Tafsir Surat Maryam, ayat 58
{أُولَئِكَ
الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ مِنْ ذُرِّيَّةِ آدَمَ
وَمِمَّنْ حَمَلْنَا مَعَ نُوحٍ وَمِنْ ذُرِّيَّةِ إِبْرَاهِيمَ وَإِسْرَائِيلَ
وَمِمَّنْ هَدَيْنَا وَاجْتَبَيْنَا إِذَا تُتْلَى عَلَيْهِمْ آيَاتُ الرَّحْمَنِ
خَرُّوا سُجَّدًا وَبُكِيًّا (58) }
Mereka itu adalah orang-orang yang telah diberi
nikmat oleh Allah, yaitu para nabi dari keturunan Adam, dan dari orang-orang
yang Kami angkat bersama Nuh, dan dari keturunan Ibrahim dan Israil, dan dari
orang-orang yang telah Kami beri petunjuk dan telah Kami pilih. Apabila
dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pemurah kepada mereka, maka mereka
menyungkur dengan bersujud dan menangis.
Allah Swt. menyebutkan bahwa para nabi itu tidak terbatas hanya nabi-nabi
yang disebutkan dalam surat ini saja, melainkan semua nabi. Hal ini merupakan
kebiasaan dalam bahasa Arab dengan menyebutkan beberapa orang, sedangkan makna
yang dimaksud ialah predikatnya. Bahwa mereka itu:
{الَّذِينَ
أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ مِنْ ذُرِّيَّةِ
آدَمَ}
adalah orang-orang yang telah diberi nikmat oleh Allah, yaitu para nabi
dari keturunan Adam. (Maryam: 58), hingga akhir ayat.
As-Saddi mengatakan —juga Ibnu Jarir— bahwa yang dimaksud dengan keturunan
Adam ialah Nabi Idris. Yang dimaksud dengan keturunan orang-orang yang Kami
angkat bersama Nuh adalah Nabi Ibrahim. Dan yang dimaksud dengan keturunan
Ibrahim ialah Ishaq, Ya'qub, dan Ismail. Sedangkan yang dimaksud dengan
keturunan Israil (Ya'qub) ialah Musa, Harun, Zakaria, Yahya, dan Isa putra
Maryam.
Ibnu Jarir mengatakan bahwa karena itulah maka nasab mereka dibedakan,
sekalipun pada garis besarnya nasab mereka terhimpun pada Adam a.s. Karena di
antara mereka terdapat orang-orang yang bukan termasuk dari keturunan
orang-orang yang diangkat bersama Nuh dalam bahteranya, yaitu Idris; karena
sesungguhnya Idris adalah kakek dari Nabi Nuh.
Menurut kami, pendapat yang dikemukakan oleh Ibnu Abu Hatim ada benarnya dan
merupakan pendapat yang terkuat, sebab Nabi Idris merupakan puncak dari nasab
Nabi Nuh a.s.
Dapat dikatakan pula bahwa sesungguhnya yang dimaksud dengan keturunan Israil
ialah nabi-nabi dari keturunan Bani Israil. Hal ini tersimpul dari hadis isra
yang menyebutkan bahwa Musa dalam salamnya kepada Nabi Saw. mengucapkan,
"Selamat datang dengan nabi yang saleh, saudara yang saleh." Ia tidak mengatakan
anak yang saleh seperti yang dikatakan oleh Adam dan Ibrahim a.s.
Ibnu Abu Hatim mengatakan, telah menceritakan kepada kami Yunus, telah
menceritakan kepada kami Ibnu Wahb, telah menceritakan kepadaku Ibnu Luhai'ah,
dari Yazid ibnu Abu Habib, dari Abdullah ibnu Umar, bahwa Nabi Idris lebih
dahulu daripada Nabi Nuh. Allah mengutusnya kepada kaumnya. Maka Idris
memerintahkan kepada mereka agar mengucapkan kalimat tauhid, yaitu: "Tidak ada
Tuhan selain Allah." Akan tetapi, kaumnya berbuat semau mereka dan tidak mau
menuruti perintah Nabi Idris, akhirnya Allah membinasakan mereka.
Di antara dalil yang memperkuat bahwa makna yang dimaksud oleh ayat ini
adalah jenis nabi, ialah bahwa ayat ini semakna dengan firman Allah Swt. di
dalam surat Al-An'am, yaitu:
{وَتِلْكَ
حُجَّتُنَا آتَيْنَاهَا إِبْرَاهِيمَ عَلَى قَوْمِهِ نَرْفَعُ دَرَجَاتٍ مَنْ
نَشَاءُ إِنَّ رَبَّكَ حَكِيمٌ عَلِيمٌ * وَوَهَبْنَا لَهُ إِسْحَاقَ وَيَعْقُوبَ
كُلا هَدَيْنَا وَنُوحًا هَدَيْنَا مِنْ قَبْلُ وَمِنْ ذُرِّيَّتِهِ دَاوُدَ
وَسُلَيْمَانَ وَأَيُّوبَ وَيُوسُفَ وَمُوسَى وَهَارُونَ وَكَذَلِكَ نَجْزِي
الْمُحْسِنِينَ * وَزَكَرِيَّا وَيَحْيَى وَعِيسَى وَإِلْيَاسَ كُلٌّ مِنَ
الصَّالِحِينَ * وَإِسْمَاعِيلَ وَالْيَسَعَ وَيُونُسَ وَلُوطًا وَكُلا فَضَّلْنَا
عَلَى الْعَالَمِينَ * وَمِنْ آبَائِهِمْ وَذُرِّيَّاتِهِمْ وَإِخْوَانِهِمْ
وَاجْتَبَيْنَاهُمْ وَهَدَيْنَاهُمْ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ}
Dan itulah hujah Kami yang Kami berikan kepada Ibrahim untuk menghadapi
kaumnya. Kami tinggikan siapa yang Kami kehendaki beberapa derajat. Sesungguhnya
Tuhanmu Mahabijaksana lagi Maha Mengetahui. Dan Kami telah menganugerahkan Ishaq
dan Ya’qub kepadanya. Kepada keduanya masing-masing telah Kami beri petunjuk,
dan kepada Nuh sebelum itu (juga) telah Kami beri petunjuk, dan kepada
sebagian dari keturunannya (Nuh), yaitu Daud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf,
Musa, dan Harun. Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang
berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang
yang saleh, dan Ismail, Alyasa', Yunus, dan Luth. Masing-masingnya Kami lebihkan
derajatnya di atas umat (di masanya), dan Kami lebihkan (pula)
derajat sebagian dari bapak-bapak mereka, keturunan mereka, dan
saudara-saudara mereka. Dan Kami telah memilih mereka (untuk menjadi
nabi-nabi dan rasul-rasul) dan Kami menunjuki mereka ke jalan yang lurus.
(Al-An'am: 83-87)
Sampai dengan firman-Nya:
{أُولَئِكَ
الَّذِينَ هَدَى اللَّهُ فَبِهُدَاهُمُ اقْتَدِهِ}
Mereka itulah orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah, maka
ikutilah petunjuk mereka. (Al-An'am: 90)
Dan firman Allah Swt. yang mengatakan:
{مِنْهُمْ
مَنْ قَصَصْنَا عَلَيْكَ وَمِنْهُمْ مَنْ لَمْ نَقْصُصْ عَلَيْكَ }
di antara mereka ada yang Kami ceritakan kepadamu dan di antara mereka ada
(pula) yang tidak Kami ceritakan kepadamu. (Al-Mu’min: 78)
Di dalam kitab Sahih Bukhari disebutkan melalui Mujahid, ia pernah
bertanya kepada Ibnu Abbas, "Apakah di dalam surat Shad terdapat ayat Sajdah?"
Maka Ibnu Abbas menjawab, "Ya." Kemudian Ibnu Abbas membacakan firman-Nya:
Mereka itulah orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah, maka
ikutilah petunjuk mereka. (Al-An'am: 90) Ibnu Abbas selanjutnya mengatakan,
"Nabi kalian adalah termasuk orang yang diperintahkan untuk mengikuti jejak
mereka." Ibnu Abbas mengatakan bahwa termasuk di antara mereka ialah Nabi Daud.
Di dalam ayat surat ini Allah Swt. berfirman:
{إِذَا
تُتْلَى عَلَيْهِمْ آيَاتُ الرَّحْمَنِ خَرُّوا سُجَّدًا
وَبُكِيًّا}
Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pemurah kepada mereka, maka
mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis. (Maryam: 58)
Yakni apabila mereka mendengar Kalamullah yang mengandung
hujah-hujah-Nya, dalil-dalil-Nya, dan bukti-bukti-Nya, maka mereka bersujud
kepada Tuhannya dengan penuh rendah diri dan ketenangan sebagai ungkapan puji
syukur mereka atas nikmat-nikmat yang telah dilimpahkanNya kepada mereka.
Bukiyyun adalah bentuk jamak dari bakin, yakni menangis. Para
ulama sepakat menetapkan dianjurkannya melakukan sujud setelah membaca ayat ini
karena mengikuti jejak mereka dan menelusuri pekerti mereka yang disebutkan
dalam ayat ini.
Sufyan As-Sauri telah meriwayatkan dari Al-A'masy, dari Ibrahim, dari Abu
Ma'mar yang mengatakan bahwa Umar ibnul Khattab r.a. membaca surat Maryam, (dan
ketika sampai pada ayat ini) lalu ia bersujud, dan ia mengatakan, "Inilah sujud,
tetapi susah melakukan tangisannya." Dia bermaksud bahwa sulit melakukan
tangisan (barangkali karena tidak adanya munasabah menangis pada ayat).
Ibnu Abu Hatim dan Ibnu Jarir telah meriwayatkan asar ini, tetapi dalam
riwayat Ibnu Jarir tidak disebutkan Abu Ma'mar menurut penglihatan kamr
(penulis), hanya Allah yang mengetahui kebenarannya.