Tafsir Surat Ar-Rahman, ayat 26-30
{كُلُّ
مَنْ عَلَيْهَا فَانٍ (26) وَيَبْقَى وَجْهُ رَبِّكَ ذُو الْجَلالِ وَالإكْرَامِ
(27) فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ (28) يَسْأَلُهُ مَنْ فِي
السَّمَوَاتِ وَالأرْضِ كُلَّ يَوْمٍ هُوَ فِي شَأْنٍ (29) فَبِأَيِّ آلاءِ
رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ (30) }
Semua yang ada di bumi itu akan binasa, Dan
tetap kekal Zat Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan. Maka nikmat
Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? Semua yang ada di langit dan di bumi
selalu meminta kepada-Nya. Setiap waktu Dia dalam kesibukan. Maka nikmat Tuhan
kamu yang manakah yang kamu dustakan?
Allah Swt. menceritakan bahwa semua penduduk bumi ini kelak akan pergi
meninggalkannya dan semuanya akan mati, begitu pula semua penduduk langit,
terkecuali siapa yang dikehendaki oleh Allah. Dan tiada yang kekal selain dari
Zat Allah Yang Mahamulia, karena sesungguhnya Tuhan Yang Mahatinggi lagi
Mahasuci tidak mati, bahkan hidup kekal dan selamanya tidak mati. Qatadah
mengatakan bahwa dalam hal ini Allah Swt. menceritakan tentang apa yang telah
diciptakan-Nya, kemudian Dia memberitahukan bahwa semuanya itu akan binasa dan
mati. Di dalam doa yang ma-sur disebutkan seperti berikut:
يَا
حَيُّ، يَا قَيُّومُ، يَا بديع السموات وَالْأَرْضِ، يَا ذَا الْجَلَالِ
وَالْإِكْرَامِ، لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، بِرَحْمَتِكَ نَسْتَغِيثُ، أَصْلِحْ
لَنَا شَأْنَنَا كُلَّهُ، وَلَا تَكِلْنَا إِلَى أَنْفُسِنَا طَرْفَةَ عَيْنٍ،
وَلَا إِلَى أَحَدٍ مِنْ خَلْقِكَ
Wahai (Tuhan) Yang Hidup Kekal Yang terus-menerus mengurus
makhluk-Nya, wahai (Tuhan) Pencipta langit dan bumi, wahai (Tuhan)
yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan, tiada Tuhan (yang berhak
disembah) kecuali Engkau, dengan memohon rahmat-Mu kami meminta pertolongan,
perbaikilah bagi kami semua urusan kami, dan janganlah Engkau serahkan diri kami
kepada hawa nafsu kami barang sekejap mata pun, dan jangan pula kepada seseorang
dari makhluk-Mu.
Asy-Sya'bi mengatakan bahwa apabila Anda membaca firman-Nya:
{كُلُّ
مَنْ عَلَيْهَا فَانٍ}
Semua yang ada di bumi itu akan binasa. (Ar-Rahman: 26)
Maka janganlah Anda diam sebelum membaca firman-Nya:
{وَيَبْقَى
وَجْهُ رَبِّكَ ذُو الْجَلالِ وَالإكْرَامِ}
Dan tetap kekal Zat Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan.
(Ar-Rahman: 27)
Ayat ini semakna dengan apa yang disebutkan dalam ayat lain melalui
firman-Nya:
{كُلُّ
شَيْءٍ هَالِكٌ إِلا وَجْهَهُ}
Tiap-tiap sesuatu pasti binasa, kecuali Allah. (Al-Qashash: 88)
Melalui ayat ini Allah Swt. menerangkan sifat Zat-Nya Yang Mahamulia, bahwa
Dia adalah Tuhan Yang mempunyai keagungan dan kemuliaan. Dengan kata lain, dapat
disebutkan bahwa Dia adalah Tuhan yang harus diagungkan dan tidak boleh durhaka
terhadap-Nya, dan Tuhan yang harus ditaati tidak boleh ditentang. Semakna pula
dengan ayat lainnya yang menyebutkan:
{وَاصْبِرْ
نَفْسَكَ مَعَ الَّذِينَ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ بِالْغَدَاةِ وَالْعَشِيِّ يُرِيدُونَ
وَجْهَهُ}
Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya
di pagi dan senja hari dengan mengharapkan keridaan-Nya. (Al-Kahfi: 28)
Semakna pula dengan firman-Nya yang menceritakan tentang orang-orang yang
selalu berbuat kebajikan:
{إِنَّمَا
نُطْعِمُكُمْ لِوَجْهِ اللَّهِ}
Sesungguhnya kami memberi makanan kepadamu hanyalah mengharapkan keridaan
Allah. (Al-Insan: 9)
Ibnu Abbas mengatakan bahwa makna zuljalali wal ikram ialah Tuhan Yang
mempunyai kebesaran dan keagungan.
Setelah Allah Swt. menyebutkan bahwa semua penduduk bumi mati, dan bahwa
mereka akan dikembalikan ke negeri akhirat, lalu Allah Yang memiliki kebesaran
dan keagungan memutuskan mereka dengan hukumNya yang adil, maka berfirmanlah
Dia dalam ayat berikutnya:
{فَبِأَيِّ
آلاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ}
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (Ar-Rahman:
28)
Adapun firman Allah Swt.:
{يَسْأَلُهُ
مَنْ فِي السَّمَوَاتِ وَالأرْضِ كُلَّ يَوْمٍ هُوَ فِي شَأْنٍ}
Semua yang ada di langit dan di bumi selalu meminta kepada-Nya. Setiap
waktu Dia dalam kesibukan. (Ar-Rahman: 29)
Ayat ini menceritakan tentang ketidakperluan Allah dari selain-Nya dan bahwa
semua makhluk berhajat kepada-Nya dalam semua waktu, dan bahwa mereka selalu
meminta kepada-Nya dengan ungkapan lisan dan perbuatan mereka. Dan bahwa setiap
waktu Dia selalu dalam kesibukan.
Al-A'masy telah meriwayatkan dari Mujahid, dari Ubaid ibnu Umair sehubungan
dengan makna firman-Nya: Setiap waktu Dia dalam kesibukan. (Ar-Rahman:
29) Bahwa di antara kesibukan-Nya ialah memperkenankan orang yang berdoa atau
memberi orang yang meminta atau membebaskan kesulitan orang yang dalam kesulitan
atau menyembuhkan orang yang sakit.
Ibnu Abu Najih telah meriwayatkan dari Mujahid, bahwa Allah Swt. setiap waktu
memperkenankan orang yang berdoa, melenyapkan kesulitan, memperkenankan orang
yang dalam keadaan terpaksa (darurat), dan mengampuni dosa.
Qatadah mengatakan bahwa tiada seorang pun dari penduduk langit dan bumi yang
tidak berhajat kepada-Nya; Dialah Yang menghidupkan dan Dialah Yang mematikan,
Dia menumbuhkan yang kecil dan membebaskan tawanan, Dia adalah tujuan terakhir
dari semua keperluan orang-orang yang saleh dan tempat mereka meminta
pertolongan dan mengadu.
Ibnu Abu Hatim mengatakan, telah menceritakan kepada kami ayahku, telah
menceritakan kepada kami Abul Yaman Al-Himsi, telah menceritakan kepada kami
Jarir ibnu Us'man, dari Suwaid ibnu Jabalah Al-Fazzari yang mengatakan bahwa
sesungguhnya Tuhan kalian setiap waktu berada dalam kesibukan, Dia memerdekakan
budak, Dia memberi yang berharap dan menimpakan hukuman.
قَالَ
ابْنُ جَرِيرٍ: حَدَّثَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرٍو الغُزّي،
حَدَّثَنِي إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ يُوسُفَ الْفِرْيَابِيُّ، حَدَّثَنِي
عَمْرُو بْنُ بَكْرٍ السَّكْسكي، حَدَّثَنَا الْحَارِثُ بْنُ عَبْدَةَ بْنِ رَبَاحٍ
الْغَسَّانِيُّ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ مُنِيبِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مُنِيبٍ
الْأَزْدِيِّ، عَنْ أَبِيهِ قَالَ: تَلَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ هَذِهِ الْآيَةَ: {كُلَّ يَوْمٍ هُوَ فِي شَأْنٍ} ، فَقُلْنَا: يَا
رَسُولَ اللَّهِ، وَمَا ذَاكَ الشَّأْنُ؟ قَالَ: "أَنْ يَغْفِرَ ذَنْبًا،
وَيُفَرِّجَ كَرْبًا، وَيَرْفَعَ قَوْمًا، وَيَضَعَ آخَرِينَ"
Ibnu Jarir mengatakan, telah menceritakan kepadaku Abdullah ibnu Muhammad
ibnu Amr Al-Gazi, telah menceritakan kepadaku Ibrahim ibnu Muhammad ibnu Yusuf
Al-Faryabi, telah menceritakan kepadaku Amr ibnu Bakr As-Suksuki, telah
menceritakan kepada kami Al-Haris ibnu Abdah ibnu Rabah Al-Gassani, dari
ayahnya, dari Munib ibnu Abdullah ibnu Munib Al-Azdi, dari ayahnya yang
menceritakan bahwa Rasulullah Saw. membaca ayat ini, yaitu firman-Nya: Setiap
waktu Dia dalam kesibukan. (Ar-Rahman: 29) Maka kami bertanya, "Wahai
Rasulullah, kesibukan apakah itu?" Rasulullah Saw. menjawab: Mengampuni dosa,
melenyapkan musibah, meninggikan derajat suatu kaum, dan merendahkan kaum yang
lainnya.
قَالَ
ابْنُ أَبِي حَاتِمٍ: حَدَّثَنَا أَبِي، حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ،
وَسُلَيْمَانُ بْنُ أَحْمَدَ الْوَاسِطِيُّ قَالَا حَدَّثَنَا الْوَزِيرُ بْنُ
صَبِيح الثَّقَفِيُّ أَبُو رَوْحٍ الدِّمَشْقِيُّ -وَالسِّيَاقُ لِهِشَامٍ-قَالَ:
سَمِعْتُ يُونُسَ بْنَ مَيْسَرَةَ بْنِ حَلْبَس، يُحَدِّثُ عَنْ أُمِّ الدَّرْدَاءِ
عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
قَالَ: "قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ: {كُلَّ يَوْمٍ هُوَ فِي شَأْنٍ} قَالَ: "مِنْ
شَأْنِهِ أَنْ يَغْفِرَ ذَنْبًا، وَيُفَرِّجَ كَرْبًا، وَيَرْفَعَ قَوْمًا،
وَيَضَعَ آخَرِينَ"
Ibnu Abu Hatim mengatakan, telah menceritakan kepada kami Hisyam ibnu
Ammardan Sulaiman ibnu Ahmad Al-Wasiti. Keduanya mengatakan, telah menceritakan
kepada kami Al-Wazir ibnu Sabih As'-Saqafi alias Abu Rauh Ad-Dimasyqi, sedangkan
konteks hadis ini menurut Hisyam, ia mengatakan bahwa ia pernah mendengar Yunus
ibnu Maisarah ibnu Hulais menceritakan hadis berikut dari Ummu Darda, dari Abu
Darda, dari Nabi Saw. yang telah bersabda bahwa Allah Swt. telah berfirman:
Setiap waktu Dia dalam kesibukan. (Ar-Rahman: 29) Lalu beliau Saw.
bersabda: Termasuk kesibukan-Nya ialah mengampuni dosa, melenyapkan
kesusahan, dan meninggikan derajat suatu kaum serta merendahkan derajat kaum
yang lainnya.
Ibnu Asakir telah meriwayatkan hadis ini melalui berbagai jalur dari Hisyam
ibnu Ammar dengan sanad yang sama, kemudian ia mengetengahkannya melalui hadis
Abul Walid ibnu Syuja', dari Al-Wazir ibnu Sabih. Ia mengatakan, telah
disebutkan di dalam hadis mu'allaq oleh Al-Walid ibnu Muslim, dari
Mutarrif, dari Asy-Sya'bi. dari Ummu Darda, dari Abu Darda, dari Nabi Saw., lalu
disebutkan hal yang semisal. Dan ia mengatakan bahwa sanad yang sahih adalah
yang pertama.
Menurut hemat kami, hadis ini telah diriwayatkan pula secara mauquf
seperti yang dikomentari oleh Imam Bukhari dengan teks yang tegas. Imam
Bukhari menjadikannya sebagai ucapan Abu Darda; hanya Allahlah yang Maha
Mengetahui.
قَالَ
الْبَزَّارُ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ
الْحَارِثِ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْبَيْلَمَانِيِّ،
عَنْ أَبِيهِ عَنِ ابْنِ عُمَرَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ: {كُلَّ يَوْمٍ هُوَ فِي شَأْنٍ} ، قَالَ: "يَغْفِرُ ذَنْبًا، وَيَكْشِفُ
كَرْبًا"
Al-Bazzar mengatakan, telah menceritakan kepada kami Muhammad ibnul Musanna,
telah menceritakan kepada kami Muhammad ibnul Haris telah menceritakan kepada
kami Muhammad ibnu Abdur Rahman ibnul Bailamani, dari ayahnya, dari Ibnu Umar,
dari Nabi Saw. sehubungan dengan makna firman-Nya, "Setiap waktu Dia dalam
kesibukan" (Ar-Rahman: 29). Maka beliau Saw. bersabda: Mengampuni dosa
dan melenyapkan kesusahan.
Kemudian Ibnu Jarir mengatakan, telah menceritakan pula kepada kami Abu
Kuraib, telah menceritakan kepada kami Ubaidillah ibnu Musa, dari Abu Hamzah
As-Samali, dari Sa'id ibnu Jubair, dari Ibnu Abbas, bahwa Allah Swt. telah
menciptakan Lauh Mahfuz yang tercipta dari permata yang putih, kedua belah
sampulnya dari yaqut merah dan qalamnya dari cahaya, dan kitabnya dari cahaya,
sedangkan lebarnya sama dengan jarak antara bumi dan langit. Dia melihat
kepadanya setiap hari sebanyak tiga ratus enam puluh kali pandangan, dan pada
setiap kali pandangan Dia menciptakan makhluk, menghidupkan dan mematikan, dan
memenangkan serta menghinakan, dan Dia berbuat menurut apa yang
dikehendaki-Nya.