Tafsir Surat Ad-Dukhan, ayat 34-37
{إِنَّ
هَؤُلاءِ لَيَقُولُونَ (34) إِنْ هِيَ إِلا مَوْتَتُنَا الأولَى وَمَا نَحْنُ
بِمُنْشَرِينَ (35) فَأْتُوا بِآبَائِنَا إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ (36) أَهُمْ
خَيْرٌ أَمْ قَوْمُ تُبَّعٍ وَالَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ أَهْلَكْنَاهُمْ إِنَّهُمْ
كَانُوا مُجْرِمِينَ (37) }
Sesungguhnya mereka (kaum musyrik) itu benar-benar berkata, "Tidak ada
kematian selain kematian di dunia ini. Dan kami sekali-kali tidak akan
dibangkitkan, maka datangkanlah (kembali) bapak-bapak kami jika kamu
memang orang-orang yang benar.” Apakah mereka (kaum musyrik) yang lebih
baik ataukah kaum Tubba' dan orang-orang sebelum mereka. Kami telah membinasakan
mereka, karena sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang
berdosa.
Allah Swt. mengingkari perbuatan orang-orang musyrik yang ingkar terhadap
hari berbangkit dan hari kemudian. Mereka berkeyakinan bahwa tiada kehidupan itu
melainkan hanya kehidupan di dunia ini, dan tiada kehidupan lagi sesudah mati,
tiada hari berbangkit, dan tiada hari pembalasan. Mereka mengatakan demikian
dengan beralasan bapak moyang mereka telah tiada, ternyata mereka tidak kembali
lagi, dan jika hari berbangkit itu benar,
{فَأْتُوا
بِآبَائِنَا إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ}
maka datangkanlah (kembali) bapak-bapak kami jika kamu memang
orang-orang yang benar. (Ad-Dukhan: 36)
Ini adalah alasan yang batil dan alibi yang kacau serta tidak benar, karena
sesungguhnya hari berbangkit itu hanya terjadi pada hari kiamat dan bukan di
kehidupan dunia, bahkan terjadi hari berbangkit itu justru sesudah usia dunia
habis dan lenyap, lalu Allah mengulangi penciptaan mereka dalam ciptaan yang
baru. Dan dia menjadikan orang-orang yang zalim untuk menghuni neraka Jahanam
sebagai umpannya. Hal ini terjadi di hari ketika kamu sekalian menjadi saksi
atas umat manusia dan Rasul pun menjadi saksi atas kalian.
Kemudian Allah Swt. mengancam mereka dan memperingatkan mereka terhadap
azab-Nya yang tidak dapat ditolak, seperti yang telah menimpa orang-orang yang
serupa dengan mereka di masa dahulu dari kalangan orang-orang yang
mempersekutukan Allah lagi ingkar kepada hari berbangkit. Sebagai contohnya
ialah kaum Tubba, yaitu kaum Saba', Allah telah membinasakan mereka, merusak
negeri mereka, serta menjadikan mereka bercerai berai di berbagai negeri di luar
negeri mereka, seperti yang telah diterangkan di dalam tafsir surat Saba'.
Mereka adalah kaum musyrik yang mula-mula ingkar kepada adanya hari
kemudian.
Demikian pula dalam surat Ad-Dukhan ini, orang-orang musyrik
diserupakan dengan kaum Tubba'; dan mereka pun dahulunya adalah orang-orang Arab
dari Qahtan, sebagaimana orang-orang musyrik Mekah pun adalah orang-orang Arab
dari 'Adnan.
Dahulu orang-orang Himyar (yakni kaum Saba') bila mengangkat seorang raja
untuk mereka, mereka menjulukinya dengan gelar Tubba', seperti dikatakan
Kisra bagi Raja Persia, Kaisar bagi Raja Romawi, Fir’aun
bagi Raja Mesir, Negus bagi Raja Habsyah, dan julukan-julukan lainnya
yang berlaku di kalangan tiap bangsa.
Tetapi telah disepakati di kalangan ahli sejarah bahwa sebagian dari para
Tubba' ada yang keluar dari negeri Yaman dan menjelajahi berbagai negeri hingga
sampai di Samarkand. Di tanah pengembaraan ia mendirikan kerajaan hingga
kerajaannya kuat dan pengaruhnya besar, begitu pula bala tentaranya, kerajaannya
luas, dan rakyatnya banyak. Dialah yang membangun kota Hirah.
Telah disepakati pula bahwa dia dalam perjalanannya melalui kota Madinah,
yang hal ini terjadi di masa Jahiliah. Lalu ia bermaksud akan memerangi
penduduknya, tetapi penduduk Madinah mempertahankan dirinya dan memerangi mereka
di siang hari, sedangkan di malam harinya penduduk Madinah menjamu mereka.
Akhirnya raja itu malu terhadap penduduk Madinah dan akhirnya dia tidak lagi
memerangi mereka.
Raja itu membawa serta dua orang pendeta Yahudi yang pernah menasehatinya,
keduanya menceritakan kepada rajanya bahwa tiada cara baginya untuk menaklukkan
kota Madinah ini, karena sesungguhnya kota ini kelak akan dijadikan tempat
hijrah nabi akhir zaman. Maka si raja meneruskan perjalanannya, dan membawa
serta'kedua pendeta Yahudi itu ke negeri Yaman.
Ketika raja itu melewati Mekah, ia berkehendak akan merobohkan Ka'bah, tetapi
kedua pendeta Yahudi itu melarangnya melaksanakan niatnya itu. Keduanya
menceritakan kepadanya kebesaran dari Ka'bah itu, bahwa Ka'bah tersebut dibangun
oleh Ibrahim kekasih Allah, dan kelak di masa mendatang Ka'bah akan mempunyai
kedudukan yang besar di masa nabi yang akan diutus di akhir zaman nanti.
Akhirnya si Raja itu menghormatinya, dan melakukan tawaf di sekelilingnya dan
memberinya kain kelambu, hadiah-hadiah, dan berbagai macam pakaian. Kemudian ia
kembali meneruskan perjalanannya menuju negeri Yaman, dia menyeru penduduk Yaman
untuk beragama Yahudi sama dengan dirinya. Di masa itu agama yang tersebar
adalah agama nabi Musa a.s. Di negeri Yaman terdapat sebagian orang yang
mendapat hidayah sebelum Al-Masih diutus. Akhirnya sebagian penduduk Yaman masuk
agama Yahudi mengikuti jejak rajanya.
Kisah ini secara panjang lebar diceritakan oleh Imam Muhamad Ibnu Ishaq di
dalam Kitabus Sirah-nya. Al-Hafiz Ibnu Asakir telah mengetengahkan
biografi raja ini di dalam kitab tarikhnya. Banyak peristiwa yang dikemukakan
olehnya, sebagian di antaranya seperti yang telah disebutkan di atas dan
sebagian lainnya yang tidak kami sebutkan. Ibnu Asakir mengatakan bahwa raja
tersebut adalah Raja Dimasyq. Disebutkan bahwa apabila memeriksa kudanya, maka
dibariskan untuknya kuda-kuda dari kota Dimasyq sampai ke Yaman.
Kemudian Al-Hafiz ibnu Asakir mengetengahkan melalui jalur Abdur Razzaq dari
Ma'mar dari Ibnu Abu Zi-b dari Al-Maqbari, dari Abu Hurairah r.a. dari Nabi Saw.
yang telah bersabda:
"مَا
أَدْرِي الْحُدُودُ طَهَّارَةٌ لِأَهْلِهَا أَمْ لَا؟ وَلَا أَدْرِي تُبَّعٌ
لَعِينًا كَانَ أَمْ لَا؟ وَلَا أَدْرِي ذُو الْقَرْنَيْنِ نَبِيًّا كَانَ أَمْ
مَلِكًا؟ " وَقَالَ غَيْرُهُ: "أَعُزَيْرًا كَانَ نَبِيًّا أَمْ لَا؟
".
Aku tidak mengetahui apakah hukuman had itu dapat membersihkan pelakunya
(dari dosa yang dilakukannya) ataukah tidak? Dan aku tidak mengetahui
apakah Tubba' itu dikutuk ataukah tidak; dan aku tidak mengetahui apakah Zul
Qarnain; itu seorang nabi ataukah seorang raja? Dan di dalam riwayat lain
disebutkan: (Aku tidak mengetahui) apakah Uzair itu seorang nabi ataukah
bukan?
Hal yang sama telah diriwayatkan oleh Ibnu Abu Hatim, dari Muhammad Ibnu
Hamma Az-Zahrani, dari Abdur Razzaq.
Ad-Daruqutni mengatakan bahwa Abdur Razzaq meriwayatkan hadis ini secara
munfarid (tunggal). Kemudian Ibnu Asakir meriwayatkan melalui jalur
Muhammad ibnu Kuraib, dari ayahnya, dari Ibnu Abbas r.a. secara
marfu':
"عُزيرُ
لَا أَدْرِي أَنَبِيًّا كَانَ أَمْ لَا؟ وَلَا أَدْرِي أَلَعِينٌ تُبَّع أَمْ لَا؟
"
Aku tidak tahu, apakah Uzair seorang nabi ataukah bukan? Dan aku tidak
tahu apakah Tubba' seorang yang dilaknat ataukah bukan ?
Kemudian Ibnu Asakir mengetengahkan riwayat yang melarang mencaci dan
melaknat Tubba', seperti yang akan diterangkan kemudian, Insya Allah.
Seakan-akan —hanya Allah Yang Maha Mengetahui— pada awalnya Tubba' kafir,
lalu masuk Islam dan mengikuti agama Musa a.s. di tangan pendeta-pendeta Yahudi
di masa itu yang berada pada jalan kebenaran sebelum Al-Masih diutus. Tubba' ini
sempat berhaji ke Baitullah di masa orang-orang Jurhum, dan memberinya
kain kelambu dari sutra dan kain hibarah serta menyembelih kurban di dekatnya
sebanyak enam ribu ekor unta; Tubba' ini menghormati dan memuliakan Ka'bah
(Baitullah). Sesudah itu ia kembali ke negeri Yaman.
Al-Hafiz Ibnu Asakir telah mengetengahkan kisahnya dengan panjang lebar
melalui berbagai jalur dari Ubay ibnu Ka'b, Abdullah ibnu Salam, dan Abdullah
ibnu Abbas r.a. juga Ka'bul Ahbar.
Kisah ini memang bersumber dari Ka'bul Ahbar—juga dari Abdullah ibnu
Salam—yang predikatnya jauh lebih kuat, lebih besar, dan lebih 'alim. Dan hal
yang sama telah diriwayatkan pula kisah mengenainya oleh Wahb ibnu Munabbih dan
Muhammad ibnu Ishaq di dalam kitab Sirah-nya, seperti yang telah kita
kenal.
Tetapi Al-Hafiz Ibnu Asakir pada sebagian konteks yang dikemukakannya
sehubungan dengan autobiografi Tubba' mengalami sedikit kekacauan karena
dicampur dengan autobiografi orang yang datang sesudahnya (Tubba') dalam masa
yang cukup lama. Karena sesungguhnya Tubba' yang diisyaratkan di dalam Al-Qur'an
ini kaumnya masuk Islam di tangannya, kemudian setelah ia wafat kaumnya kembali
kepada kesesatan, yaitu menyembah berhala dan api. Maka Allah mengazab mereka,
sebagaimana yang disebutkan d"i dalam tafsir surat Saba*'. Kami telah
menceritakan kisahnya dengan panjang lebar dalam tafsir surat tersebut.
Sa’id ibnu Jubair mengatakan bahwa Tubba' telah memberi kelambu pada Ka'bah
dan Sa'id ibnu Jubair melarang orang-orang mencaci Tubba'. Tubba' yang ini
adalah Tubba' yang pertengahan, nama aslinya adalah As'ad alias Abu Kuraib ibnu
Malyakrib Al-Yamani. Para ahli sejarah menyebutkan bahwa dia menjadi raja
kaumnya selama tiga ratus dua puluh enam tahun; tiada seorang raja pun di Himyar
yang masa pemerintahannya lebih lama daripada dia. Dia meninggal dunia sebelum
Nabi Saw. diutus dalam kurun waktu tujuh ratus tahun sebelumnya.
Para ahli sejarah menceritakan bahwa ketika dua rabi Yahudi Madinah itu
menceritakan kepada Tubba' bahwa negeri ini (yakni Madinah) kelak akan menjadi
tempat hijrah nabi akhir zaman yang bernama Ahmad. Maka Tubba' membuat sya'ir
mengenai hal tersebut untuk penduduk Madinah, dan mereka melestarikannya dengan
meriwayatkannya secara turun-temurun, generasi demi genarasi, dari pendahulu
mereka kepada generasi berikutnya. Dan termasuk orang yang hafal syair tersebut
adalah Abu Ayyub Khalid ibnu Zaid yang rumahnya dipakai untuk tempat Rasulullah
Saw. tinggal (Sementara waktu di Madinah). Dia mengatakan:
شَهِدْتُ
عَلَى أَحْمَدَ أنَّه ...
رَسُولٌ مِنَ اللهِ بَاري النَّسَمْ ...
فَلَو
مُدَّ عُمْري إِلَى عُمْرِهِ ...
لَكُنْت وَزيرا لَهُ وَابْنَ عَمْ ...
وَجَاهَدْتُ
بالسَّيفِ أعْدَاءَهُ ...
وَفرَّجتُ عَنْ صَدْرِه كُلَّ غَمْ ...
Aku bersaksi bahwa Ahmad seorang
utusan dari Allah Pencipta manusia. Seandainya usiaku dipanjangkan sampai ke
zamannya, tentulah aku menjadi pembantunya dan sebagai saudara sepupunya. Tentu
pula aku akan berjihad dengan pedang melawan semua musuhnya, dan aku akan
melenyapkan semua hal yang menyusahkan hatinya.
Ibnu Abud Dunia telah meriwayatkan bahwa di masa Islam pernah dilakukan suatu
penggalian terhadap sebuah kuburan kuno di kota Sana' dan ternyata mereka
menjumpai dua jenazah wanita yang keduanya masih utuh. Di dekat kepala
masing-masing terdapat lempengan perak yang ditulis dengan emas, menyebutkan
bahwa ini adalah kuburan Huyay dan Tamis, yang menurut riwayat lain menyebutkan
Huyay dan Tumadir; keduanya adalah anak perempuan Tubba' mereka berdua meninggal
dunia dalam keadaan beragama Tauhid, yakni telah bersaksi bahwa tidak ada Tuhan
yang wajib disembah selain Allah dan keduanya tidak pernah mempersekutukan Allah
dengan sesuatu pun. Begitu pula yang dipegang teguh oleh orang-orang saleh yang
ada di masanya hingga mereka meninggal. Telah kami ceritakan pula di dalam
tafsir surat Saba Syair Saba' mengenai hal tersebut.
Qatadah mengatakan, telah diceritakan kepada kami bahwa Ka'b pernah
mengatakan tentang Tubba' dia adalah seorang lelaki saleh. Allah telah mencela
perbuatan kaumnya, tetapi dia tidak dicela. Dan Ka'b mengatakan bahwa Aisyah
r.a. pernah mengatakan, "Janganlah kalian mencela Tubba', karena sesungguhnya
dia adalah seorang yang saleh."
وَقَالَ
ابْنُ أَبِي حَاتِمٍ: حَدَّثَنَا أَبُو زُرْعَة، حَدَّثَنَا صَفْوَانُ، حَدَّثَنَا
الْوَلِيدُ، حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بن لَهِيعَة عَنْ أَبِي زُرْعَة -يَعْنِي
عَمْرَو بْنَ جَابِرٍ الْحَضْرَمِيَّ-قَالَ: سَمِعْتُ سَهْلَ بْنَ سَعْدٍ
السَّاعِدِيَّ يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
"لَا تَسُبُّوا تُبَّعًا؛ فَإِنَّهُ قَدْ كَانَ أَسْلَمَ".
Ibnu Abu Hatim mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abu Zar'ah, telah
menceritakan kepada kami Safwan, telah menceritakan kepada kami Al-Walid, telah
menceritakan kepada kami Abdullah ibnu Lahi'ah, dari Abu Zar'ah (Yakni Amr ibnu
Jabir Al-Hadrami) yang telah mengatakan bahwa ia pernah mendengar Sahl ibnu Sa'd
As-Sa'idi r.a. mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Janganlah
kalian mencaci Tubba', karena sesungguhnya dia adalah orang yang telah masuk
Islam.
Imam Ahmad meriwayatkan hadis ini di dalam kitab musnadnya, dari Hasan ibnu
Musa, dari Ibnu Lahi'ah dengan sanad yang sama.
قَالَ
الطَّبَرَانِيُّ: حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَلِيٍّ الْأَبَّارُ، حَدَّثَنَا
أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ أَبِي بَزَّة، حدثنا مؤمل ابن إِسْمَاعِيلَ،
حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ سمَاك بْنِ حَرْبٍ، عَنْ عِكْرِمة، عَنِ ابْنِ
عَبَّاسٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: "لَا
تَسُبُّوا تُبَّعًا؛ فَإِنَّهُ قَدْ أَسْلَمَ"
Imam Tabrani mengatakan, telah menceritakan kepada kami Ahmad ibnu Ali
Al-Abar, telah menceritakan kepada kami Ahmad ibnu Muhammad ibnu Abu Barzah,
telah menceritakan kepada kami Muammal ibnu Ismail, telah menceritakan kepada
kami Sufyan, dari Sammak ibnu Harb, dari Ikrimah, dari Ibnu Abbas r.a., dari
Nabi Saw. yang telah bersabda: Janganlah kalian mencaci Tubba', karena
sesungguhnya dia adalah orang Islam.
قَالَ
عَبْدُ الرَّزَّاقِ: أَخْبَرَنَا مَعْمَر، عَنِ ابْنِ أَبِي ذِئْبٍ، عَنِ
المقْبُري، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " مَا أَدْرِي، تُبَّع نَبِيًّا كَانَ
أَمْ غير نبي"
Abdur Razzaq mengatakan pula, telah menceritakan kepada kami Ma'mar, dari
Ibnu Abu Zi-b, dari Al-Maqbari, dari Abu Hurairah r.a. yang mengatakan bahwa
Rasulullah Saw. pernah bersabda: apakah Tubba' seorang nabi ataukah
bukan?
Dalam pembahasan terdahulu telah disebutkan melalui sanad ini dalam riwayat
Ibnu Abu Hatim hal yang sama dengan apa yang diketengahkan oleh Ibnu Asakir,
yaitu: Aku tidak mengetahui apakah Tubba' seorang yang dilaknat ataukah
bukan?
Hanya Allah-lah yang Maha Mengetahui kebenarannya. Ibnu Asakir telah
meriwayatkan hal ini melalui jalur Zakaria ibnu Yahya Al-Madani, dari Ikrimah,
dari Ibnu Abbas secara mauquf.
Abdur Razzaq mengatakan, telah menceritakan kepada kami Imran alias Abul
Huzail, telah menceritakan kepadaku Tamim ibnu Abdur Rahman yang mengatakan
bahwa Ata ibnu Abu Rabbah pernah mengatakan: Janganlah kalian mencaci Tubba',
karena sesungguhnya Rasulullah Saw. telah melarang mencacinya.
Hanya Allah-lah Yang Maha Mengetahui.