Tafsir Surat Al-Ahzab, ayat 39-40
{الَّذِينَ
يُبَلِّغُونَ رِسَالاتِ اللَّهِ وَيَخْشَوْنَهُ وَلا يَخْشَوْنَ أَحَدًا إِلا
اللَّهَ وَكَفَى بِاللَّهِ حَسِيبًا (39) مَا كَانَ مُحَمَّدٌ أَبَا أَحَدٍ مِنْ
رِجَالِكُمْ وَلَكِنْ رَسُولَ اللَّهِ وَخَاتَمَ النَّبِيِّينَ وَكَانَ اللَّهُ
بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمًا (40) }
(yaitu) orang-orang yang menyampaikan
risalah-risalah Allah, mereka takut kepada-Nya dan mereka tiada merasa takut
kepada seorang (pun) selain kepada Allah. Dan cukuplah Allah sebagai
Pembuat Perhitungan. Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang
laki-laki di antara kamu, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi.
Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.
Allah Swt. memuji mereka yang disebutkan dalam firman-Nya: (yaitu)
orang-orang yang menyampaikan risalah-risalah Allah. (Al-Ahzab: 39)
kepada makhluk-Nya dan menunaikan semua yang dipercayakan kepada mereka.
{وَيَخْشَوْنَهُ}
mereka takut kepada-Nya. (Al-Ahzab: 39)
Mereka hanya takut kepada Allah, dan tidak takut kepada seorang pun selain
Dia. Oleh karena itu, maka tiada kekuasaan seorang pun yang dapat mencegah
mereka dari menyampaikan risalah-risalah Allah Swt.
{وَكَفَى
بِاللَّهِ حَسِيبًا}
Dan cukuplah Allah sebagai Pembuat Perhitungan.(Al-Ahzab: 39)
Artinya cukuplah Allah sebagai Penolong dan Pembantu. Dan penghulu manusia
dalam menjalankan misi kedudukan ini, bahkan dalam semua kedudukan, adalah
Muhammad Rasulullah Saw. Karena sesungguhnya dia telah menunaikan risalah ini
dan menyampaikannya kepada semua penduduk belahan timur dan belahan barat,
hingga kepada semua Bani Adam. Allah telah memenangkan kalimah-Nya, agama-Nya,
dan syariatNya atas semua agama dan semua syariat. Dan sesungguhnya nabi-nabi
sebelumnya hanya diutus kepada kaumnya semata, sedangkan beliau Saw. diutus
untuk semua makhluk, baik yang Arab maupun non-Arab, sebagaimana yang disebutkan
dalam firman-Nya:
{قُلْ
يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنِّي رَسُولُ اللَّهِ إِلَيْكُمْ جَمِيعًا}
Katakanlah, "Hai manusia, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu
semua.” (Al-A'raf: 158)
Kemudian tugas penyampaiannya itu diwarisi oleh umatnya sesudah dia tiada.
Orang yang paling berjasa dalam hal ini adalah para sahabatnya radiyallahu
'anhum. Mereka telah menyampaikan darinya sebagaimana apa yang telah dia
sampaikan kepada mereka dalam semua perkataan, perbuatan, dan sepak terjangnya
di malam dan siang harinya, dalam perjalanan dan di tempat kediamannya, dan
dalam kesembunyian dan keterang-keterangannya. Semoga Allah melimpahkan rida-Nya
kepada mereka dan membalas mereka dengan pahala yang memuaskan mereka. Kemudian
sesudah mereka tugas ini diwarisi pula oleh pengganti mereka secara estafet
sampai kepada masa kita sekarang ini. Maka hanya orang-orang yang mendapat
petunjuklah yang mengikuti jejak mereka, dan hanya orang-orang yang mendapat
taufiklah yang menempuh jalan mereka. Untuk itu kita memohon kepada Allah Swt.
semoga Dia menjadikan kita termasuk orang-orang yang dapat menggantikan mereka.
Allah Mahamulia lagi Maha Pemberi Karunia.
قَالَ
الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا ابْنُ نُمَيْر، أَخْبَرَنَا الْأَعْمَشُ، عَنْ
عَمْرِو بْنِ مُرَّة، عَنْ أَبِي البَخْتَري، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ،
رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ: "لَا يَحْقِرَنَّ أَحَدُكُمْ نَفْسَهُ أَنْ يَرَى أَمْرَ اللَّهِ فِيهِ
مَقَالٌ ثُمَّ لَا يَقُولُهُ، فَيَقُولُ اللَّهُ: مَا يَمْنَعُكَ أَنْ تَقُولَ
فِيهِ؟ فَيَقُولُ: رَبِّ، خَشِيتُ النَّاسَ. فَيَقُولُ: فَأَنَا أَحَقُّ أن يخشى
"
Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Ibnu Namir, telah
menceritakan kepada kami Al-A'masy, dari Amr ibnu Murrah, dari Abul Bukhturi,
dari Abu Sa'id Al-Khudri r.a. yang menceritakan bahwa Rasulullah Saw. pernah
bersabda: iangan sekali-kali seseorang di antara kalian menghina dirinya
sendiri bila ia melihat perintah Allah yang memerlukan pembelaannya, kemudian ia
tidak membelanya. Maka Allah akan bertanya, "Apakah yang mencegahmu untuk tidak
membelanya?” Lalu ia mengatakan, "Ya Tuhanku, aku takut kepada manusia.” Maka
Allah akan berfirman, "Akulah seharusnya yang lebih ditakuti.”
Imam Ahmad telah meriwayatkannya pula dari Abdur Razzaq, dari As-Sauri, dari
Zaid ibnu Amr ibnu Murrah. Ibnu Majah meriwayatkannya dari Abu Kuraib, dari
Abdullah ibnu Numair dan Abu Mu'awiyah, keduanya dari Al-A'masy dengan sanad
yang sama.
*************
Firman Allah Swt.:
{مَا
كَانَ مُحَمَّدٌ أَبَا أَحَدٍ مِنْ رِجَالِكُمْ}
Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara
kamu. (Al-Ahzab: 40)
Sesudah ini dilarang menyebutkan Zaid anak Muhammad. Dengan kata lain,
Muhammad Saw. bukan ayah Zaid, sekalipun Nabi Saw. telah menjadikannya sebagai
anak angkatnya. Karena sesungguhnya tidak ada seorang anak lelaki pun bagi-Nabi
Saw. yang hidup sampai mencapai usia balig. Sesungguhnya Nabi Saw. mempunyai
tiga orang putra dari Siti Khadijah r.a., yaitu Al-Qasim, At-Tayyib, dan
At-Tahir yang semuanya meninggal dunia ketika masih kecil. Beliau mempunyai
putra pula dari Mariyah Al-Qibtiyyah, yaitu Ibrahim; tetapi ia pun meninggal
dunia saat dalam usia penyusuan. Nabi Saw. mempunyai empat orang anak perempuan
dari Siti Khadijah, Yaitu Zainab, Ruqayyah, Ummu Kalsum, dan Fatimah r.a. Tetapi
tiga orang putrinya telah wafat di masa beliau Saw. masih hidup. Sedangkan
Fatimah r.a. adalah yang terakhir hingga ia merasa kehilangan Nabi Saw. saat
beliau wafat. Kemudian ia pun wafat pula enam bulan sesudah Nabi Saw. wafat.
Firman Allah Swt.:
{وَلَكِنْ
رَسُولَ اللَّهِ وَخَاتَمَ النَّبِيِّينَ وَكَانَ اللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ
عَلِيمًا}
tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. Dan adalah Allah Maha
Mengetahui segala sesuatu. (Al-Ahzab: 40)
Semakna dengan apa yang disebutkan dalam ayat lain melalui firman-Nya:
{اللَّهُ
أَعْلَمُ حَيْثُ يَجْعَلُ رِسَالَتَهُ}
Allah lebih mengetahui di mana Dia menempatkan tugas kerasulan.
(Al-An'am: 124)
Ayat 40 surat Al-Ahzab ini merupakan nas yang menunjukkan bahwa tidak ada
nabi lagi sesudahnya, dan apabila sudah tidak ada nabi lagi, maka terlebih lagi
rasul. Karena kedudukan rasul bersifat lebih khusus daripada kedudukan nabi.
Dengan kata lain, setiap rasul pasti nabi, tetapi tidak sebaliknya. Hal ini
telah disebutkan oleh banyak hadis mutawatir dari Rasulullah Saw. melalui
riwayat sejumlah para sahabat radiyallahu 'anhum.
قَالَ
الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا أَبُو عَامِرٍ الْأَزْدِيُّ، حَدَّثَنَا زُهَيْر
بْنِ مُحَمَّدٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَقِيلٍ، عَنِ
الطُّفَيْلِ بْنِ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: "مَثَلِي فِي النَّبِيِّينَ كَمَثَلِ رَجُلٍ
بَنَى دَارًا فَأَحْسَنَهَا وَأَكْمَلَهَا، وَتَرَكَ فِيهَا مَوْضِعَ لَبنة لَمْ
يَضَعها، فَجَعَلَ النَّاسُ يَطُوفُونَ بِالْبُنْيَانِ وَيَعْجَبُونَ مِنْهُ،
وَيَقُولُونَ: لَوْ تمَّ مَوْضِعُ هَذِهِ اللَّبِنَةِ؟ فَأَنَا فِي النَّبِيِّينَ
مَوْضِعُ تِلْكَ اللَّبِنَةِ".
Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami. Abu Amir Al-Azdi,
telah menceritakan kepada kami Zuhair ibnu Muhammad, dari Abdullah ibnu Muhammad
ibnu Aqil, dari At-Tufail ibnu Abu Ka'b, dari ayahnya, dari Nabi Saw. yang telah
bersabda: Perumpamaanku di kalangan para nabi sama dengan seorang lelaki yang
membangun sebuah gedung, ia melakukan pekerjaannya dengan baik dan sempurna.
Tetapi ia membiarkan suatu bagian yang tidak dirampungkannya. Maka manusia
meliput bangunan tersebut dan mereka merasa kagum dengan keindahan bangunan itu
seraya berkata, "Andaikata bagian ini dirampungkan pembangunannya (alangkah
indahnya bangunan ini).” Maka perumpamaanku di kalangan para nabi adalah
seperti bagian tersebut.
Imam Turmuzi meriwayatkannya melalui Bandar, dari Abu Amir Al-Aqdi dengan
sanad yang sama, lalu ia mengatakan bahwa hadis ini hasan sahih.
Hadis lain. Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami
Affan, telah menceritakan kepada kami Abdul Wahid ibnu Ziad, telah menceritakan
kepada kami Al-Mukhtar ibnu Fulful, telah menceritakan kepada kami Anas ibnu
Malik r.a. yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda:
Sesungguhnya kerasulan dan kenabian telah terputus, maka tidak ada rasul
dan tidak pula ada nabi sesudahku.
Maka hal tersebut dirasakan amat berat bagi orang-orang, lalu beliau
bersabda, "Tetapi yang masih ada adalah berita-berita yang menggembirakan."
Mereka bertanya, "Wahai Rasulullah, apakah yang dimaksud dengan mubasysyirat
(hal-hal yang menggembirakan itu)?" Beliau Saw. menjawab:
Mimpi seorang muslim, hal ini merupakan suatu bagian dari
kenabian.
Hal yang sama telah diriwayatkan oleh Imam Turmuzi melalui Al-Hasan ibnu
Muhammad Az-Za'farani, dari Affan ibnu Muslim dengan sanad yang sama. Imam
Turmuzi mengatakan bahwa hadis ini sahih garib karena melalui riwayat
Al-Mukhtar ibnuFulful.
Hadis lain.
قَالَ
أَبُو دَاوُدَ الطَّيَالِسِيُّ: حَدَّثَنَا سَليم بْنُ حَيَّان، عَنْ سَعِيدِ بْنِ
مِينَاءَ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "مَثَلِي وَمَثَلُ الْأَنْبِيَاءِ كَمَثَلِ رَجُلٍ
بَنَى دَارًا فَأَكْمَلَهَا وَأَحْسَنَهَا إِلَّا مَوْضِعَ لَبنة، فَكَانَ مَنْ
دَخَلَهَا فَنَظَرَ إِلَيْهَا قَالَ: مَا أَحْسَنَهَا إِلَّا مَوْضِعَ هَذِهِ
اللَّبِنَةِ! فَأَنَا مَوْضِعُ اللَّبِنَةِ، خُتِمَ بِي الْأَنْبِيَاءُ، عَلَيْهِمُ
السَّلَامُ".
Abu Daud At-Tayalisi mengatakan, telah menceritakan kepada kami Sulaim ibnu
Hayyan, dari Sa'id ibnu Maina, dari Jabir ibnu Abdullah r.a. yang mengatakan
bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Perumpamaanku dan perumpamaan para
nabi sama dengan seseorang yang membangun sebuah gedung, dia membangunnya
dengan sempurna dan indah, terkecuali suatu bagian darinya. Maka setiap orang
yang masuk ke dalamnya menyaksikan keindahannya mengatakan, "Alangkah indahnya
gedung ini terkecuali bagian ini.” Maka akulah bagian tersebut dan para nabi
semuanya ditutup olehku.
Imam Bukhari, Imam Muslim, dan Imam Turmuzi meriwayatkan melalui berbagai
jalur dari Salim ibnu Hayyan dengan sanad yang sama; Imam Turmuzi mengatakan
bahwa hadis ini ditinjau dari segi jalurnya sahih garib.
Hadis lain.
قَالَ
الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ، حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ، عَنْ
أَبِي صَالِحٍ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ:
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَثَلِي وَمَثَلُ
النَّبِيِّينَ [مِنْ قَبْلِي] كَمَثَلِ رَجُلٍ بَنَى دَارًا فَأَتَمَّهَا إِلَّا
لَبنَة وَاحِدَةً، فَجِئْتُ أَنَا فَأَتْمَمْتُ تِلْكَ اللَّبِنَةِ"
Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abu Mu'awiyah, telah
menceritakan kepada kami Al-A'masy, dari Abu Saleh, dari Abu Sa'id Al-Khudri
r.a. yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Perumpamaanku dan
para nabi lainnya seperti seseorang yang membangun sebuah gedung, dia
menyempurnakan bangunannya terkecuali suatu bagian darinya. Maka aku datang,
lalu menyempurnakan bagian itu.
Hadis diriwayatkan oleh Imam Muslim secara tunggal melalui Al-A'masy dengan
sanad yang sama.
Hadis lain.
قَالَ
[الْإِمَامُ] أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا يُونُسُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنَا حَمَّادُ
بْنُ زَيْدٍ، حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ عُبَيد الرَّاسِبِيُّ قَالَ: سَمِعْتُ
أَبَا الطُّفَيْلِ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وسلم: "لا
نُبُوَّةَ بَعْدِي إِلَّا الْمُبَشِّرَاتِ". قَالَ: قِيلَ: وَمَا الْمُبَشِّرَاتُ
يَا رَسُولَ اللَّهِ؟ قَالَ: "الرُّؤْيَا الْحَسَنَةُ -أَوْ قَالَ -الرُّؤْيَا
الصَّالِحَةُ."
Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Yunus ibnu Muhammad,
telah menceritakan kepada kami Hammad ibnu Zaid, telah menceritakan kepada kami
Usman ibnu Ubaid Ar-Rasibi yang telah mengatakan bahwa ia pernah mendengar Abut
Tufail r.a. mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: "Tiada kenabian
sesudahku, kecuali hanya mubasysyirat.” Ketika ditanyakan "Apakah
mubasysyirat itu (berita-berita yang menggembirakan).” Rasulullah Saw.
menjawab, "Mimpi yang baik, " atau, "Mimpi yang saleh.”
Hadis lain.
قَالَ
الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ، أَخْبَرَنَا مَعْمَر، عَنْ
هَمَّام بْنِ مُنَبِّه قَالَ: هَذَا مَا حَدَّثَنَا أَبُو هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "إِنَّ مَثَلِي وَمَثَلَ
الْأَنْبِيَاءِ مِنْ قَبْلِي كَمَثَلِ رَجُلٍ ابْتَنَى بُيُوتًا فَأَحْسَنَهَا
وَأَكْمَلَهَا وَأَجْمَلَهَا، إِلَّا مَوْضِعَ لَبنة مِنْ زَاوِيَةٍ مِنْ
زَوَايَاهَا، فَجَعَلَ النَّاسُ يَطُوفُونَ وَيُعْجِبُهُمُ الْبُنْيَانُ
وَيَقُولُونَ: أَلَا وَضَعْتَ هَاهُنَا لَبِنَةً فَيَتِمُّ بُنْيَانُكَ؟! " قَالَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "فَكُنْتُ أَنَا
اللَّبِنَةُ".
Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abdur Razzaq, telah
menceritakan kepada kami Ma'mar, dari Hamam ibnu Munabbih yang mengatakan bahwa
berikut ini adalah hadis yang pernah diceritakan kepada kami oleh Abu Hurairah
r.a. yang telah mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda:
Sesungguhnya perumpamaanku dan perumpamaan para nabi sebelumku bagaikan
seorang lelaki yang membangun perumahan, lalu dia membangunnya dengan sempurna,
baik dan indah, terkecuali suatu bagian darinya yang terletak di salah satu
sudutnya. Maka orang-orang mengelilingi bangunan itu dan mereka merasa kagum
dengan bangunan-bangunannya seraya berkomentar, "Mengapa tidak diselesaikan
bagian ini hingga bangunanmu menjadi sempurna?” Maka Rasulullah Saw.
bersabda, "Akulah yang dimaksud dengan bagian itu.”
Imam Bukhari dan Imam Muslim mengetengahkannya melalui riwayat Abdur
Razzaq.
Hadis lain:
diriwayatkan pula melalui Abu Hurairah r.a.
قَالَ
الْإِمَامُ مُسْلِمٌ: حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ وَقُتَيْبَةُ وَعَلِيُّ
بْنُ حَجَرٍ قَالُوا: حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلَ بْنِ جَعْفَرٍ، عَنِ الْعَلَاءِ،
عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، أَنَّ رَسُولَ
اللَّهِ صَلَّى الله عليه وسلم قال: "فُضلت عَلَى الْأَنْبِيَاءِ بِسِتٍّ: أعْطِيتُ
جَوَامِعَ الْكَلِمِ، ونُصِرْتُ بِالرُّعْبِ، وأحِلَّت لِيَ الْغَنَائِمُ،
وَجُعِلَتْ لِيَ الْأَرْضُ طَهُورًا وَمَسْجِدًا، وَأُرْسِلْتُ إِلَى الْخَلْقِ
كَافَّةً، وختم بي النبيون".
Imam Muslim mengatakan, telah menceritakan kepada kami Yahya ibnu Ayyub,
Qutaibah, dan Ali ibnu Hajar. Mereka mengatakan, telah menceritakan kepada kami
Ismail ibnu Ja'far, dari Al-Ala, dari ayahnya, dari Abu Hurairah r.a. yang
mengatakan bahwa Rasulullah Saw. telah bersabda: Aku dianugerahi keutamaan di
atas para nabi dengan enam perkara: Aku dianugerahi jawami'ul kalim, aku diberi
pertolongan melalui rasa gentar (yang mencekam hati musuh), ganimah
dihalalkan bagiku, bumi ini dijadikan masjid lagi suci dan mensucikan bagiku,
aku diutus kepada semua makhluk, dan para nabi ditutup olehku.
Imam Turmuzi dan Imam Ibnu Majah meriwayatkannya melalui hadis Ismail ibnu
Ja'far, dan Imam Turmuzi mengatakan bahwa hadis ini hasan sahih.
Hadis lain.
قَالَ
الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ، حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ، عَنْ
أَبِي صَالِحٍ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "مَثَلِي وَمَثَلُ الْأَنْبِيَاءِ مِنْ
قَبْلِي، كَمَثَلِ رَجُلٍ بَنَى دَارًا فَأَتَمَّهَا إِلَّا مَوْضِعَ لَبِنَةٍ
وَاحِدَةٍ، فَجِئْتُ أَنَا فَأَتْمَمْتُ تِلْكَ اللَّبِنَةَ".
Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abu Mu'awiyah, telah
menceritakan kepada kami Al-A'masy, dari Abu Saleh, dari Abu Sa'id Al-Khudri
r.a. yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Perumpamaanku dan
perumpamaan para nabi sebelumku bagaikan seorang lelaki yang membangun sebuah
gedung, dia membangunnya dengan sempurna terkecuali suatu bagian tempat
diletakkannya sebuah bata, lalu aku datang dan menyempurnakan bagian
tersebut.
Imam Muslim meriwayatkannya dari Abu Bakar ibnu Abu Syaibah dan Abu Kuraib
yang keduanya meriwayatkannya melalui Abu Mu'awiyah dengan sanad yang sama.
Hadis lain.
قَالَ
الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ، حَدَّثَنَا
مُعَاوِيَةُ بْنُ صَالِحٍ عَنْ سَعِيدِ بْنِ سُويد الْكَلْبِيِّ، عَنْ عَبْدِ
الْأَعْلَى بْنِ هِلَالٍ السُّلَمِيِّ، عَنِ العِرْباض بْنِ سَارِيَةَ قَالَ: قَالَ
النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "إِنِّي عِنْدَ اللَّهِ لَخَاتَمُ
النَّبِيِّينَ وَإِنَّ آدَمَ لمنْجَدِل فِي طِينَتِهِ."
Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abdur Rahman ibnu
Mahdi, telah menceritakan kepada kami Mu'awiyah ibnu Saleh, telah menceritakan
kepada kami Sa'id ibnu Suwaid Al-Kalbi, dari Abdul A'la ibnu Hilal As-Sulami,
dari Al-Irbad ibnu Sariyah r.a. yang mengatakan bahwa Nabi Saw. pernah bersabda
kepadanya: Sesungguhnya aku benar-benar telah dicatat di sisi Allah sebagai
penutup para nabi, sedangkan Adam benar-benar masih berbentuk tanah
liatnya.
Hadis lain.
قَالَ
الزُّهْرِيُّ: أَخْبَرَنِي مُحَمَّدِ بْنِ جُبَيْرِ بْنِ مُطْعِمٍ، عَنْ أَبِيهِ،
رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ يَقُولُ: "إِنَّ لِي أَسْمَاءٌ: أَنَا مُحَمَّدٌ، وَأَنَا أَحْمَدُ،
وَأَنَا الْمَاحِي الَّذِي يَمْحُو اللَّهُ تَعَالَى بِيَ الْكُفْرَ، وَأَنَا
الْحَاشِرُ الَّذِي يُحْشَرُ النَّاسُ عَلَى قَدَمِي، وَأَنَا الْعَاقِبُ الَّذِي
لَيْسَ بَعْدَهُ نَبِيٌّ."
Az-Zuhri mengatakan, telah menceritakan kepadaku Muhammad ibnu Jubair ibnu
Mut'im, dari ayahnya yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda:
Sesungguhnya aku mempunyai beberapa nama: Akulah Muhammad, akulah Ahmad,
akulah Al-Mahi yang artinya Allah menghapuskan kekufuran melaluiku, akulah
Al-Hasyir yang artinya manusia digiring di bawah kedua telapak kakiku; dan
akulah Al-Aqib yang artinya tidak ada nabi lagi sesudahku.
Hadis ini diketengahkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim di dalam kitab
sahih masing-masing.
قَالَ
الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ إِسْحَاقَ، حَدَّثَنَا ابْنُ
لَهِيعة، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ هُبَيْرة، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ
جُبَيْرٍ قَالَ: سَمِعْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عَمْرٍو يَقُولُ: خَرَجَ عَلَيْنَا
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمًا كَالْمُوَدِّعِ،
فَقَالَ: "أَنَا مُحَمَّدٌ النَّبِيُّ الْأُمِّيُّ -ثَلَاثًا -وَلَا نَبِيَّ
بَعْدِي، أُوتِيتُ فَوَاتِحَ الْكَلِمِ وَجَوَامِعَهُ وَخَوَاتِمَهُ، وَعَلِمْتُ
كَمْ خَزَنَةُ النَّارِ وَحَمَلَةُ الْعَرْشِ، وَتُجُوِّزَ بِي، وعُوفيتُ وعُوفيتْ
أُمَّتِي؛ فَاسْمَعُوا وَأَطِيعُوا مَا دُمْتُ فِيكُمْ، فَإِذَا ذُهب بِي
فَعَلَيْكُمْ بِكِتَابِ اللَّهِ، أَحِلُّوا حَلَالَهُ، وَحَرِّمُوا
حَرَامَهُ".
Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Yahya ibnu Ishaq, telah
menceritakan kepada kami Ibnu Lahi'ah, dari Abdullah ibnu Hubairah, dari Abdur
Rahman ibnu Jubair yang mengatakan bahwa ia pernah mendengar Abdullah ibnu Amr
menceritakan hadis berikut, bahwa pada suatu hari Rasulullah Saw. keluar menemui
kami seakan-akan seperti seseorang yang hendak mengucapkan selamat tinggal, lalu
beliau Saw. bersabda: Akulah Muhammad Nabi yang ummi -sebanyak tiga kali-
tidak ada nabi lagi sesudahku; aku dianugerahi semua pembuka, semua gabungan dan
semua penutup kalimah-kalimah. Aku mengetahui berapa banyak juru kunci neraka
dan para malaikat pemikul 'Arasy Dan aku dibawa melewati (sirat), aku
diselamatkan dan umatku juga diselamatkan. Maka dengarkanlah dan taatilah selagi
aku masih berada di antara kalian. Dan apabila aku sudah tiada, berpegang
teguhlah kalian kepada Kitabullah; halalkanlah apa yang dihalalkannya dan
haramkanlah apa yang diharamkannya.
Imam Ahmad meriwayatkannya secara tunggal.
Imam Ahmad telah meriwayatkannya pula melalui Yahya ibnu Ishaq, dari Ibnu
Lahi'ah, dari Abdullah ibnu Hubairah, dari Abdullah ibnu Syuraih Al-Khaulani,
dari Abu Qais maula Amr ibnul 'As, dari Abdullah ibnu Amr r.a., lalu disebutkan
hadis yang semisal.
Hadis-hadis lain yang semisal dengan ini cukup banyak.
Termasuk rahmat Allah kepada hamba-hamba-Nya ialah Dia mengutus Muhammad Saw.
kepada mereka. Kemudian termasuk penghormatan dari-Nya kepada mereka ialah Dia
menutup para nabi dan para rasul dengan Nabi Muhammad Saw., dan Allah telah
menyempurnakan agama-Nya yang hanif melalui Nabi Muhammad Saw.
Allah Swt. telah memberitakan di dalam Kitab-Nya dan melalui lisan Rasul-Nya
(yaitu sunnahnya yang mutawatir) bahwa tidak ada nabi lagi sesudahnya.
Dinyatakannya hal ini agar mereka mengetahui bahwa barang siapa yang
mengaku-ngaku dirinya menyandang gelar ini sesudah ia tiada, maka dia adalah
seorang pendusta, pembual, pemalsu, sesat, dan menyesatkan. Sekalipun orang yang
mengaku-ngaku menjadi nabi atau rasul itu dapat mengeluarkan berbagai macam
perkara yang bertentangan dengan hukum alam, atau mendatangkan berbagai macam
sihir, sulap, dan magis; maka semuanya itu kesesatan belaka menurut orang-orang
yang mempunyai akal. Sebagaimana yang telah diberikan oleh Allah kepada Al-Aswad
Al-Anasi dan Musailamah Al-Kazzab di Yamamah, yaitu berupa berbagai macam
keadaan yang merusak dan kata-kata yang dingin, yang semuanya itu diketahui oleh
setiap orang yang mempunyai akal sehat dan pandangan hati serta pengertian yang
benar, bahwa keduanya pendusta lagi sesat; semoga Allah melaknat keduanya.
Demikian pula halnya setiap orang yang mengaku-ngaku hal tersebut sampai hari
kiamat, hingga orang terakhir mereka, yaitu Al-Masihud Dajjal. Setiap orang dari
kalangan para pendusta itu dengan berbagai macam perkara yang diciptakan oleh
Allah untuknya, semuanya telah diketahui oleh para ulama dan orang-orang mukmin,
bahwa orang yang mendatangkan hal seperti itu adalah pendusta. Hal ini pun
merupakan salah satu dari belas kasihan Allah terhadap makhluk-Nya. Sesungguhnya
mereka yang berperilaku demikian pada kenyataannya tidak pernah memerintahkan
kepada kebajikan, tidak pula mencegah perkara yang mungkar, melainkan hanya
secara kebetulan saja, atau mereka sengaja melakukannya untuk tujuan-tujuan lain
yang tertentu. Karena itulah maka mereka sangat parah dalam kedustaan dan
kedurhakaannya, baik dalam ucapan maupun perbuatannya, sebagaimana yang
disebutkan oleh Allah Swt. melalui firman-Nya:
{هَلْ
أُنَبِّئُكُمْ عَلَى مَنْ تَنزلُ الشَّيَاطِينُ * تَنزلُ عَلَى كُلِّ أَفَّاكٍ
أَثِيمٍ}
Apakah akan Aku beritakan kepadamu, kepada siapa setan-setan itu turun?
Mereka turun kepada tiap-tiap pendusta lagi yang banyak dosa. (Asy-Syu'ara:
221-222)
Lain halnya dengan keadaan para nabi, karena sesungguhnya mereka sangat prima
dalam hal kebajikan, kebenaran, kejujuran, istiqamah, dan keadilan dalam semua
ucapan dan perbuatan mereka. Mereka selalu memerintahkan kepada kebajikan dan
melarang kemungkaran, selain itu mereka didukung oleh berbagai macam mukjizat
yang gamblang dan bukti-bukti yang sangat jelas yang menunjukkan akan kebenaran
mereka. Semoga salawat dan salam Allah tercurahkan buat mereka selama-lamanya
selama masih ada langit dan bumi.