Tafsir Surat Al-Insan, ayat 13-22
مُتَّكِئِينَ
فِيهَا عَلَى الْأَرَائِكِ لَا يَرَوْنَ فِيهَا شَمْسًا وَلَا زَمْهَرِيرًا (13)
وَدَانِيَةً عَلَيْهِمْ ظِلَالُهَا وَذُلِّلَتْ قُطُوفُهَا تَذْلِيلًا (14)
وَيُطَافُ عَلَيْهِمْ بِآنِيَةٍ مِنْ فِضَّةٍ وَأَكْوَابٍ كَانَتْ قَوَارِيرَا (15)
قَوَارِيرَ مِنْ فِضَّةٍ قَدَّرُوهَا تَقْدِيرًا (16) وَيُسْقَوْنَ فِيهَا كَأْسًا
كَانَ مِزَاجُهَا زَنْجَبِيلًا (17) عَيْنًا فِيهَا تُسَمَّى سَلْسَبِيلًا (18)
وَيَطُوفُ عَلَيْهِمْ وِلْدَانٌ مُخَلَّدُونَ إِذَا رَأَيْتَهُمْ حَسِبْتَهُمْ
لُؤْلُؤًا مَنْثُورًا (19) وَإِذَا رَأَيْتَ ثَمَّ رَأَيْتَ نَعِيمًا وَمُلْكًا
كَبِيرًا (20) عَالِيَهُمْ ثِيَابُ سُنْدُسٍ خُضْرٌ وَإِسْتَبْرَقٌ وَحُلُّوا
أَسَاوِرَ مِنْ فِضَّةٍ وَسَقَاهُمْ رَبُّهُمْ شَرَابًا طَهُورًا (21) إِنَّ هَذَا
كَانَ لَكُمْ جَزَاءً وَكَانَ سَعْيُكُمْ مَشْكُورًا (22)
Di dalamnya mereka duduk bertelekan di atas
dipan-dipan, mereka tidak merasakan di dalamnya (teriknya) matahari dan tidak
pula dingin yang menggigit. Dan naungan (pohon-pohon surga itu) dekat di atas
mereka dan buahnya dimudahkan memetiknya semudah-mudahnya. Dan diedarkan kepada
mereka bejana-bejana dari perak dan piala-piala yang bening laksana kaca,
(yaitu) kaca-kaca (yang terbuat) dari perak yang telah diukur mereka dengan
sebaik-baiknya. Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang
campurannya adalah jahe. (Yang didatangkan dari) sebuah mata air surga yang
dinamakan salsabil. Dan mereka dikelilingi oleh pelayan-pelayan muda yang tetap
muda. Apabila kamu melihat mereka. kamu akan mengira mereka mutiara yang
bertaburan. Dan apabila kamu melihat di sana (surga), niscaya kamu akan melihat
berbagai macam kenikmatan dan kerajaan yang besar. Mereka memakai pakaian sutra
halus yang hijau dan sutra tebal, dan dipakaikan kepada mereka gelang terbuat
dari perak, dan Tuhan memberikan kepada mereka minuman yang bersih. Sesungguhnya
ini adalah balasan untukmu, dan usahamu adalah disyukuri (diberi
balasan).
Allah Swt. menceritakan perihal ahli surga dan kenikmatan abadi yang
diperoleh mereka serta keutamaan yang besar yang dilimpahkan Allah bagi mereka.
Untuk itu Allah Swt. berfirman:
{مُتَّكِئِينَ
فِيهَا عَلَى الأرَائِكِ}
Di dalamnya mereka duduk bertelekan di atas dipan. (Al-Insan: 13)
Pembahasan mengenai hal ini telah disebutkan di dalam tafsir surat
Ash-Shaffat dan juga perbedaan pendapat sehubungan dengan cara mereka bersandar,
apakah bersandar atau berbaring atau bersila atau duduk dengan mantap. Dan bahwa
yang dimaksud dengan dipan-dipan ialah pelaminan-pelaminan yang berkelambu.
Firman Allah Swt.:
{لَا
يَرَوْنَ فِيهَا شَمْسًا وَلا زَمْهَرِيرًا}
mereka tidak merasakan di dalamnya (teriknya) matahari dan tidak pula
dingin yang menggigit. (Al-Insan: 13)
Artinya, di tempat mereka tidak ada panas yang terik dan tidak pula dingin
yang menusuk tulang, melainkan cuacanya sedang dan selamanya demikian; mereka
tidak man berpindah tempat darinya untuk selama-lamanya.
{وَدَانِيَةً
عَلَيْهِمْ ظِلالُهَا}
Dan naungan (pohon-pohon surga itu) dekat di atas mereka. (Al-Insan:
14)
Yakni ranting-rantingnya dekat dengan mereka.
{وَذُلِّلَتْ
قُطُوفُهَا تَذْلِيلا}
dan buahnya dimudahkan memetiknya semudah-mudahnya. (Al-Insan: 14)
Manakala seseorang dari mereka ingin memetik buahnya, maka buahnya itu
mendekat kepadanya dari rantingnya yang tinggi seakan-akan buah itu tunduk patuh
kepadanya. Seperti yang digambarkan dalam ayat lain melalui firman-Nya:
وَجَنَى
الْجَنَّتَيْنِ دانٍ
Dan buah-buahan kedua surga itu dapat (dipetik) dari dekat.
(Ar-Rahman: 54)
Dan firman Allah Swt.:
قُطُوفُها
دانِيَةٌ
Buah-buahannya dekat. (Al-Haqqah: 23)
Mujahid mengatakan sehubungan dengan makna firman-Nya: dan buahnya
dimudahkan memetiknya semudah-mudahnya. (Al-Insan: 14) Yakni jika ia
berdiri, maka buah itu naik dengan kadar tertentu; apabila ia duduk, maka buah
itu turun hingga ia dapat memetiknya, dan apabila ia berbaring, maka buah itu
turun lebih rendah lagi agar ia dapat memetiknya. Yang demikian itulah maksud
dari firman-Nya: semudah-mudahnya (Al-Insan: 14)
Qatadah mengatakan bahwa tiada duri dan tiada jarak yang menghambat tangan
mereka dari memetiknya. Mujahid mengatakan bahwa tanah surga itu dari perak dan
pasirnya minyak kesturi, dan batang pepohonannya dari emas dan perak,
dahan-dahan serta ranting-rantingnya dari mutiara basah, zabarjad, yaqut, dan
perak; sedangkan buah-buahannya beraneka ragam. Maka barang siapa yang makan
dari buahnya dengan duduk, tidak terganggu; barang siapa yang memakannya sambil
berdiri, tidak terganggu; dan barang siapa yang memakan darinya sambil
berbaring, tidak terganggu (dari memetiknya).
*******************
Firman Allah Swt.:
{وَيُطَافُ
عَلَيْهِمْ بِآنِيَةٍ مِنْ فِضَّةٍ وَأَكْوَابٍ}
Dan diedarkan kepada mereka bejana-bejana dari perak dan piala-piala.
(Al-Insan: 15)
Yaitu berkeliling mengitari mereka pelayan-pelayan surga dengan membawa
bejana-bejana yang berisikan makanan terbuat dari perak, juga piala-piala atau
gelas-gelas minuman.
Firman Allah Swt.:
{قَوَارِيرَ
قَوَارِيرَ مِنْ فِضَّةٍ}
yang bening laksana kaca, (yaitu) kaca-kaca (yang terbuat) dari perak.
(Al-Insan: 15-16)
Lafaz yang pertama di-nasab-kan karena menjadi khabar kana, yakni kanat
qawarira. Sedangkan yang kedua di-nasab-kan adakalanya karena menjadi badal
atau tamyiz, karena dijelaskan oleh firman-Nya:
{قَوَارِيرَ
مِنْ فِضَّةٍ}
(yaitu) kaca-kaca (yang terbuat) dari perak. (Al-Insan: 16)
Ibnu Abbas, Mujahid, Al-Hasan Al-Basri, dan selain mereka yang bukan hanya
seorang telah mengatakan bahwa seputih perak dan sebening kaca, dan memang
qawarir itu tiada lain terbuat dari kaca. Gelas-gelas di surga terbuat
dari perak, sekalipun demikian tampak transparan; bagian dalamnya dapat terlihat
dari bagian luarnya, dan hal seperti ini tiada persamaannya di dunia.
Ibnul Mubarak telah meriwayatkan dari Ismail, dari seorang lelaki, dari Ibnu
Abbas yang mengatakan bahwa di dalam surga tiada sesuatu pun melainkan hal yang
serupa pernah diberikan kepadamu di dunia, kecuali botol-botol (gelas-gelas)
dari perak. Demikianlah menurut riwayat Ibnu Abu Hatim.
Firman Allah Swt.:
{قَدَّرُوهَا
تَقْدِيرًا}
yang telah diukur mereka dengan sebaik-baiknya. (Al-Insan: 16)
Yakni sesuai dengan ukuran pemiliknya, tidak lebih dan tidak kurang, bahkan
memang disediakan untuknya dan diukur sesuai dengan selera pemiliknya.
Demikianlah makna pendapat Ibnu Abbas, Mujahid, Sa'id ibnu Jubair, Abu Saleh,
Qatadah, Ibnu Abza, Abdullah ibnu Ubaid ibnu Umair, Qatadah, Asy-Sya'bi, dan
Ibnu Zaid, juga dikatakan oleh Ibnu Jarir dan selainnya yang bukan hanya
seorang. Hal ini menunjukkan perhatian yang sangat dan penghormatan yang tiada
taranya bagi pemiliknya.
Al-Aufi telah meriwayatkan dari Ibnu Abbas sehubungan dengan makna
firman-Nya: yang telah diukur mereka dengan sebaik-baiknya. (Al-Insan:
16) Yaitu diukur sebesar telapak tangan; hal yang sama dikatakan oleh Ar-Rabi'
ibnu Anas. Ad-Dahhak mengatakan bahwa sesuai dengan ukuran telapak tangan
pelayan. Pendapat ini tidak bertentangan dengan pendapat yang pertama, karena
sesungguhnya gelas-gelas itu besar dan kadarnya telah diukur dengan pas untuk
kepuasan pemiliknya.
Firman Allah Swt.:
{وَيُسْقَوْنَ
فِيهَا كَأْسًا كَانَ مِزَاجُهَا زَنْجَبِيلا}
Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya
adalah jahe. (Al-Insan: 17)
Yakni mereka diberi minuman. Yang dimaksud dengan mereka adalah orang-orang
yang bertakwa. Di dalam gelas-gelas itu terdapat minuman khamr surga.
{كَانَ
مِزَاجُهَا زَنْجَبِيلا}
yang campurannya adalah jahe. (Al-Insan: 17)
Terkadang minuman mereka diberi campuran kafur yang rasanya sejuk, dan
terkadang diberi campuran dengan jahe yang rasanya hangat, sehingga rasanya
beragam. Orang-orang yang bertakwa dari kalangan ahli surga diberi minuman yang
adakalanya dicampur dengan kafur, adakalanya pula dicampur dengan jahe. Adapun
bagi kaum Muqarrabun dari kalangan penduduk surga, maka minuman mereka murni
tanpa campuran, seperti yang telah dikatakan oleh Qatadah dan selainnya yang
bukan hanya seorang.
Dalam pembahasan yang terdahulu telah disebutkan firman-Nya:
{عَيْنًا
يَشْرَبُ بِهَا عِبَادُ اللَّهِ}
(yaitu) mata air (dalam surga) yang darinya hamba-hamba Allah minum.
(Al-Insan: 6)
Dan dalam ayat ini disebutkan:
{عَيْنًا
فِيهَا تُسَمَّى سَلْسَبِيلا}
(Yang didatangkan dari) sebuah mata air surga yang dinamakan
salsabila. (Al-Insan: 18)
Yakni zanzabil itu adalah sebuah mata air di dalam surga diberi nama
salsabila- Ikrimah mengatakan, bahwa salsabila nama sebuah mata air di dalam
surga. Mujahid mengatakan, bahwa mata air ini dinamakan salsabila karena arus
airnya yang lancar dan deras.
Qatadah mengatakan sehubungan dengan makna firman-Nya: (Yang didatangkan
dari) sebuah mata air surga yang dinamakan salsabila. (Al-Insan: 18) Yaitu
mata air yang airnya enak diminum. Ibnu Jarir telah meriwayatkan dari sebagian
ulama, bahwa dinamakan demikian karena airnya terasa enak di tenggorokan lagi
mudah. Tetapi Ibnu Jarir sendiri memilih pendapat yang mencakup kesemuanya
itu.
*******************
Firman Allah Swt:
{وَيَطُوفُ
عَلَيْهِمْ وِلْدَانٌ مُخَلَّدُونَ إِذَا رَأَيْتَهُمْ حَسِبْتَهُمْ لُؤْلُؤًا
مَنْثُورًا}
Dan mereka dikelilingi oleh pelayan-pelayan muda yang tetap muda. Apabila
kamu melihat mereka, kamu akan mengira mereka mutiara yang bertaburan.
(Al-Insan: 19)
Maksudnya, para pelayan surga berkeliling mengitari para penghuni surga untuk
melayani mereka.
{مُخَلَّدُونَ}
yang tetap muda. (Al-Insan: 19)
Yakni dalam suatu keadaan yang kekal, mereka tidak berubah dari keadaan itu
dan usia mereka tidak bertambah dari usia mudanya. Mengenai pendapat ulama yang
menakwilkan bahwa mereka (para pelayan surga) itu memakai gelang dan pada
telinga mereka terdapat anting-anting, sesungguhnya hal ini tiada lain hanyalah
berdasarkan terjemahan bebasnya. Mengingat mereka adalah anak-anak kecil dan
keadaan yang seperti itulah yang pantas bagi mereka.
Firman Allah Swt.:
{إِذَا
رَأَيْتَهُمْ حَسِبْتَهُمْ لُؤْلُؤًا مَنْثُورًا}
Apabila kamu melihat mereka, kamu akan mengira mereka mutiara yang
bertaburan. (Al-Insan: 19)
Artinya, jika engkau lihat mereka menyebar dalam menunaikan tugasnya melayani
majikan-majikan mereka penghuni surga, jumlah mereka yang banyak serta
penampilan mereka yang cerah ceria, warna mereka dan juga pakaian dan perhiasan
mereka yang indah-indah, tentulah kamu mengira mereka adalah mutiara yang
bertaburan. Untuk menggambarkan keadaan mereka, tiada perumpamaan yang lebih
indah selain dari mutiara yang bertaburan di tempat yang indah.
Qatadah telah meriwayatkan dari Abu Ayyub, dari Abdullah ibnu Amr, bahwa
tiada seorang penduduk surga pun melainkan dilayani oleh seribu pelayan,
masing-masing pelayan mempunyai tugas tersendiri dalam melayani tuannya.
Firman Allah Swt.:
{وَإِذَا
رَأَيْتَ}
Dan apabila kamu melihat di sana. (Al-Insan: 20)
Hai Muhammad, jika engkau lihat keadaan di surga yang penuh dengan
kenikmatan, tempat yang sangat luas dan ketinggiannya serta segala sesuatu yang
mewarnai kehidupannya yang penuh dengan kemewahan dan kegembiraan.
{رَأَيْتَ
نَعِيمًا وَمُلْكًا كَبِيرًا}
niscaya kamu akan melihat berbagai macam kenikmatan dan kerajaan yang
besar. (Al-Insan: 20)
Yakni kerajaan milik Allah di sana yang sangat luas dan kekuasaan yang
memukaukan. Di dalam hadis sahih telah disebutkan bahwa Allah berfirman kepada
orang yang paling akhir dikeluarkan dari neraka, yang berarti dia adalah orang
yang paling akhir masuk surga, "Sesungguhnya bagimu di dalam surga semisal
dengan dunia dan sepuluh kali lipatnya."
Dalam pembahasan yang lalu telah disebutkan melalui hadis yang diriwayatkan
melalui Suwayyir ibnu Abu Fakhitah, dari Ibnu Uma ryang mengatakan bahwa
Rasulullah Saw. pernah bersabda:
«إِنَّ
أَدْنَى أَهْلِ الْجَنَّةِ مَنْزِلَةً لَمَنْ يَنْظُرُ فِي مُلْكِهِ مَسِيرَةَ
أَلْفِ سَنَةٍ يَنْظُرُ إِلَى أَقْصَاهُ كَمَا يَنْظُرُ إِلَى
أَدْنَاهُ»
Sesungguhnya ahli surga yang paling rendah kedudukannya bagi orang yang
melihat di dalam kerajaannya diperlukan waktu dua ribu tahun; dia memandang ke
bagian yang jauhnya sama dengan memandang ke bagian yang terdekatnya.
Apabila pemberian Allah kepada ahli surga yang paling rendah kedudukannya
sudah seperti ini, maka tidak terbayangkan pahala yang diberikan Allah kepada
ahli surga yang lebih tinggi kedudukannya.
Imam Tabrani dalam bab ini telah mengetengahkan sebuah hadis yang garib
sekali, untuk itu dia mengatakan bahwa:
حَدَّثَنَا
عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بن عَمَّارٍ
الْمَوْصِلِيُّ، حَدَّثَنَا عُفَيْفُ بْنُ سَالِمٍ، عَنْ أَيُّوبَ بْنِ عُتْبَةَ،
عَنْ عَطَاءٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: جَاءَ رَجُلٌ مِنَ الْحَبَشَةِ إِلَى
رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: فَقَالَ لَهُ رَسُولُ اللَّهِ:
"سَلْ وَاسْتَفْهِمْ". فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، فُضّلْتُم عَلَيْنَا
بِالصُّوَرِ وَالْأَلْوَانِ وَالنُّبُوَّةِ، أفرأيتَ إِنْ آمنتُ بِمَا آمنتَ بِهِ
وعملتُ بِمِثْلِ مَا عملتَ بِهِ، إِنِّي لَكَائِنٌ معكَ فِي الْجَنَّةِ؟ قَالَ:
"نَعَمْ، وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ، إِنَّهُ لَيُرَى بَيَاضُ الْأَسْوَدِ فِي
الْجَنَّةِ مِنْ مَسِيرَةِ أَلْفِ عَامٍّ". ثُمَّ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "مَنْ قَالَ: لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ، كَانَ لَهُ
بِهَا عَهدٌ عِنْدَ اللَّهِ، وَمَنْ قَالَ: سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ، كُتِبَ
لَهُ مِائَةُ أَلْفِ حَسَنَةٍ، وَأَرْبَعَةٌ وَعِشْرُونَ أَلْفَ حَسَنَةٍ". فَقَالَ
رَجُلٌ: كَيْفَ نَهْلَكُ بَعْدَ هَذَا يَا رَسُولَ اللَّهِ؟ فَقَالَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "إِنَّ الرَّجُلَ لَيَأْتِيَ يَوْمَ
الْقِيَامَةِ بِالْعَمَلِ لَوْ وُضِعَ عَلَى جَبَلٍ لَأَثْقَلَهُ، فَتَقُومُ
النِّعْمَةُ -أَوْ: نعَم اللَّهِ-فَتَكَادُ تَسْتَنْفِذُ ذَلِكَ كُلَّهُ، إِلَّا
أَنْ يَتَغَمّده اللَّهُ بِرَحْمَتِهِ". وَنَزَلَتْ هَذِهِ السُّورَةُ: {هَلْ أَتَى
عَلَى الإنْسَانِ حِينٌ مِنَ الدَّهْرِ} إِلَى قَوْلِهِ: {وَمُلْكًا كَبِيرًا}
فَقَالَ الْحَبَشِيُّ: وَإِنَّ عَيْنِي لَتَرَى مَا تَرَى عَيْنَاكَ فِي
الْجَنَّةِ؟ قَالَ: "نَعَمْ". فَاسْتَبْكَى حَتَّى فَاضَتْ نَفْسُهُ. قَالَ ابْنُ
عُمَرَ: فَلَقَدْ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
يُدليه فِي حُفرَته بِيَدِهِ
telah menceritakan kepada kami Ali ibnu Abdul Aziz, telah menceritakan kepada
kami Muhammad ibnu Ammar Al-Mausuli, telah menceritakan kepada kami Uqbah ibnu
Salim, dari Ayyub ibnu Atabah, dari Ata, dari Ibnu Umar yang mengatakan bahwa
seorang lelaki dari Habsyah datang kepada Rasulullah Saw., maka beliau Saw.
bersabda kepadanya, "Apa ada yang bisa saya bantu?" Lelaki itu berkata,
"Wahai Rasulullah, kamu mempunyai kelebihan di atas kami berkat rupa, warna
kulit, dan kenabian. Maka bagaimanakah pendapatmu jika aku beriman kepada apa
yang engkau imani dan aku beramal seperti apa yang engkau amalkan, bahwa
sesungguhnya aku benar-benar akan ada bersamamu di dalam surga?" Maka Rasulullah
Saw. menjawab: Benar, demi Tuhan yang jiwaku berada di dalam genggaman
kekuasaan-Nya, sesungguhnya benar-benar cahaya kulit hitamnya dapat terlihat di
dalam surga dari jarak perjalanan seribu tahun. Kemudian Rasulullah Saw.
bersabda: Barang siapa yang mengucapkan, "Tidak ada Tuhan yang berhak
disembah selain Allah, " maka baginya berkat kalimah tersebut ada suatu jaminan
dari Allah. Dan barang siapa yang mengucapkan, "Mahasuci Allah dan dengan memuji
kepada-Nya, "maka dicatatkan baginya seratus ribu kebaikan dan duapuluh empat
ribu kebaikan lainnya. Lalu lelaki itu bertanya, "Wahai Rasulullah,
bagaimanakah jika kami meninggal sesudah ini?" Maka Rasulullah Saw. bersabda:
Sesungguhnya seorang lelaki benar-benar datang di hari kiamat dengan membawa
amal yang sekiranya diletakkan di atas sebuah gunung, niscaya gunung itu akan
merasa keberatan. Lalu diletakkanlah nikmat-nikmat Allah (yang telah diberikan
kepadanya sewaktu di dunia), maka hampir saja nikmat-nikmat itu menghabiskan
semua (amal)nya, terkecuali bila Allah menyelimutinya dengan rahmat-Nya. Dan
turunlah firman-Nya: Bukankah telah datang atas manusia satu waktu dari
masa. (Al-Insan: 1) Sampai dengan firman-Nya: dan kerajaan yang
besar. (Al-Insan: 20) Maka orang Habsyi itu berkata, "Sesungguhnya kedua
mataku ini benar-benar dapat melihat seperti apa yang dilihat oleh kedua matamu
di dalam surga." Rasulullah Saw. menjawab, "Benar," lalu orang Habsyi itu
menangis dan jatuh pingsan, kemudian meninggal dunia. Ibnu Umar mengatakan bahwa
sesungguhnya dia melihat Rasulullah Saw. Meletakkan jenazahnya ke liang
kuburnya.
*******************
Firman Allah Swt.:
{عَالِيَهُمْ
ثِيَابُ سُنْدُسٍ خُضْرٌ وَإِسْتَبْرَقٌ}
Mereka memakai pakaian sutra halus yang hijau dan sutra tebal.
(Al-Insan: 21)
Yakni pakaian penghuni surga di dalam surga adalah kain sutra, yang antara
lain ialah kain sutra yang tipis seperti baju gamis dan pakaian lainnya yang
dikenakan langsung ke badan; kemudian kain sutra tebal yang berkilauan karena
mengkilat, yang ini dipakai di bagian luar sebagaimana biasa pakaian bagian
luar.
{وَحُلُّوا
أَسَاوِرَ مِنْ فِضَّةٍ}
dan dipakaikan kepada mereka gelang terbuat dari perak. (Al-Insan:
21)
Ini merupakan gambaran orang-orang Abrar, sedangkan yang dialami oleh
orang-orang Muqarrabun adalah seperti yang disebutkan di dalam firman-Nya:
يُحَلَّوْنَ
فِيها مِنْ أَساوِرَ مِنْ ذَهَبٍ وَلُؤْلُؤاً وَلِباسُهُمْ فِيها حَرِيرٌ
Di surga itu mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas dan
mutiara, dan pakaian mereka adalah sutra. (Al-Hajj: 23)
Setelah Allah menyebutkan gambaran lahiriah mereka yang dihiasi dengan
berbagai macam pakaian dan perhiasan, lalu dalam firman berikutnya
disebutkan:
{وَسَقَاهُمْ
رَبُّهُمْ شَرَابًا طَهُورًا}
dan Tuhan mereka memberikan kepada mereka minuman yang bersih.
(Al-Insan: 21)
Maksudnya, Allah membersihkan batin mereka dari hasud, dengki, iri hati,
penyakit, dan semua akhlak yang hina, seperti yang telah diriwayatkan kepada
kita dari Amirul Mu’minin Ali ibnu Abu Talib r.a. Ia pernah mengatakan, "Apabila
ahli surga sampai di depan pintu surga, maka di sana mereka menjumpai dua buah
mata air, lalu seakan-akan mereka diberi ilham untuk pergi kepada kedua mata air
itu. Lalu mereka minum dari salah satu mata air itu, maka Allah melenyapkan
semua penyakit yang ada di dalam perut (rongga tubuh) mereka, kemudian mereka
mandi dari mata air yang satunya lagi, maka sesudahnya terpancarlah dari tubuh
mereka pandangan kehidupan yang penuh dengan kenikmatan."
Dengan demikian, maka Allah telah menggambarkan keadaan lahiriah dan batin
mereka yang semuanya indah.
Firman Allah Swt. selanjutnya:
{إِنَّ
هَذَا كَانَ لَكُمْ جَزَاءً وَكَانَ سَعْيُكُمْ مَشْكُورًا}
Sesungguhnya ini adalah balasan untukmu, dan usahamu adalah disyukuri
(diberi balasan). (Al-Insan: 22)
Dikatakan demikian kepada mereka sebagai penghormatan dan perlakuan yang baik
terhadap mereka, sebagaimana yang disebutkan dalam ayat lain melalui
firman-Nya:
كُلُوا
وَاشْرَبُوا هَنِيئاً بِما أَسْلَفْتُمْ فِي الْأَيَّامِ
الْخالِيَةِ
(Kepada mereka dikatakan), "Makan dan minumlah dengan sedap disebabkan
amal yang telah kamu kerjakan pada hari-hari yang telah lalu.” (Al-Haqqah:
24)
Dan firman Allah Swt.:
وَنُودُوا
أَنْ تِلْكُمُ الْجَنَّةُ أُورِثْتُمُوها بِما كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ
Dan diserukan kepada mereka, "Itulah surga yang diwariskan kepadamu,
disebabkan apa yang dahulu kamu kerjakan.” (Al-A'raf:43)
Adapun firman Allah Swt.:
{وَكَانَ
سَعْيُكُمْ مَشْكُورًا}
dan usahamu adalah disyukuri (diberi balasan). (Al-Insan: 22)
Yakni Allah Swt. memberi balasan kepadamu dari amalmu yang sedikit dengan
balasan pahala yang banyak.