Tafsir Surat Yusuf, ayat 109
{وَمَا
أَرْسَلْنَا مِنْ قَبْلِكَ إِلا رِجَالا نُوحِي إِلَيْهِمْ مِنْ أَهْلِ الْقُرَى
أَفَلَمْ يَسِيرُوا فِي الأرْضِ فَيَنْظُرُوا كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الَّذِينَ
مِنْ قَبْلِهِمْ وَلَدَارُ الآخِرَةِ خَيْرٌ لِلَّذِينَ اتَّقَوْا أَفَلا
تَعْقِلُونَ (109) }
Kami tidak mengutus sebelum kamu, melainkan
orang laki-laki yang Kami berikan wahyu kepadanya di antara penduduk kota. Maka
tidakkah mereka bepergian di muka bumi, lalu melihat bagaimana kesudahan
orang-orang sebelum mereka (yang
mendustakan rasul) dan sesungguhnya kampung akhirat adalah lebih baik bagi
orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kalian memikirkannya?
Allah Swt. memberitahukan bahwa sesungguhnya Dia mengutus rasul-rasul-Nya
hanyalah dari kalangan kaum laki-laki, bukan kaum wanita. Demikianlah menurut
pendapatjumhur ulama, seperti yang ditunjukkan oleh konteks ayat yang mulia ini.
Disebutkan bahwa Allah Swt. tidak memberikan wahyu kepada seorang wanita pun
dari kalangan anak Adam, yaitu wahyu yang mengandung hukum.
Sebagian di antara ulama menduga bahwa Sarah (istri Nabi Ibrahim), ibu Nabi
Musa, dan Maryam binti Imran (ibu Nabi Isa) adalah nabi-nabi wanita. Mereka yang
mengatakan demikian berpegangan kepada dalil yang mengatakan bahwa para malaikat
telah menyampaikan berita gembira akan kelahiran Ishaq kepada Sarah, dan sesudah
Ishaq akan dilahirkan pula Ya'qub. Demikian pula dalam Firman Allah Swt. yang
mengatakan:
{وَأَوْحَيْنَا
إِلَى أُمِّ مُوسَى أَنْ أَرْضِعِيهِ}
Dan Kami ilhamkan kepada ibu Musa, "Susukanlah dia. (Al-Qashash: 7),
hingga akhir ayat.
Dalil lain, malaikat datang kepada Maryam, lalu menyampaikan berita gembira
akan kelahiran Isa kepadanya. Dalam hal ini Allah Swt. berfirman:
{وَإِذْ
قَالَتِ الْمَلائِكَةُ يَا مَرْيَمُ إِنَّ اللَّهَ اصْطَفَاكِ وَطَهَّرَكِ
وَاصْطَفَاكِ عَلَى نِسَاءِ الْعَالَمِينَ يَا مَرْيَمُ اقْنُتِي لِرَبِّكِ
وَاسْجُدِي وَارْكَعِي مَعَ الرَّاكِعِينَ}
Dan (ingatlah) ketika Malaikat (Jibril) berkata, "Hai
Maryam, sesungguhnya Allah telah memilih kamu, menyucikan kamu, dan melebihkan
kamu atas segala wanita di dunia (yang semasa dengan kamu). Hai Maryam,
taatlah kepada Tuhanmu, sujud, dan rukuklah bersama orang-orang yang rukuk.”
(Ali Imran: 42-43)
Kedudukan itu memang diterima oleh mereka, tetapi bukan berarti bahwa mereka
adalah nabi-nabi wanita. Apabila orang yang mengatakan demikian (bahwa mereka
adalah nabi-nabi wanita) bermaksud dengan kedudukan itu sebagai kedudukan yang
terhormat, maka tidak diragukan lagi kebenarannya. Timbul suatu pertanyaan,
apakah dengan kedudukan ini sudah cukup dapat dianggap ke dalam kategori
kenabian ataukah tidak?
Menurut pendapat ahli sunnah wal jamaah yang dinukil oleh Syekh Abul
Hasan Ali ibnu Ismail Al-Asy'ari dari kalangan ulama ahli sunnah wal jamaah,
tidak ada wanita yang menjadi nabi, sesungguhnya yang ada pada kalangan kaum
wanita hanyalah sampai pada kedudukan siddiqah, seperti yang disebutkan
oleh Allah Swt. ketika menceritakan wanita yang paling mulia—yaitu Maryam binti
Imran— melalui firman-Nya:
{مَا
الْمَسِيحُ ابْنُ مَرْيَمَ إِلا رَسُولٌ قَدْ خَلَتْ مِنْ قَبْلِهِ الرُّسُلُ
وَأُمُّهُ صِدِّيقَةٌ كَانَا يَأْكُلانِ الطَّعَامَ}
Al-Masih putra Maryam itu hanyalah seorang rasul yang sesungguhnya telah
berlalu sebelumnya beberapa rasul, dan ibunya seorang yang sangat benar
(siddiqah), kedua-duanya biasa memakan makanan. (Al-Maidah: 75)
Allah menyebutkan kedudukannya yang sangat terhormat dan mulia, yaitu wanita
yang siddiqah. Seandainya Maryam adalah seorang nabi wanita, tentulah hal
ini disebutkan; karena konteks kalimat dalam kaitan menyebutkan kedudukannya
yang amat mulia dan terhormat. Akan tetapi, yang disebutkan hanyalah 'dia adalah
seorang siddiqah'.
Ad-Dahhak telah mengatakan dari Ibnu Abbas sehubungan dengan makna
firman-Nya: Kami tidak mengutus sebelum kamu, melainkan orang laki-laki.
(Yusuf: 109), hingga akhir ayat. Yakni bukanlah dari kalangan penduduk
langit (malaikat) seperti yang kalian katakan.
Pendapat dari Ibnu Abbas ini diperkuat oleh firman-firman Allah Swt. yang
mengatakan:
{وَمَا
أَرْسَلْنَا قَبْلَكَ مِنَ الْمُرْسَلِينَ إِلا إِنَّهُمْ لَيَأْكُلُونَ الطَّعَامَ
وَيَمْشُونَ فِي الأسْوَاقِ}
Dan Kami tidak mengutus rasul-rasul sebelummu, melainkan mereka sungguh
memakan makanan dan berjalan di pasar-pasar. (Al-Furqan: 20), hingga akhir
ayat.
{وَمَا
جَعَلْنَاهُمْ جَسَدًا لَا يَأْكُلُونَ الطَّعَامَ وَمَا كَانُوا خَالِدِينَ ثُمَّ
صَدَقْنَاهُمُ الْوَعْدَ فَأَنْجَيْنَاهُمْ وَمَنْ نَشَاءُ وَأَهْلَكْنَا
الْمُسْرِفِينَ}
Dan tidaklah Kami jadikan mereka tubuh-tubuh yang tiada memakan makanan,
dan tidak (pula) mereka itu orang-orang yang kekal. Kemudian Kami tepati janji
(yang telah Kami janjikan) kepada mereka. Maka Kami selamatkan mereka dan
orang-orang yang Kami kehendaki dan Kami binasakan orang-orang yang melampaui
batas. (Al-Anbiya: 8-9)
{قُلْ
مَا كُنْتُ بِدْعًا مِنَ الرُّسُلِ} الْآيَةَ
Katakanlah, "Aku bukanlah rasul yang pertama di antara rasul-rasul.”
(Al-Ahqaf: 9), hingga akhir ayat.
*******************
Adapun firman Allah Swt.:
{مِنْ
أَهْلِ الْقُرَى}
di antara penduduk kota. (Yusuf: 109)
Yang dimaksud dengan istilah qura ialah kota, bukan daerah pedalaman
yang penduduknya adalah orang-orang yang kasar watak dan akhlaknya. Hal ini
telah dimaklumi, bahwa penduduk kota itu mempunyai watak yang lebih lemah lembut
ketimbang penduduk daerah pedalaman. Dan orang-orang yang tinggal di daerah yang
ramai lebih mudah untuk diajak berkomunikasi daripada orang-orang yang tinggal
di daerah pedalaman. Karena itulah Allah Swt. menyebutkan dalam firman-Nya:
{الأعْرَابُ
أَشَدُّ كُفْرًا وَنِفَاقًا وَأَجْدَرُ أَلا يَعْلَمُوا حُدُودَ مَا أَنزلَ اللَّهُ
عَلَى رَسُولِهِ}
Orang-orang Arab Badui itu lebih sangat kekafiran dan kemunafikannya.
(At-Taubah: 97), hingga akhir ayat.
Qatadah telah mengatakan sehubungan dengan firman Allah Swt.: di antara
penduduk kota. (Yusuf: 109) Bahwa demikian itu karena mereka lebih
berpengetahuan dan lebih penyantun ketimbang orang-orang yang tinggal di daerah
pedalaman.
Di dalam sebuah hadis disebutkan bahwa seorang lelaki dari kalangan penduduk
daerah pedalaman menghadiahkan seekor unta kepada Rasulullah Saw. Maka
Rasulullah Saw. terus-menerus membalas hadiahnya dengan memberinya yang lebih
banyak hingga orang Badui itu puas. Lalu Nabi Saw. bersabda:
"لَقَدْ
هَمَمْتُ أَلَّا أَتَّهِبَ هِبَةً إِلَّا مِنْ قُرَشِيٍّ، أَوْ أَنْصَارِيٍّ، أَوْ
ثَقَفِيٍّ، أَوْ دَوْسِي".
Sesungguhnya aku berniat bahwa aku tidak mau menerima pemberian kecuali
dari orang Quraisy atau orang Ansar atau ' orang Saqafi atau orang
Dausi.
قَالَ
الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا حَجَّاجٌ، حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ الْأَعْمَشِ،
عَنْ يَحْيَى بْنِ وَثَّابٍ، عَنْ شَيْخٍ
مِنْ
أَصْحَابِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -قَالَ الْأَعْمَشُ:
هُوَ [ابْنُ] عُمَرَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ
قَالَ: "الْمُؤْمِنُ الَّذِي يُخَالِطُ النَّاسَ وَيَصْبِرُ عَلَى أَذَاهُمْ،
خَيْرٌ مِنَ الَّذِي لَا يُخَالِطُهُمْ وَلَا يَصْبِرُ عَلَى
أَذَاهُمْ".
Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Hajjaj, telah
menceritakan kepada kami Syu'bah, dari Al-A'masy, dari Yahya ibnu Wassab, dari
seorang syekh dari kalangan sahabat Rasulullah Saw. yang menurut Al-A'masy
adalah [Ibnu] Umar, dari Nabi Saw. yang telah bersabda: Orang mukmin yang
bergaul dengan manusia dan bersabar menghadapi gangguan, mereka adalah lebih
baik daripada orang mukmin yang tidak bergaul dengan mereka dan tidak pula sabar
terhadap gangguan mereka.
*******************
Firman Allah Swt.:
{أَفَلَمْ
يَسِيرُوا فِي الأرْضِ}
Maka tidakkah mereka bepergian di muka bumi. (Yusuf: 109)
Yakni orang-orang yang mendustakan kamu, hai Muhammad, mengapa mereka tidak
bepergian di muka bumi.
{فَيَنْظُرُوا
كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ}
lalu melihat bagaimana kesudahan orang-orang yang sebelum mereka.
(Yusuf: 109)
dari kalangan umat-umat terdahulu yang mendustakan rasul-rasul, bagaimana
Allah membinasakan mereka dan orang-orang kafir yang semisal dengan mereka.
Makna ayat ini semisal dengan ayat lain yang disebutkan oleh firman-Nya:
{أَفَلَمْ
يَسِيرُوا فِي الأرْضِ فَتَكُونَ لَهُمْ قُلُوبٌ يَعْقِلُونَ بِهَا أَوْ آذَانٌ
يَسْمَعُونَ بِهَا فَإِنَّهَا لَا تَعْمَى الأبْصَارُ وَلَكِنْ تَعْمَى الْقُلُوبُ
الَّتِي فِي الصُّدُورِ}
Maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai hati
yang dengan itu mereka dapat memahami. (Al-Hajj: 46), hingga akhir ayat.
Apabila mereka mendengar berita itu, tentulah mereka berpikir bahwa Allah
telah membinasakan orang-orang kafir dan menyelamatkan orang-orang mulariin.
Itulah ketentuan hukum Allah pada makhluk-Nya. Karena itulah disebutkan dalam
firman-Nya:
{وَلَدَارُ
الآخِرَةِ خَيْرٌ لِلَّذِينَ اتَّقَوْا}
dan sesungguhnya kampung akhirat adalah lebih baik bagi orang-orang yang
bertakwa. (Yusuf: 109)
Dengan kata lain, sebagaimana Kami selamatkan orang-orang mukmin di dunia
ini, demikian pula Kami tetapkan keselamatan bagi mereka di dalam kehidupan
akhirat nanti; dan kehidupan akhirat itu jauh lebih baik daripada kehidupan di
dunia bagi mereka. Ayat ini semakna dengan firman-Nya yang mengatakan:
{إِنَّا
لَنَنْصُرُ رُسُلَنَا وَالَّذِينَ آمَنُوا فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَيَوْمَ
يَقُومُ الأشْهَادُ يَوْمَ لَا يَنْفَعُ الظَّالِمِينَ مَعْذِرَتُهُمْ وَلَهُمُ
اللَّعْنَةُ وَلَهُمْ سُوءُ الدَّارِ}
Sesungguhnya Kami menolong rasul-rasul Kami dan orang-orang yang beriman
dalam kehidupan dunia dan pada hari berdirinya saksi-saksi (hari kiamat),
(yaitu) hari yang tidak berguna bagi orang-orang zalim permintaan maafnya
dan bagi merekalah laknat, dan bagi merekalah tempat tinggal yang buruk.
(Al-Mu’min: 51-52)
Lafaz ad-dar di-mudaf-kan kepada lafaz al-akhirah. Untuk itu
disebutkan:
{وَلَدَارُ
الآخِرَةِ}
dan sesungguhnya kampung akhirat. (Yusuf: 109)
Perihalnya sama dengan idafah yang ada pada lafaz "صَلَاةُ
الْأُولَى",
مَسْجِدُ
الْجَامِعِ,
"عَامُ
الْأَوَّلِ",
بَارِحَةُ
الْأُولَى, dan يَوْمُ
الْخَمِيسِ.
Seorang penyair mengatakan:
أَتَمْدَحُ
فَقْعَسًا وَتذمّ عَبْسًا ...
أَلَا لِلَّهِ أمَّكَ مِنْ هَجين ...
وَلو
أقْوتْ عَلَيك ديارُ عَبْسٍ ...
عَرَفْتَ الذُّلَّ عرْفانَ اليَقين
Apakah engkau memuji Faq'asan dan
mencela Abs?
Demi Allah, cegahlah kamu dari
mencela,
seandainya aku ajak kamu keliling ke
rumah-rumah Abs,
tentulah kamu mengetahui kehinaan
(yang ada padanya)
dengan pengetahuan yang meyakinkan.