Tafsir Surat Al-'Ankabut, ayat 16-18
{وَإِبْرَاهِيمَ
إِذْ قَالَ لِقَوْمِهِ اعْبُدُوا اللَّهَ وَاتَّقُوهُ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ
كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ (16) إِنَّمَا تَعْبُدُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ أَوْثَانًا
وَتَخْلُقُونَ إِفْكًا إِنَّ الَّذِينَ تَعْبُدُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ لَا
يَمْلِكُونَ لَكُمْ رِزْقًا فَابْتَغُوا عِنْدَ اللَّهِ الرِّزْقَ وَاعْبُدُوهُ
وَاشْكُرُوا لَهُ إِلَيْهِ تُرْجَعُونَ (17) وَإِنْ تُكَذِّبُوا فَقَدْ كَذَّبَ
أُمَمٌ مِنْ قَبْلِكُمْ وَمَا عَلَى الرَّسُولِ إِلا الْبَلاغُ الْمُبِينُ (18)
}
Dan (ingatlah) Ibrahim, ketika ia berkata kepada kaumnya,
"Sembahlah olehmu Allah dan bertakwalah kepada-Nya. Yang demikian itu adalah
lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Sesungguhnya apa yang kamu sembah selain
Allah itu adalah berhala, dan kamu membuat dusta. Sesungguhnya yang kamu sembah
selain Allah itu tidak mampu memberikan rezeki kepadamu; maka mintalah rezeki
itu di sisi Allah, dan sembahlah Dia dan bersyukurlah kepada-Nya. Hanya
kepada-Nyalah kamu akan dikembalikan. Dan jika kamu (orang kafir)
mendustakan, maka umat sebelum kamu juga telah mendustakan. Dan kewajiban
rasul itu tidak lain hanyalah menyampaikan (agama Allah) dengan
seterang-terangnya.”
Allah Swt. menceritakan perihal hamba dan rasul-Nya serta kekasihnya (yaitu
Nabi Ibrahim, imam para hunafa), bahwa dia menyeru kaumnya untuk menyembah Allah
semata, tiada sekutu bagi-Nya; dan mengikhlaskan diri hanya kepada-Nya dalam
bertakwa; mencari rezeki dari-Nya semata, tiada sekutu bagi-Nya; serta
mengesakan-Nya dalam bersyukur, karena sesungguhnya hanya kepada-Nyalah
dipanjatkan rasa syukur atas sernua nikmat, tiada yang berhak menerimanya selain
Dia. Untuk itu Ibrahim a.s. berkata kepada kaumnya, sebagaimana yang disitir
oleh firman-Nya:
{اعْبُدُوا
اللَّهَ وَاتَّقُوهُ}
Sembahlah Allah olehmu dan bertakwalah kepada-Nya. (Al-'Ankabut:
16)
Artinya, ikhlaskanlah diri kalian hanya kepada-Nya dalam beribadah dan
takut.
{ذَلِكُمْ
خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ}
Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.
(Al-'Ankabut: 16)
Yakni apabila kalian melakukan hal tersebut, niscaya kalian akan beroleh
kebaikan di dunia dan akhirat, dan akan terhindarlah kalian dari kejahatan di
dunia dan akhirat.
Selanjutnya Allah Swt. memberitahukan bahwa berhala-berhala yang mereka
sembah itu tidak dapat menimpakan mudarat dan tidak pula memberikan manfaat.
Berhala-berhala itu tiada lain hanyalah buat-buatan kalian belaka, lalu kalian
memberinya nama-nama sebagai tuhan-tuhan buatan. Sesungguhnya berhala-berhala
itu hanyalah makhluk, sama halnya dengan kalian. Demikianlah menurut apa yang
diriwayatkan oleh Al-Aufi, dari Ibnu Abbas, dan hal yang sama dikatakan oleh
As-Saddi dan Mujahid.
Al-Walibi telah meriwayatkan dari Ibnu Abbas, bahwa lafaz takhluquna
dibaca tasna una, yang artinya 'kalianlah yang memahatnya, lalu
menjadikannya sebagai patung-patung (berhala-berhala).' Hal yang sama dikatakan
oleh Mujahid dalam suatu riwayatnya, juga oleh Ikrimah, Al-Hasan, Qatadah, dan
lain-lainnya, lalu dipilih oleh Ibnu Jarir rahimahullah, yakni
berhala-berhala itu tidak memiliki rezeki bagi kalian.
{فَابْتَغُوا
عِنْدَ اللَّهِ الرِّزْقَ}
maka mintalah rezeki itu di sisi Allah. (Al-'Ankabut: 17)
Ungkapan ini merupakan ungkapan Hasr yang paling kuat. Pengertian
Hasr-nya sama dengan apa yang terdapat di dalam firman-Nya:
{إِيَّاكَ
نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ}
Hanya kepada Engkaulah kami menyembah, dan hanya kepada Engkaulah kami
memohon pertolongan. (Al-Fatihah: 5)
Dan firman Allah Swt:
{رَبِّ
ابْنِ لِي عِنْدَكَ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ}
Ya Tuhanku, bangunlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam surga.
(At-Tahrim: 11)
Karena itulah dalam surat ini disebutkan oleh firman-Nya: maka mintalah
rezeki itu di sisi Allah. (Al-'Ankabut: 17) Yaitu mintalah rezeki itu kepada
Allah, bukan pada selain-Nya, karena sesungguhnya selain Allah tidak memiliki
sesuatu apa pun.
{وَاعْبُدُوهُ
وَاشْكُرُوا لَهُ}
dan sembahlah Dia dan bersyukurlah kepada-Nya. (Al-'Ankabut: 17)
Artinya, makanlah sebagian dari rezeki-Nya, sembahlah Dia semata serta
bersyukurlah kepada-Nya atas semua nikmat yang telah Dia limpahkan kepada
kalian.
{إِلَيْهِ
تُرْجَعُونَ}
Hanya kepada-Nyalah kamu dikembalikan. (Al-'Ankabut: 17)
Yakni kelak di hari kiamat, lalu Dia akan membalas setiap orang dengan
balasan yang sesuai dengan amal perbuatannya.
Firman Allah Swt.:
{وَإِنْ
تُكَذِّبُوا فَقَدْ كَذَّبَ أُمَمٌ مِنْ قَبْلِكُمْ}
Dan jika kamu (orang kafir) mendustakan, maka umat yang sebelum kamu
juga telah mendustakan. (Al-'Ankabut: 18)
Yakni telah sampai kepadamu berita azab dan pembalasan yang menimpa mereka
karena melanggar perintah rasul-rasul.
{وَمَا
عَلَى الرَّسُولِ إِلا الْبَلاغُ الْمُبِينُ}
Dan kewajiban rasul-rasul itu, tidak lain hanyalah menyampaikan
(agama Allah) dengan sejelas-jelasnya. (Al-'Ankabut: 18)
Yakni tiada lain tugas rasul hanya menyampaikan kepadamu apa yang
diperintahkan oleh Allah untuk menyampaikannya yaitu risalah. Dan Allah
menyesatkan siapa yang dikehendaki-Nya serta menunjuki siapa yang
dikehendaki-Nya. Oleh karena itu berbuatlah dengan rajin untuk kemanfaatan
dirimu agar kamu menjadi orang-orang yang berbahagia.
Qatadah mengatakan sehubungan dengan firman-Nya: Dan jika kamu (orang
kafir) mendustakan, maka umat yang sebelum kamu juga telah mendustakan.
(Al-'Ankabut: 18) Menurut Qatadah, ayat ini mengandung makna yang menghibur
hati Nabi Saw. yang berarti bahwa kalimat ini terpisah dari kalimat pertama, dan
kedudukannya sebagai kalimat sisipan sampai dengan firman-Nya: Maka tidak
adalah jawaban kaumnya. (Al-'Ankabut: 24)
Hal yang sama telah dinaskan oleh Ibnu Jarir. Tetapi makna lahiriah konteks
ayat menunjukkan bahwa seluruhnya merupakan perkataan Nabi Ibrahim a.s. yang
sedang mengemukakan alasannya untuk membuktikan adanya hari akhirat, karena
sesudahnya terdapat firman-Nya:
{فَمَا
كَانَ جَوَابَ قَوْمِهِ}
Maka tidak adalah jawaban kaum Ibrahim. (Al-'Ankabut: 24)