di antara mereka dengan adil. (Az-Zumar: 69)
Yang dimaksud dengan hak dalam ayat ini ialah adil.
{وَهُمْ
لَا يُظْلَمُونَ}
sedangkan mereka tidak dirugikan. (Az-Zumar: 69)
Semakna dengan apa yang disebutkan oleh firman-Nya:
{وَنَضَعُ
الْمَوَازِينَ الْقِسْطَ لِيَوْمِ الْقِيَامَةِ فَلا تُظْلَمُ نَفْسٌ شَيْئًا
وَإِنْ كَانَ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِنْ خَرْدَلٍ أَتَيْنَا بِهَا وَكَفَى بِنَا
حَاسِبِينَ}
Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari kiamat, maka tiadalah
dirugikan seseorang barang sedikit pun. Dan jika (amalan itu) hanya
seberat biji sawi pun pasti Kami mendatangkannya. Dan cukuplah Kami sebagai
Pembuat perhitungan. (Al-Anbiya: 47)
Dan firman Allah Swt.:
{وَإِنْ
تَكُ حَسَنَةً يُضَاعِفْهَا وَيُؤْتِ مِنْ لَدُنْهُ أَجْرًا
عَظِيمًا}
Sesungguhnya Allah tidak menganiaya seseorang walaupun sebesar zarrah; dan
jika ada kebajikan sebesar zarrah, niscaya Allah akan melipatgandakannya dan
memberikan dari sisi-Nya pahala yang besar. (An-Nisa: 40)
Karena itulah disebutkan dalam surat ini melalui firman-Nya:
{وَوُفِّيَتْ
كُلُّ نَفْسٍ مَا عَمِلَتْ}
Dan disempurnakan bagi tiap-tiap jiwa (balasan) apa yang telah
dikerjakannya. (Az-Zumar: 70)
Yaitu amalan baik dan amalan buruknya.
{وَهُوَ
أَعْلَمُ بِمَا يَفْعَلُونَ}
dan Dia lebih mengetahui apa yang mereka kerjakan. (Az-Zumar:
70)