Tafsir Surat Al-Isra, ayat 15
{مَنِ
اهْتَدَى فَإِنَّمَا يَهْتَدِي لِنَفْسِهِ وَمَنْ ضَلَّ فَإِنَّمَا يَضِلُّ
عَلَيْهَا وَلا تَزِرُ وَازِرَةٌ وِزْرَ أُخْرَى وَمَا كُنَّا مُعَذِّبِينَ حَتَّى
نَبْعَثَ رَسُولا (15) }
Barang siapa yang berbuat sesuai dengan hidayah
(Allah), maka sesungguhnya dia berbuat
itu untuk (keselamatan) dirinya sendiri; dan barang siapa yang sesat,
maka sesungguhnya dia tersesat bagi (kerugian) dirinya sendiri. Dan
seorang yang berdosa tidak dapat memikul dosa orang lain, dan Kami tidak akan
mengazab sebelum Kami mengutus seorang rasul.
Allah Swt. menyebutkan bahwa barang siapa yang berbuat sesuai dengan hidayah
Allah dan mengikuti kebenaran serta menelusuri jejak Nabi Saw. (yakni
sunnahnya), maka sesungguhnya akibat yang baik dari perbuatannya yang terpuji
itu hanyalah untuk dirinya sendiri.
{وَمَنْ
ضَلَّ}
dan barang siapa yang sesat. (Al-Isra: 15)
Yakni sesat dari kebenaran dan menyimpang dari jalan yang lurus. Maka dia
hanyalah menganiaya dirinya sendiri, dan sesungguhnya akibat buruk dari
perbuatannya itu akan menimpa dirinya sendiri.
Dalam firman selanjutnya disebutkan:
{وَلا
تَزِرُ وَازِرَةٌ وِزْرَ أُخْرَى}
Dan seorang yang berdosa tidak dapat memikul dosa orang lain.
(Al-Isra: 15)
Maksudnya, tiada seorang pun yang memikul dosa orang lain; dan bagi orang
yang berdosa, tiada lain akibatnya akan menimpa dirinya sendiri. Ayat ini
semisal dengan apa yang disebutkan oleh Allah Swt. dalam ayat lain melalui
firman-Nya:
{وَإِنْ
تَدْعُ مُثْقَلَةٌ إِلَى حِمْلِهَا لَا يُحْمَلْ مِنْهُ شَيْءٌ}
Dan jika seseorang yang berat dosanya memanggil (orang lain) untuk
memikul dosa itu, tiadalah akan dipikulkan untuknya sedikitpun. (Fathir:
18)
Tidak ada pertentangan antara makna ayat ini dengan apa yang disebutkan oleh
firman-Nya:
{وَلَيَحْمِلُنَّ
أَثْقَالَهُمْ وَأَثْقَالا مَعَ أَثْقَالِهِمْ}
Dan sesungguhnya mereka akan memikul beban (dosa) mereka dan
beban-beban (dosa orang lain) di samping beban-beban mereka sendiri.
(Al-'Ankabut: 13)
{وَمِنْ
أَوْزَارِ الَّذِينَ يُضِلُّونَهُمْ بِغَيْرِ عِلْمٍ}
dan sebagian dosa-dosa orang yang mereka sesatkan yang tidak mengetahui
sedikit pun (bahwa mereka disesatkan). (An-Nahl: 25)
Karena sesungguhnya orang-orang yang menyeru orang lain kepada kesesatan akan
memperoleh dosanya sendiri dan juga dosa orang lain yang mereka sesatkan, tanpa
mengurangi dosa mereka yang disesatkannya. Tetapi para penyeru itu bukanlah
sebagai penanggung dosa mereka yang disesatkannya. Hal ini merupakan keadilan
dan rahmat dari Allah kepada hamba-hamba-Nya. Pengertian ini terkandung pula di
dalam firman selanjutnya, yaitu:
{وَمَا
كُنَّا مُعَذِّبِينَ حَتَّى نَبْعَثَ رَسُولا}
Dan Kami tidak akan mengazab sebelum Kami mengutus seorang rasul.
(Al-Isra: 15)
Makna ayat ini menggambarkan tentang keadilan Allah Swt., bahwa Dia tidak
akan mengazab seorang pun melainkan setelah tegaknya hujah terhadap dirinya
melalui rasul yang diutus oleh Allah kepadanya. Di dalam ayat yang lain
disebutkan oleh firman-Nya:
{كُلَّمَا
أُلْقِيَ فِيهَا فَوْجٌ سَأَلَهُمْ خَزَنَتُهَا أَلَمْ يَأْتِكُمْ نَذِيرٌ قَالُوا
بَلَى قَدْ جَاءَنَا نَذِيرٌ فَكَذَّبْنَا وَقُلْنَا مَا نزلَ اللَّهُ مِنْ شَيْءٍ
إِنْ أَنْتُمْ إِلا فِي ضَلالٍ كَبِيرٍ}
Setiap kali dilemparkan ke dalamnya sekumpulan (orang-orang kafir),
penjaga-penjaga (neraka itu) bertanya kepada mereka, "Apakah belum
pernah datang kepada kalian (di dunia) seorang pemberi peringatan?”
Mereka menjawab, "Benar ada. Sesungguhnya lelah datang kepada kami seorang
pemberi peringatan, maka kami mendustakannya) dan kami katakan, 'Allah tidak
menurunkan sesuatu pun, kalian tidak lain hanyalah di dalam kesesatan yang
besar'.” (Al-Mulk: 8-9)
Disebutkan pula dalam ayat lainnya melalui firman Allah Swt.:
{وَسِيقَ
الَّذِينَ كَفَرُوا إِلَى جَهَنَّمَ زُمَرًا حَتَّى إِذَا جَاءُوهَا فُتِحَتْ
أَبْوَابُهَا وَقَالَ لَهُمْ خَزَنَتُهَا أَلَمْ يَأْتِكُمْ رُسُلٌ مِنْكُمْ
يَتْلُونَ عَلَيْكُمْ آيَاتِ رَبِّكُمْ وَيُنْذِرُونَكُمْ لِقَاءَ يَوْمِكُمْ هَذَا
قَالُوا بَلَى وَلَكِنْ حَقَّتْ كَلِمَةُ الْعَذَابِ عَلَى
الْكَافِرِينَ}
Orang-orang kafir dibawa ke neraka Jahannam berombong-rombongan, sehingga
apabila mereka sampai ke neraka itu dibukakanlah pintu-pintunya, dan berkatalah
kepada mereka penjaga-penjaganya, "Apakah belum pernah datang kepada kalian
rasul-rasul di antara kalian yang membacakan ayat-ayat Tuhan kalian dan
memperingatkan kepada kalian akan pertemuan dengan hari ini.” Mereka menjawab,
"Benar, telah datang.” Tetapi telah pasti berlaku ketetapan azab terhadap
orang-orang yang kafir. (Az-Zumar: 71)
{وَهُمْ
يَصْطَرِخُونَ فِيهَا رَبَّنَا أَخْرِجْنَا نَعْمَلْ صَالِحًا غَيْرَ الَّذِي
كُنَّا نَعْمَلُ أَوَلَمْ نُعَمِّرْكُمْ مَا يَتَذَكَّرُ فِيهِ مَنْ تَذَكَّرَ
وَجَاءَكُمُ النَّذِيرُ فَذُوقُوا فَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ
نَصِيرٍ}
Dan mereka berteriak di dalam neraka itu, "Ya Tuhan kami, keluarkanlah
kami, niscaya kami akan mengerjakan amal yang saleh berlainan dengan yang telah
kami kerjakan.” Dan apakah Kami tidak memanjangkan umur kalian dengan masa yang
cukup untuk berpikir bagi orang yang mau berpikir, dan (apakah tidak)
datang kepada kalian pemberi peringatan? Maka rasakanlah (azab Kami)
dan tidak ada bagi orang-orang yang zalim seorang penolong pun. (Fathir:
37)
Masih banyak ayat lain yang menunjukkan bahwa Allah tidak memasukkan seorang
manusia pun ke dalam neraka kecuali setelah Allah mengutus rasul-Nya kepada
mereka. Berangkat dari pengertian ini ada sejumlah ulama yang membahas lafaz
yang diutarakan secara mu'jamah dalam kitab Sahih Bukhari pada
pembahasan tafsir firman-Nya:
{إِنَّ
رَحْمَةَ اللَّهِ قَرِيبٌ مِنَ الْمُحْسِنِينَ}
Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.
(Al-A'raf: 56)
حَدَّثَنَا
عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ سَعْدٍ، حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ، حَدَّثَنَا أَبِي، عَنْ
صَالِحِ بْنِ كَيْسَان، عَنِ الْأَعْرَجِ بِإِسْنَادِهِ إِلَى أَبِي هُرَيْرَةَ،
عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: "اخْتَصَمَتِ الْجَنَّةُ
وَالنَّارُ" فَذَكَرَ الْحَدِيثَ إِلَى أَنْ قَالَ: "وَأَمَّا الْجَنَّةُ فَلَا
يَظْلِمُ اللَّهُ مِنْ خَلْقِهِ أَحَدًا، وَأَنَّهُ يُنْشِئُ لِلنَّارِ خَلْقًا
فَيُلْقَوْنَ فِيهَا، فَتَقُولُ: هَلْ مِنْ مَزِيدٍ؟ (2) ثَلَاثًا، وَذَكَرَ
تَمَامَ الْحَدِيثِ
Telah menceritakan kepada kami Abdullah ibnu Sa'd, telah menceritakan kepada
kami Ya'qub, telah menceritakan kepada kami ayahku, dari Saleh ibnu Kaisan, dari
Al-A'raj dengan sanadnya sampai kepada Abu Hurairah, bahwa Rasulullah Saw.
pernah bersabda, "Surga dan neraka mengadukan perkaranya (kepada Allah),"
yang antara lain di sebutkan dalam hadis ini: "Adapun surga, maka Allah tidak
berlaku aniaya terhadap seseorang pun dari kalangan makhluk-Nya. Dan
sesungguhnya Dia terus membuat makhluk untuk neraka, lalu makhluk itu
dilemparkan ke dalamnya, dan neraka berkata, "Masih adakah tambahannya,"
sebanyak tiga kali. Hingga akhir hadis.
Padahal sesungguhnya hal ini hanyalah terjadi pada surga, karena surga adalah
tempat menetapnya karunia Allah. Adapun neraka adalah tempat dilaksanakannya
keadilan Allah, tiada seorang pun yang memasukinya kecuali sesudah adanya
alasan untuk memasukinya dan telah tegaknya hujah atas orang yang
memasukinya.
Sejumlah ulama membicarakan bunyi teks hadis ini. Mereka mengatakan bahwa
barangkali perawinya mengutarakannya terbalik, sebagai buktinya ialah adanya
sebuah hadis yang diketengahkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim di dalam kitab
sahihnya masing-masing, sedangkan teks hadis berikut menurut apa yang ada pada
Imam Bukhari melalui hadis Abdur Razzaq, dari Ma'mar, dari Harnmam, dari Abu
Hurairah yang menceritakan bahwa Nabi Saw. pernah bersabda:
"تَحَاجَّتِ
الْجَنَّةُ وَالنَّارُ" فَذَكَرَ الْحَدِيثَ إِلَى أَنْ قَالَ: "فَأَمَّا النَّارُ
فَلَا تَمْتَلِئُ حَتَّى يَضَعَ فِيهَا قَدَمَهُ، فَتَقُولَ: قَطٍ، قَطٍ،
فَهُنَالِكَ تَمْتَلِئُ وَيَزْوِي بَعْضُهَا إِلَى بَعْضٍ، وَلَا يَظْلِمُ اللَّهُ
مِنْ خَلْقِهِ أَحَدًا، وَأَمَّا الْجَنَّةُ فَيُنْشِئُ اللَّهُ لَهَا
خَلْقًا"
Surga dan neraka bersengketa. Yang di dalamnya antara lain disebutkan:
Adapun neraka, maka ia tidak merasa kenyang dengan penghuninya sehingga
Allah meletakan telapak kaki kekuasaan-Nya ke dalam neraka, maka barulah neraka
berkata, "Cukup, cukup.” Saat itulah neraka penuh dan sebagian darinya
memisahkan diri dari sebagian lainnya. Dan Allah tidak berbuat aniaya terhadap
seorang pun dari makhluk-Nya. Adapun surga, sesungguhnya Allah membuatkan
baginya makhluk (yang baru).
Masih ada suatu masalah yang diperselisihkan di kalangan para imam sejak masa
dahulu hingga sekarang, yaitu mengenai dua orang anak yang meninggal dunia pada
waktu masih kecil, sedangkan orang tua mereka kafir, maka bagaimanakah hukum
mereka? Demikian pula halnya orang gila, orang tua yang pikun, orang tuli, serta
orang yang meninggal dalam masa fatrah (kekosongan dari nabi) dan dakwah
Islam masih belum sampai kepadanya. Perihal mereka disebutkan oleh hadis-hadis
yang akan kami kemukakan dengan seijin Allah, taufik, dan pertolonganNya
berikut ini. Kemudian kami sebutkan pula sebuah pasal ringkas tentang pendapat
para imam mengenai masalah ini. Hanya kepada Allahlah kami memohon
pertolongan.
Hadis pertama, dari Al-Aswad ibnu
Sari'.
قَالَ
الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ، حَدَّثَنَا مُعَاذُ
بْنُ هِشَامٍ، حَدَّثَنَا أَبِي، عَنْ قَتَادَةَ، عَنِ الْأَحْنَفِ بْنِ قَيْسٍ،
عَنِ الْأَسْوَدِ بْنِ سَرِيعٍ [رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ] أَنَّ نَبِيَّ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: "أَرْبَعَةٌ يَحْتَجُّونَ يَوْمَ
الْقِيَامَةِ: رَجُلٌ أَصَمُّ لَا يَسْمَعُ شَيْئًا، وَرَجُلٌ أَحْمَقُ، وَرَجُلٌ
هَرِمٌ، وَرَجُلٌ مَاتَ فِي فَتْرَةٍ، فَأَمَّا الْأَصَمُّ فَيَقُولُ: رَبِّ، قَدْ
جَاءَ الْإِسْلَامُ وَمَا أَسْمَعُ شَيْئًا، وَأَمَّا الْأَحْمَقُ فَيَقُولُ:
رَبِّ، قَدْ جَاءَ الْإِسْلَامُ وَالصِّبْيَانُ يَحْذِفُونِي بِالْبَعْرِ، وَأَمَّا
الهَرَمُ فَيَقُولُ: رَبِّ، لَقَدْ جَاءَ الْإِسْلَامُ وَمَا أَعْقِلُ
شَيْئًا، وَأَمَّا
الَّذِي مَاتَ فِي الْفَتْرَةِ فَيَقُولُ: رَبِّ، مَا أَتَانِي لَكَ رَسُولٌ.
فَيَأْخُذُ مَوَاثِيقَهُمْ ليُطِعنّه فَيُرْسِلُ إِلَيْهِمْ أَنِ ادْخُلُوا
النَّارَ، فَوَالَّذِي نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ لَوْ دَخَلُوهَا لَكَانَتْ
عَلَيْهِمْ بَرْدًا وَسَلَامًا"
Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Ali ibnu Abdullah,
telah menceritakan kepada kami Mu'az ibnu Hisyam, telah menceritakan kepada
kami ayahku, dari Qatadah, dari Al-Ahnaf ibnu Qais, dari Al-Aswad ibnu Sari',
bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Empat orang akan mengajukan alasannya
kelak dihari kiamat, yaitu seorang lelaki tuli yang tidak dapat mendengar suara
apa pun, seorang lelaki dungu (idiot), seorang lelaki pikun, dan seorang
lelaki yang mati di masa fatrah. Orang yang tuli mengajukan alasannya, "Wahai
Tuhanku, Islam telah datang, tetapi saya tidak dapat mendengar apa pun.” Orang
yang dungu beralasan, "Wahai Tuhanku, Islam telah datang, sedangkan anak-anak
kecil melempariku dengan kotoran ternak (yang kering).” Orang yang pikun
beralasan, "Wahai Tuhanku, sesungguhnya Islam telah datang, tetapi saya tidak
ingat akan sesuatu pun.” Orang yang meninggal dalam masa fatrah beralasan,
"Wahai Tuhanku, tiada seorang pun dari rasul-Mu yang datang kepadaku.” Maka
Allah mengambil janji dari mereka, bahwasanya mereka harus benar-benar taat
kepada-Nya. Setelah itu diperintahkan agar mereka dimasukkan ke dalam neraka.
Maka demi Tuhan yang jiwa Muhammad ini berada dalam genggaman kekuasaan-Nya,
seandainya mereka memasukinya, tentulah neraka itu menjadi dingin dan menjadi
keselamatan bagi mereka.
Menurut sanad yang sama dari Qatadah, dari Al-Hasan, dari Abu Rafi', dari Abu
Hurairah disebutkan hal yang semisal. Akan tetapi, dalam riwayat ini di akhirnya
disebutkan hal berikut:
"مَنْ
دَخَلَهَا كَانَتْ عَلَيْهِ بَرْدًا وَسَلَامًا، وَمَنْ لَمْ يَدْخُلْهَا يُسْحَبُ
إِلَيْهَا"
Barang siapa yang memasukinya, maka tentulah neraka itu menjadi dingin dan
menjadi keselamatan baginya; dan barang siapa yang tidak mau memasukinya, maka
ia diseret ke dalamnya.
Hai yang sama telah diriwayatkannya oleh Ishaq ibnu Rahawaih dari Mu'az ibnu
Hisyam. Imam Baihaqi meriwayatkannya di dalam Kitabul I'tiqad melalui
hadis Ahmad ibnu Ishaq, dari Ali ibnu Abdullah Al-Madini. Dengan sanad yang
sama, lalu ia mengatakan bahwa sanad hadis ini sahih.
Hal yang sama telah diriwayatkan oleh Hammad ibnu Salamah, dari Ali ibnu
Zaid, dari Abu Rafi', dari Abu Hurairah yang menceritakan bahwa Rasulullah Saw.
telah bersabda, "Ada empat macam orang yang semuanya mengajukan alasannya
kepada Allah," hingga akhir hadis dengan teks yang semisal.
Ibnu Jarir meriwayatkannya dari hadis Ma'mar, dari Hammam, dari Abu Hurairah.
lalu ia menyebutkannya secara marfu'. Kemudian Abu Hurairah mengatakan,
"Jika kalian suka, bacalah ayat berikut (yakni firman -Nya): 'Dan Kami tidak
akan mengazab sebelum Kami mengutus seorang rasul.' (Al-Isra: 15).”
Hal yang sama telah diriwayatkan oleh Ma'mar, dari Abdullah ibnu Tawus, dari
ayahnya, dari Abu Hurairah secara mauquf.
Hadis kedua, diriwayatkan melalui Anas ibnu
Malik.
قَالَ
أَبُو دَاوُدَ الطَّيَالِسِيُّ: حَدَّثَنَا الرَّبِيعُ، عَنْ يَزِيدَ بْنِ أَبَانٍ
قَالَ: قُلْنَا لِأَنَسٍ: يَا أَبَا حَمْزَةَ، مَا تَقُولُ فِي أَطْفَالِ
الْمُشْرِكِينَ؟ فَقَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ: "لَمْ يَكُنْ لَهُمْ سَيِّئَاتٌ فَيُعَذَّبُوا بِهَا فَيَكُونُوا مِنْ
أَهْلِ النَّارِ، وَلَمْ يَكُنْ لَهُمْ حَسَنَاتٌ فَيُجَازُوا بِهَا فَيَكُونُوا
مَنْ مُلُوكِ أَهْلِ الْجَنَّةِ هُمْ مَنْ خَدَمِ أَهْلِ
الْجَنَّةِ"
Abu Daud At-Tayalisi mengatakan, telah menceritakan kepada kami Ar-Rabi',
dari Yazid (yakni Ibnu Aban) yang menceritakan, kami pernah bertanya kepada
Artas, "Wahai Abu Hamzah (julukan Anas), bagaimanakah pendapatmu tentang anak
orang-orang musyrik?" maka Anas ibnu Malik menjawab bahwa Rasulullah Saw. pernah
bersabda sehubungan dengan masalah mereka: Mereka tidak mempunyai dosa-dosa
yang menyebabkan mereka diazab karenanya, lalu mereka menjadi ahli neraka. Dan
mereka tidak mempunyai amal-amal baik yang menyebabkan mereka beroleh pahala
karenanya, lalu mereka menjadi ahli surga.
Hadis ketiga, diriwayatkan melalui Anas pula.
قَالَ
الْحَافِظُ أَبُو يَعْلَى: حَدَّثَنَا أَبُو خَيْثَمَةَ، حَدَّثَنَا جَرِيرٌ، عَنْ
لَيْث، عَنْ عَبْدِ الْوَارِثِ، عَنْ أَنَسٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "يُؤْتَى بِأَرْبَعَةٍ يَوْمَ الْقِيَامَةِ:
بِالْمَوْلُودِ، وَالْمَعْتُوهِ، وَمَنْ مَاتَ فِي الفَتْرَة، وَالشَّيْخِ
الْفَانِي الْهَرِمِ، كُلُّهُمْ يَتَكَلَّمُ بِحُجَّتِهِ، فَيَقُولُ الرَّبُّ
تَبَارَكَ وَتَعَالَى لِعُنُقٍ مِنَ النَّارِ: ابْرُزْ. وَيَقُولُ لَهُمْ: إِنِّي
كُنْتُ أَبْعَثُ إِلَى عِبَادِي رُسُلًا مِنْ أَنْفُسِهِمْ، وَإِنِّي رَسُولُ
نَفْسِي إِلَيْكُمُ ادْخُلُوا هَذِهِ. قَالَ: فَيَقُولُ مَنْ كُتِبَ عَلَيْهِ
الشَّقَاءُ: يَا رَبِّ، أَنَّى نَدْخُلُهَا وَمِنْهَا كُنَّا نَفِرُّ؟ قَالَ:
وَمَنْ كُتِبَتْ عَلَيْهِ السَّعَادَةُ يَمْضِي فَيَقْتَحِمُ فِيهَا مُسْرِعًا،
قَالَ: فَيَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى: أَنْتُمْ لِرُسُلِي أَشَدُّ تَكْذِيبًا
وَمَعْصِيَةً، فَيُدْخِلُ هؤلاء الجنة، وهؤلاء النار".
Al-Hafiz Abu Ya'la mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abu Khaisamah,
telah menceritakan kepada kami Jarir, dari Lais, dari Abul Waris, dari Anas yang
mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda, "Dihadapkan empat macam
orang kelak di hari kiamat. Yaitu anak yang baru lahir (lalu mati), orang yang
dungu, dan orang yang mati dalam masa fatrah serta orang yang pikun.
Masing-masing dari mereka mengemukakan alasan membela dirinya. Lalu Allah
berfirman kepada salah satu leher neraka, 'Keluarlah kamu.' Dan Allah berfirman
kepada mereka, 'Sesungguhnya dahulu Aku telah mengutus rasul-rasul-Ku kepada
hamba-hamba-Ku dari kalangan mereka sendiri, dan sesungguhnya Aku sekarang
adalah utusan diri-Ku sendiri kepada kalian. Masuklah kalian ke dalam neraka
ini!'." Rasul Saw. melanjutkan kisahnya, bahwa lalu berkatalah orang yang
ditakdirkan celaka, "Wahai Tuhanku, bagaimanakah kami masuk ke dalam neraka,
sedangkan kami menghindar darinya?" Sedangkan orang-orang yang telah ditakdirkan
berbahagia berjalan terus memenuhi perintah-Nya dan masuk dengan cepat ke dalam
neraka. Lalu Allah Swt. berfirman, "Kalian lebih mendustakan dan lebih durhaka
terhadap utusan-utusan-Ku." Maka mereka yang berbahagia masuk ke dalam surga,
dan mereka yang celaka masuk neraka.
Al-Hafiz Abu Bakar Al-Bazzar telah meriwayatkan hal yang semisal dari Yusuf
ibnu Musa, dari Jarir ibnu Abdul Hamid dengan sanad yang sama.
Hadis keempat, diriwayatkan melalui Al-Barra ibnu
Azib r.a.
قَالَ
الْحَافِظُ أَبُو يَعْلَى الْمَوْصِلِيُّ فِي مُسْنَدِهِ أَيْضًا: حَدَّثَنَا
قَاسِمُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ.
-يَعْنِي
ابْنَ دَاوُدَ-عَنْ عُمَرَ بْنِ ذَرٍّ، عَنْ يَزِيدَ بْنِ أُمَيَّةَ، عَنِ
الْبَرَاءِ قَالَ: سُئل رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ
أَطْفَالِ الْمُسْلِمِينَ قَالَ: "هُمْ مَعَ آبَائِهِمْ". وَسُئِلَ عَنْ أَوْلَادِ
الْمُشْرِكِينَ فَقَالَ: "هُمْ مَعَ آبَائِهِمْ". فَقِيلَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ،
مَا يَعْمَلُونَ؟ قَالَ: "اللَّهُ أَعْلَمُ بِهِمْ"
Abu Ya'la Al-Mausuli di dalam kitab Musnad-nya mengatakan, telah
menceritakan kepada kami Qasim ibnu Abu Syaibah, telah menceritakan kepada kami
Abdullah (yakni Ibnu Daud), dari Umar ibnu Zar, dari Yazid ibnu Umayyah, dari
Al-Barra yang menceritakan bahwa Rasulullah Saw. pernah ditanya tentang
anak-anak orang-orang muslim, maka beliau Saw. menjawab, "Mereka akan
bersama-sama dengan ayah-ayahnya." Dan beliau ditanya tentang anak-anak kaum
musyrik, maka beliau Saw. menjawab, "Mereka akan bersama-sama dengan
ayah-ayahnya." Ketika ditanyakan, "Wahai Rasulullah, anak-anak kaum musyrik
itu masih belum beramal?" Rasulullah Saw. menjawab, "Allah lebih mengetahui
tentang mereka."
Umar ibnu Zar telah meriwayatkannya dari Yazid ibnu Umayyah, dari seorang
lelaki, dari Al-Barra, dari Aisyah, lalu ia menuturkan hadis ini.
Hadis kelima, diriwayatkan melalui Sauban.
قَالَ
الْحَافِظُ أَبُو بَكْرٍ أَحْمَدُ بْنُ عَمْرٍو بْنِ عَبْدِ الْخَالِقِ الْبَزَّارُ
فِي مُسْنَدِهِ: حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ سَعِيدٍ الْجَوْهَرِيُّ، حَدَّثَنَا
رَيْحَانُ بْنُ سَعِيدٍ، حَدَّثَنَا عَبَّادُ بْنُ مَنْصُورٍ، عَنْ أَيُّوبَ، عَنْ
أَبِي قِلابة، عَنْ أَبِي أَسْمَاءَ، عَنْ ثَوْبَانَ؛ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عظَّم شَأْنَ الْمَسْأَلَةِ، قَالَ: "إِذَا كَانَ
يَوْمُ الْقِيَامَةِ، جَاءَ أَهْلُ الْجَاهِلِيَّةِ يَحْمِلُونَ أَوْثَانَهُمْ
عَلَى ظُهُورِهِمْ فَيَسْأَلُهُمْ رَبُّهُمْ، فَيَقُولُونَ: رَبَّنَا لَمْ تُرْسِلْ
إِلَيْنَا رَسُولًا وَلَمْ يَأْتِنَا لَكَ أَمْرٌ، وَلَوْ أَرْسَلْتَ إِلَيْنَا
رَسُولًا لَكُنَّا أَطْوَعَ عِبَادِكَ، فَيَقُولُ لَهُمْ رَبُّهُمْ: أَرَأَيْتُمْ
إِنْ أَمَرْتُكُمْ بِأَمْرٍ تُطِيعُونِي؟ فَيَقُولُونَ: نَعَمْ، فَيَأْمُرُهُمْ
أَنْ يَعْمِدُوا إِلَى جَهَنَّمَ فَيَدْخُلُوهَا، فَيَنْطَلِقُونَ حَتَّى إِذَا
دَنَوْا مِنْهَا وَجَدُوا لَهَا تَغَيُّظًا وَزَفِيرًا، فَرَجَعُوا إِلَى رَبِّهِمْ
فَيَقُولُونَ: رَبَّنَا أَخْرِجْنَا -أَوْ: أَجِرْنَا-مِنْهَا، فَيَقُولُ لَهُمْ:
أَلَمْ تَزْعُمُوا أَنِّي إِنْ أَمَرْتُكُمْ بِأَمْرٍ تُطِيعُونِي؟ فَيَأْخُذُ
عَلَى ذَلِكَ مَوَاثِيقَهُمْ. فَيَقُولُ: اعْمَدُوا إِلَيْهَا،
فَادْخُلُوهَا. فَيَنْطَلِقُونَ
حَتَّى إِذَا رَأَوْهَا فَرِقوا وَرَجَعُوا، فَقَالُوا: رَبَّنَا فَرِقنا مِنْهَا،
وَلَا نَسْتَطِيعُ أَنْ نَدْخُلَهَا فَيَقُولُ: ادْخُلُوهَا دَاخِرِينَ". فَقَالَ
نَبِيُّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "لَوْ دَخَلُوهَا أَوَّلَ
مَرَّةٍ كَانَتْ عَلَيْهِمْ بَرْدًا وَسَلَامًا".
Al-Hafiz Abu Bakar Ahmad ibnu Amr ibnu Abdul Khaliq Al-Bazzar di dalam kitab
Musnad-nya mengatakan, telah menceritakan kepada kami Ibrahim ibnu Sa'id
Al-Jauhari, telah menceritakan kepada kami Raihan ibnu Sa'id, telah menceritakan
kepada kami Abbad ibnu Mansur, dari Ayyub, dari Abu Qilabah, dari Abu Asma, dari
Sauban, bahwa Nabi Saw. memberatkan masalah ini. Maka beliau Saw. bersabda:
Apabila hari kiamat tiba, orang-orang Jahiliyah datang dengan membawa
dosa-dosa mereka di punggungnya. Lalu Tuhan menanyai mereka, dan mereka
menjawab, "Wahai Tuhan kami. Engkau tidak mengutus seorang rasul pun kepada
kami, dan tidak pernah pula datang suatu perintah pun dari Engkau. Seandainya
Engkau mengutus kepada kami seorang rasul, tentulah kami akan menjadi seorang
yang paling taat di antara hamba-hamba-Mu.” Allah berfirman kepada mereka,
"Bagaimanakah pendapat kalian jika Aku perintahkan kalian suatu perintah? Apakah
kalian mau taat kepada-Ku?” Mereka menjawab, "Ya.” Maka Allah memerintahkan
kepada mereka untuk berangkat menuju neraka Jahannam dan memasukinya. Tetapi
ketika mereka telah berada di dekat neraka Jahannam. mereka menjumpainya sedang
bergejolak dan bersuara gemuruh, akhirnya mereka kembali kepada Tuhannya. Dan
mereka mengatakan, "Wahai Tuhan kami, keluarkanlah kami," atau "Lindungilah
kami dari neraka Jahannam.” Allah berfirman kepada mereka.”Bukankah tadi kalian
mengatakan bahwa jika Aku perintahkan sesuatu kepada kalian, maka kalian akan
taat kepada-Ku?" Maka Allah mengambil janji dari mereka untuk hal tersebut, lalu
berfirman, "Pergilah kalian ke neraka dan masuklah ke dalamnya!" Maka mereka pun
berangkat. Dan ketika mereka melihat neraka, rasa takut menimpa mereka, lalu
mereka kembali dan berkata, "Wahai Tuhan kami, kami takut kepada neraka, dan
kami tidak mampu memasukinya.” Lalu Allah berfirman, "Masuklah kalian ke dalam
neraka dengan hina dina!' Nabi Saw. melanjutkan sabdanya: Seandainya
mereka masuk ke dalam neraka pada yang pertama kali, tentulah neraka menjadi
dingin dan menjadi keselamatan bagi mereka.
Kemudian Al-Bazzar mengatakan bahwa matan (teks) hadis ini tidak
dikenal terkecuali melalui jalur ini. Mereka tidak meriwayatkannya dari Ayyub
selain dari Abbad, tidak pula dari Abbad selain Raihan ibnu Sa'id.
Menurut kami, Ibnu Hibban telah menyebutnya di antara golongan orang-orang
yang siqah dalam kitab siqah-nya. Yahya ibnu Mu'in dan Imam Nasai
mengatakan bahwa dia (Raihan ibnu Sa'id) orangnya tidak tercela, tetapi Imam Abu
Daud tidak suka kepadanya. Abu Hatim mengatakan, Raihan ibnu Sa'id adalah
seorang syekh (guru) yang hadisnya boleh ditulis, tetapi tidak dapat dijadikan
sebagai hujah.
Hadis keenam, diriwayatkan melalui Abu Sa'id alias
Sa'd Ibnu Malik Ibnu Sinan Al-Khudri.
قَالَ
الْإِمَامُ مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى الذُّهَلي: حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ
سُلَيْمَانَ، عَنْ فُضَيْلِ بْنِ مَرْزُوقٍ، عَنْ عَطِيَّةَ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ
قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "الْهَالِكُ فِي
الْفَتْرَةِ وَالْمَعْتُوهُ والمولود: يقول الهالك فِي
الْفَتْرَةِ: لَمْ يَأْتِنِي كِتَابٌ، وَيَقُولُ الْمَعْتُوهُ: رَبِّ، لَمْ
تَجْعَلْ لِي عَقْلًا أَعْقِلُ بِهِ خَيْرًا وَلَا شَرًّا، وَيَقُولُ الْمَوْلُودُ:
رَبِّ لَمْ أُدْرِكِ الْعَقْلَ فَتُرْفَعُ لَهُمْ نَارٌ فَيُقَالُ لَهُمْ:
رِدُوهَا"، قَالَ: فَيَرِدُهَا مَنْ كَانَ فِي عِلْمِ اللَّهِ سَعِيدًا لَوْ
أَدْرَكَ الْعَمَلَ، وَيُمْسِكُ عَنْهَا مَنْ كَانَ فِي عِلْمِ اللَّهِ شَقِيًّا
لَوْ أَدْرَكَ الْعَمَلَ، فَيَقُولُ: إِيَّايَ عَصَيْتُمْ، فَكَيْفَ لَوْ أَنَّ
رُسُلِي أَتَتْكُمْ؟ ".
Imam Muhammad ibnu Yahya Az Zuhali mengatakan, telah menceritakan kepada kami
Sa'id ibnu Sulaiman, dari Fudail ibnu Marzuq, dari Atiyyah, dari Abu Sa'id yang
mengatakan bahwa Rasulullah Saw, pernah bersabda: Orang yang mati di masa
fatrah dan orang yang akalnya kurang (sangat idiot) serta anak yang baru
lahir (mengadu). Orang yang mati di masa fatrah berkata, "Tiada suatu
kitab pun yang didatangkan kepadaku.” Orang yang dungu berkata, "Wahai Tuhanku,
Engkau tidak membekaliku dengan akal yang dengannya saya dapat membedakan hal
yang baik dan hal yang buruk.” Anak yang baru lahir berkata, "Wahai Tuhanku,
saya masih belum mencapai usia balig.” Lalu diangkatlah neraka dari mereka,
kemudian dikatakan kepada mereka, "Masuklah kalian ke dalam neraka!" Maka
dihindarkanlah dari neraka orang-orang yang tercatat di dalam ilmu Allah menjadi
orang-orang yang berbahagia seandainya dia sempat beramal. Dan dibiarkan di
neraka orang-orang yang menurut ilmu Allah menjadi orang yang celaka seandainya
dia sempat beramal. Dan Allah berfirman (kepada yang masuk neraka),
"Kalian durhaka kepada-Ku, maka bagaimanakah kalian (jadinya) bila
utusan-utusan-Ku datang kepada kalian?"
Hal yang sama telah diriwayatkan oleh Al-Bazzar dari Muhammad ibnu Umar ibnu
Hayyaj Al-Kufi, dari Abdullah ibnu Musa, dari Fudail ibnu Marzuq dengan sanad
yang sama. Kemudian ia mengatakan bahwa tidak dikenal riwayat ini melalui Abu
Sa'id kecuali melalui jalur Fudail Ibnu Marzuq, dari Atiyyah, dari Abu Sa'id.
Dan di akhir riwayat ini disebutkan:
"فَيَقُولُ
اللَّهُ: إِيَّايَ عَصَيْتُمْ فَكَيْفَ بِرُسُلِي بِالْغَيْبِ؟ "
Maka Allah berfirman, "Kalian durhaka kepada-Ku, maka bagaimanakah iman
kalian kepada utusan-utusan-Ku yang telah tiada.”
Hadis ketujuh, diriwayatkan melalui Mu'az ibnu
Jabal r.a.
قَالَ
هِشَامُ بْنُ عَمَّار وَمُحَمَّدُ بْنُ الْمُبَارَكِ الصُّورِيُّ حَدَّثَنَا عُمَرُ
بْنُ وَاقِدٍ، عَنْ يُونُسَ بْنِ حَلْبَسٍ، عَنْ أَبِي إِدْرِيسَ الْخَوْلَانِيِّ،
عَنْ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ، عَنْ نَبِيَّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
قَالَ: "يُؤْتَى يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِالْمَمْسُوخِ عَقْلًا وَبِالْهَالِكِ فِي
الْفَتْرَةِ، وَبِالْهَالِكِ صَغِيرًا. فَيَقُولُ الْمَمْسُوخُ: يَا رَبِّ، لَوْ
آتَيْتَنِي عَقْلًا مَا كَانَ مَنْ آتَيْتُهُ عَقْلًا بِأَسْعَدَ مِنِّي -وَذَكَرَ
فِي الْهَالِكِ فِي الْفَتْرَةِ وَالصَّغِيرِ نَحْوَ ذَلِكَ-فَيَقُولُ الرَّبُّ
عَزَّ وَجَلَّ: إِنِّي آمُرُكُمْ بِأَمْرٍ فَتُطِيعُونِي؟ فَيَقُولُونَ: نَعَمْ،
فَيَقُولُ: اذْهَبُوا فَادْخُلُوا النَّارَ -قَالَ: وَلَوْ دَخَلُوهَا مَا
ضَرَّتْهُمْ-فَتَخْرُجُ عَلَيْهِمْ قَوَابِصُ، فَيَظُنُّونَ أَنَّهَا قَدْ
أَهْلَكَتْ مَا خَلَقَ اللَّهُ مِنْ شَيْءٍ، فَيَرْجِعُونَ سِرَاعًا، ثُمَّ
يَأْمُرُهُمُ الثَّانِيَةَ فَيَرْجِعُونَ كَذَلِكَ، فَيَقُولُ الرَّبُّ عَزَّ
وَجَلَّ: قَبْلَ أَنْ أَخْلُقَكُمْ عَلِمْتُ مَا أَنْتُمْ عَامِلُونَ، وَعَلَى
عِلْمِي خَلَقْتُكُمْ، وَإِلَى عِلْمِي تَصِيرُونَ، ضُمِّيهِمْ، فَتَأْخُذُهُمُ
النَّارُ"
Hisyam ibnu Ammar dan Muhammad ibnul Mubarak As-Suri mengatakan, telah
menceritakan kepada kami Amr ibnu Waqid, dari Yunus ibnu Jalis, dari Abu Idris
Al-Khaulani, dari Mu'az ibnu Jabal, dari Nabi Saw. yang telah bersabda: Kelak
di hari kiamat dihadapkan seorang yang kurang akalnya, orang yang mati di masa
fatrah, dan orang yang mati masih kecil. Maka berkatalah orang yang kurang
akalnya, "Wahai Tuhanku, seandainya Engkau memberiku akal, tentulah orang yang
Engkau beri akal tidaklah lebih bahagia keadaannya daripada aku.” Kemudian orang
yang meninggal dunia di masa fatrah dan orang yang meninggal dunia pada waktu
masih berusia kecil (belum balig) mengatakan hal yang sama: Maka
Tuhan yang Mahaagung lagi Mahamulia berfirman, "Sesungguhnya Aku- akan
memerintahkan sesuatu kepada kalian, apakah kalian akan taat kepada-Ku?” Mereka
menjawab, "Ya." Allah berfirman, "Pergilah dan masuklah kalian ke dalam neraka.”
Nabi Saw. bersabda, "Seandainya mereka langsung masuk ke dalam neraka,
tentulah neraka tidak akan membahayakan mereka.” Maka pijar-pijar api neraka
keluar dari dalam neraka menyambut mereka, sehingga mereka menduga bahwa neraka
akan membinasakan segala sesuatu yang diciptakan oleh Allah. Karena itulah maka
mereka kembali dengan cepat. Kemudian Allah memerintahkan hal itu kepada mereka
untuk kedua kalinya, tetapi mereka kembali lagi sama dengan sebelumnya. Maka
Tuhan berfirman, "Sebelumnya Aku menciptakan kalian, Aku mengetahui segala
sesuatu yang akan kalian kerjakan. Penciptaan kalian telah berada di dalam
pengetahuan-Ku dan tempat kembali kalian telah berada di dalam pengetahuan-Ku.
Hai neraka, Ambillah mereka!" Maka neraka mengambil mereka.
Hadis kedelapan, diriwayatkan melalui Abu
Hurairah.
Hadis ini telah disebutkan jauh sebelum ini, yang riwayatnya digabungkan
menjadi satu dengan riwayat Al-Aswad ibnu Sari'. Di dalam kitab Sahihain
disebutkan melalui sahabat Abu Hurairah r.a., bahwa Rasulullah Saw. telah
bersabda:
"كُلُّ
مَوْلُودٍ يُولَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ، فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدانه ويُنَصِّرَانه
ويُمَجِّسانه، كَمَا تُنْتِجُ الْبَهِيمَةُ بَهِيمَةً جَمْعَاءَ، هَلْ تُحِسُّونَ
فِيهَا مِنْ جَدْعَاءَ؟ "
Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah, maka hanya kedua orang
tuanyalah yang menjadikannya seorang Yahudi, atau seorang Nasrani, atau seorang
Majusi. Perihalnya sama dengan binatang ternak yang melahirkan anaknya, dalam
keadaan utuh, maka sudah barang tentu kalian tidak akan menjumpai adanya cacat
tubuh pada anaknya.
Di dalam riwayat lain disebutkan seperti berikut:
قَالُوا:
يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَفَرَأَيْتَ مَنْ يَمُوتُ صَغِيرًا؟ قَالَ: "اللَّهُ
أَعْلَمُ بِمَا كَانُوا عَامِلِينَ"
Para sahabat bertanya, "Wahai Rasulullah, bagaimanakah pendapatmu tentang
anak kecil yang meninggal dunia?" Rasulullah Saw. menjawab, "Allah lebih
mengetahui apa yang bakal mereka kerjakan (bila dewasa).”
قَالَ
الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ دَاوُدَ، حَدَّثَنَا عَبْدُ
الرَّحْمَنِ بْنُ ثَابِتٍ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ قُرَّة، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ
ضَمْرَةَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -فِيمَا أَعْلَمُ، شَكَّ
مُوسَى-قَالَ: "ذَرَارِيُّ
الْمُسْلِمِينَ فِي الْجَنَّةِ، يَكْفُلُهُمْ إِبْرَاهِيمُ عَلَيْهِ السَّلَامُ
"
Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Musa ibnu Daud, telah
menceritakan kepada kami Abdur Rahman ibnu Sabit, dari Ata ibnu Qurrah, dari
Abdullah ibnu Damrah, dari Abu Hurairah r.a., dari Nabi Saw.—menurut
sepengetahuanku—(dalam hal ini Musa, salah seorang perawinya merasa ragu), bahwa
Nabi Saw. pernah bersabda: Anak-anak kaum muslim berada di dalam surga,
mereka dipelihara oleh Nabi Ibrahim a.s.
Di dalam kitab Sahih Muslim disebutkan sebuah hadis melalui Iyad ibnu
Hammad, dari Rasulullah Saw., bahwa Allah Swt. telah berfirman:
"إِنِّي
خَلَقْتُ عِبَادِي حُنَفَاءَ وَفِي
رِوَايَةٍ لِغَيْرِهِ "مُسْلِمِينَ".
Sesungguhnya Aku menciptakan hamba-hamba-Ku dalam keadaan hanif.
Menurut riwayat lainnya disebutkan: dalam keadaan muslim.
Hadis kesembilan, diriwayatkan melalui Samurah
r.a.
Al-Hafiz Abu Bakar Al-Barqani di dalam kitabnya Al-Mustakhraj 'Alal
Bukhari telah meriwayatkan melalui hadis Auf Al-A'rabi, dari Abu Raja
Al-Utaridi, dari Samurah r.a., dari Nabi Saw. yang telah bersabda:
"كُلُّ
مَوْلُودٍ يُولَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ" فَنَادَاهُ النَّاسُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ،
وَأَوْلَادُ الْمُشْرِكِينَ؟ قَالَ: "وَأَوْلَادُ الْمُشْرِكِينَ"
"Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah.” Maka orang-orang
mengajukan pertanyaannya, "Wahai Rasulullah, bagaimanakah dengan
anak-anak kaum musyrik?" Nabi Saw. bersabda, "Begitu pula anak-anak kaum
musyrik.”
قَالَ
الطَّبَرَانِيُّ: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ أَحْمَدَ، حَدَّثَنَا عُقْبَةُ
بْنُ مُكْرَمٍ الضَّبِّي، عَنْ عِيسَى بْنِ شُعَيْبٍ، عَنْ عَبَّادِ بْنِ
مَنْصُورٍ، عَنْ أَبِي رَجَاء، عَنْ سَمُرَةَ قَالَ: سَأَلْنَا رَسُولَ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ أَطْفَالِ الْمُشْرِكِينَ فَقَالَ: "هُمْ
خَدَمُ أَهْلِ الْجَنَّةِ"
Imam Tabrani mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abdullah ibnu Ahmad,
telah menceritakan kepada kami Uqbah ibnu Makram Ad-Dabbi, dari Isa ibnu
Syu'aib, dari Abbad ibnu Mansur, dari Abu Raja, dari Samurah yang menceritakan,
"Kami pernah bertanya kepada Rasulullah Saw. tentang anak-anak kaum musyrik,
maka beliau Saw. bersabda: 'Mereka (akan menjadi) pelayan penghuni
surga'.”
Hadis kesepuluh, dari paman Khansa.
قَالَ
[الْإِمَامُ] أَحْمَدُ: [حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ، يَعْنِي الْأَزْرَقَ] ، أَخْبَرَنَا
رَوْح، حَدَّثَنَا عَوْفٌ، عَنْ حَسْنَاءَ بِنْتِ مُعَاوِيَةَ مَنْ بَنِي صَرِيمٍ
قَالَتْ: حَدَّثَنِي عَمِّي قَالَ: قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، مَنْ فِي
الْجَنَّةِ؟ قَالَ: "النَّبِيُّ فِي الْجَنَّةِ، وَالشَّهِيدُ فِي الْجَنَّةِ،
وَالْمَوْلُودُ فِي الْجَنَّةِ، وَالْوَئِيدُ فِي الْجَنَّةِ
Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Rauh, telah menceritakan
kepada kami Auf, dari Khansa binti Mu'awiyah, dari Bani Sarim. Khansa
mengatakan, pamannya telah menceritakan kepadanya bahwa ia pernah bertanya
kepada Rasulullah Saw., "Wahai Rasulullah, siapa sajakah orang yang masuk surga
itu?" Nabi Saw. menjawab: Nabi masuk surga, orang mati syahid masuk surga,
anak yang baru lahir masuk surga, dan anak yang dikubur hidup-hidup masuk
surga.
Di antara ulama ada yang tidak mengemukakan tanggapannya tentang mereka,
yakni perkaranya terserah kepada Allah, karena berdasarkan hadis kedelapan.
Ada pula ulama yang menetapkan bahwa mereka masuk surga karena berdasarkan
hadis Samurah ibnu Jundub di dalam kitab Sahih Bukhari yang menyebutkan
tentang hadis mimpi Nabi Saw. Antara lain disebutkan di dalamnya bahwa ketika
Nabi Saw. bersua dengan orang tua yang berada di bawah sebuah pohon, sedangkan
di sekitarnya terdapat banyak anak-anak. Maka Malaikat Jibril berkata kepada
Nabi Saw., "Ini adalah Ibrahim a.s., sedang mereka (anak-anak) itu adalah
anak-anak kaum muslim dan anak-anak kaum musyrik." Mereka (para sahabat)
bertanya, "Wahai Rasulullah, termasuk juga anak-anak kaum musyrik?" Rasulullah
Saw. menjawab, "Ya, termasuk pula anak-anak kaum musyrik."
Di antara ulama ada yang memastikan bahwa anak-anak kaum musyrik dimasukkan
ke dalam neraka, karena berdasarkan kepada sabda Nabi Saw. yang mengatakan:
Mereka (anak-anak kaum musyrik) tinggal bersama orang tua-orang tuanya
(yakni di dalam neraka).
Sebagian ulama berpendapat bahwa anak-anak kaum musyrik pada hari kiamat
kelak diuji di tempat penantian. Barang siapa yang taat, masuk surga, lalu
dibukakan ilmu Allah tentang mereka yang di dalamnya tercatat kebahagiaan bagi
mereka. Dan barang siapa yang durhaka, masuk neraka, lalu dibukakan ilmu Allah
tentang nasib mereka di masa mendatang yang di dalamnya tercatat bahwa mereka
termasuk orang-orang yang celaka (masuk neraka).
Pandapat terakhir ini merupakan kesimpulan dari gabungan semua dalil
mengenainya. Hal ini telah dijelaskan oleh hadis-hadis tadi yang sebagian
darinya memperkuat sebagian yang lain dan sekaligus sebagai bukti yang
menguatkannya. Pendapat inilah yang diceritakan oleh Syekh Abul Hasan Ali ibnu
Ismail Al-Asy'ari, dari ulama ahli sunnah wal jama'ah. Dan pendapat ini pula
yang didukung oleh Al-Hafiz, Abu Bakar Al-Baihaqi di dalam Kitabul 'Itiqad;
begitu pula oleh yang lainnya dari kalangan ahli tahqiq, huffaz, dan para
kritikus.
Tetapi Syekh Abu Umar ibnu Abdul Bar An-Namiri sesudah mengetengahkan
hadis-hadis mengenai ujian tadi mengatakan bahwa hadis-hadis mengenai bab ini
kurang kuat dan tidak dapat dijadikan sebagai hujah. Ahlul 'ilmi jelas
menolak pendapat ini karena sesungguhnya kampung akhirat itu adalah kampung
pembalasan, bukan kampung amal, bukan pula kampung ujian. Maka mana mungkin
mereka dipaksa untuk masuk neraka, padahal hal ini di luar kemampuan semua
makhluk; dan tidak sekali-kali Allah membebankan kepada seseorang melainkan
menurut kemampuannya.
Dari keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa hadis-hadis mengenai masalah
ini sebagian di antaranya ada yang sahih, seperti yang dinas-kan oleh kebanyakan
para imam dan ulama. Di antaranya ada yang berpredikat hasan, ada juga
yang berpredikat daif, tetapi menjadi kuat karena ada hadis sahih yang
semakna dengannya atau hadis hasan.
Apabila hadis-hadis dalam satu bab berkaitan dan saling menguatkan satu sama
lainnya sesuai dengan kriteria di atas; maka hadis-hadis tersebut dapat
dijadikan sebagai hujah menurut orang-orang yang merenungkannya secara
mendalam.
Adapun mengenai alasan yang mengatakan bahwa kampung akhirat adalah kampung
pembalasan, tiada seorang pun yang meragukannya sebagai kampung pembalasan.
Tetapi hal ini tidaklah bertentangan dengan adanya beban taklif di tempat
penantian sebelum masuk surga atau masuk neraka, seperti yang diriwayatkan oleh
Syekh Abul Hasan Al-Asy'ari dari kalangan mazhab ahli sunnah wal jama'ah yang
mengatakan bahwa adanya ujian bagi anak-anak. Allah Swt. telah berfirman:
{يَوْمَ
يُكْشَفُ عَنْ سَاقٍ وَيُدْعَوْنَ إِلَى السُّجُودِ}
Pada hari betis disingkapkan dan mereka dipanggil untuk bersujud,
(Al-Qalam: 42), hingga akhir ayat.
Di dalam kitab-kitab sahih dan kitab-kitab lainnya disebutkan bahwa pada hari
kiamat kelak orang-orang mukmin bersujud kepada Allah. Dan bahwa orang-orang
munafik tidak mampu melakukannya, melainkan punggungnya kembali tegak menjadi
seperti sebuah papan yang berdiri tegak. Setiap kali ia hendak melakukan sujud,
maka punggungnya menolak dan kembali menjadi tegak, sejajar dengan
tengkuknya.
Di dalam kitab Sahihain disebutkan tentang seorang lelaki penghuni
neraka yang paling akhir dikeluarkan dari neraka; Allah mengambil janji
sumpahnya, bahwa ia tidak boleh meminta selain dari apa yang diberikan
kepadanya. Hal ini terjadi berkali-kali. Akhirnya Allah berfirman, "Hai anak
Adam, betapa ingkar janjinya kamu." Lalu Allah mengizinkannya untuk masuk
surga.
Adapun mengenai pendapat yang mengatakan bahwa mana mungkin Allah
memerintahkan kepada mereka untuk masuk neraka, padahal hal itu di luar
kemampuan mereka. Maka sesungguhnya hal ini tidaklah bertentangan dengan
kesahihan hadis mengenainya, karena sesungguhnya pada hari kiamat nanti Allah
memerintahkan kepada hamba-hamba-Nya untuk melewati sirat. Sirat adalah
sebuah jembatan yang terletak di atas neraka Jahannam, yang bentuknya lebih
kecil daripada sebilah rambut dan lebih tajam daripada pedang.
Orang-orang mukmin melewatinya sesuai dengan amal perbuatan masing-masing,
ada yang seperti kilat dan angin yang menyambar, ada yang cepatnya seperti kuda
dan kendaraan yang sangat kencang, ada yang cepatnya seperti unta berjalan; dan
di antara mereka ada yang berjalan kaki, ada pula yang berjalan biasa. Di antara
mereka ada yang merangkak, ada pula yang merayap dengan tubuh yang penuh luka,
lalu masuk ke dalam neraka.
Apa yang disebutkan di dalam hadis mengenai mereka yang diperintahkan untuk
memasuki neraka bukanlah tidak lebih berat daripada apa yang disebutkan dalam
hadis di atas. Bahkan apa yang disebutkan oleh hadis mengenai sirat jauh
lebih mengerikan dan lebih berat.
Di dalam sunnah pun telah disebutkan bahwa kelak Dajjal membawa surga dan
nerakanya sendiri. Pentasyri' memerintahkan kepada orang-orang yang beriman yang
menjumpai masanya, agar seseorang dari mereka meminum dari tempat yang
kelihatannya seperti neraka; karena sesungguhnya kelak neraka itu akan menjadi
dingin dan menjadi keselamatan baginya. Apa yang disebutkan dalam hadis ini
semisal dengan hadis tadi yang menyebutkan bahwa Allah memerintahkan kepada
mereka untuk masuk neraka.
Allah juga pernah memerintahkan kepada kaum Bani Israil untuk saling membunuh
di antara sesama mereka. Lalu mereka saling membunuh, sebagian dari mereka
membunuh sebagian yang lainnya hingga matilah semua orang yang diperintahkan
untuk membunuh itu. Menurut suatu pendapat, dalam masa sehari telah terbunuh
tujuh puluh ribu orang. Seorang lelaki membunuh ayahnya dan saudaranya karena
mereka berada dalam cuaca gelap gulita akibat mendung yang dikirimkan oleh Allah
kepada mereka. Demikian itu terjadi atas mereka sebagai hukuman terhadap mereka
yang menyembah berhala anak sapi. Hal ini pun sangat berat dilakukannya, dan
kenyataan ini tidaklah terbatas hanya pada hadis yang telah disebutkan di atas
(mengenai perintah masuk neraka).
Sebuah
pasal
Apabila hal ini telah jelas, sesungguhnya para ulama masih memperselisihkan
tentang anak-anak kaum musyrik. Ada dua pendapat di kalangan mereka.
Pertama, pendapat yang mengatakan bahwa mereka dimasukkan ke dalam
surga. Orang-orang yang berpendapat demikian beralasan dengan hadis Samurah yang
mengatakan bahwa Nabi Saw. (dalam perjalanan Isra-nya) melihat anak-anak kaum
muslim dan kaum musyrik ada bersama Nabi Ibrahim. Juga beralasan dengan hadis
yang diriwayatkan oleh Ahmad melalui Khansa, dari pamannya yang mengatakan
bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Anak yang baru lahir berada di dalam
surga.
Dalil ini memang sahih, tetapi hadis-hadis yang menyebutkan adanya ujian di
hari kiamat lebih khusus lagi daripada dalil ini. Anak yang menurut ilmu Allah
kelak akan menjadi orang yang taat, rohnya di alam Barzakh bersama Nabi Ibrahim
dan anak-anak kaum muslim yang mati dalam keadaan fitrah (yakni masih anak-anak
dan belum berusia balig). Dan anak yang menurut ilmu Allah kelak tidak taat,
maka perkaranya diserahkan kepada Allah Swt., dan kelak di hari kiamat ia akan
di masukkan ke dalam neraka, seperti apa yang di tunjukkan oleh hadis-hadis
imtihan (ujian) yang dinukil oleh Al-Asy'ari dari kalangan ulama ahli
sunnah.
Kemudian mereka yang berpendapat bahwa anak-anak tersebut berada di dalam
surga, di antara anak-anak tersebut ada yang di jadikan hidup bebas di dalam
surga, dan di antara mereka ada yang dijadikan sebagai pelayan-pelayan ahli
surga; seperti yang disebutkan di dalam hadis Ali ibnu Zaid, dari Anas yang ada
pada Imam Abu Daud At-Tayalisi. Hadis ini daif.
Kedua, yaitu yang mengatakan bahwa anak-anak kaum musyrik tinggal
bersama ayah-ayah mereka, yakni di dalam neraka. Pendapat ini berdalilkan kepada
apa yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad ibnu Hambal melalui Abul Mugirah:
حَدَّثَنَا
عُتْبَةُ بْنُ ضَمْرَةَ بْنِ حَبِيبٍ، حَدَّثَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ أَبَى قَيْسٍ
مَوْلَى غُطَيْف، أَنَّهُ أَتَى عَائِشَةَ فَسَأَلَهَا عَنْ ذَرَارِيِّ الْكُفَّارِ
فَقَالَتْ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "هُمْ تَبَعٌ
لِآبَائِهِمْ". فَقُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، بِلَا عَمَلٍ؟ فَقَالَ: "اللَّهُ
أَعْلَمُ بِمَا كَانُوا عَامِلِينَ"
telah menceritakan kepada kami Atabah ibnu Damrah ibnu Habib, telah
menceritakan kepadaku Abdullah ibnu Abu Qais maula Gatif, bahwa ia datang kepada
Siti Aisyah, lalu bertanya kepadanya mengenai nasib anak-anak kaum Kuffar. Maka
Siti Aisyah menjawabnya dengan hadis Rasul Saw. yang mengatakan: "Mereka
mengikuti kepada ayah-ayah mereka.” Saya (Aisyah) bertanya, "Wahai
Rasulullah, apakah demikian sekalipun mereka tidak beramal?” Rasulullah Saw.
menjawab, "Allah lebih mengetahui tentang apa yang bakal mereka amalkan
(bila terus hidup)."
Imam Abu Daud mengetengahkan hadis ini melalui riwayat Muhammad ibnu Harb,
dari Muhammad ibnu Ziyad Al-Ilhani; ia pernah mendengar Abdullah ibnu Abu Qais
mengatakan bahwa ia pernah mendengar Siti Aisyah menceritakan hadis berikut:
سَأَلْتُ
رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ ذَرَارِيِّ الْمُؤْمِنِينَ
قَالَ: "هُمْ مِنْ آبَائِهِمْ". قُلْتُ: فَذَرَارِيُّ الْمُشْرِكِينَ؟ قَالَ: "هُمْ
مَعَ آبَائِهِمْ" قُلْتُ: بِلَا عَمَلٍ؟ قَالَ: "اللَّهُ أَعْلَمُ بِمَا كَانُوا
عَامِلِينَ"
Saya pernah bertanya kepada Rasulullah Saw. tentang nasib anak-anak kaum
mukmin. Maka beliau Saw. menjawab, "Mereka ada bersama ayah-ayah mereka
(yakni di dalam surga).” Saya bertanya lagi, "Bagaimanakah dengan nasib
anak-anak kaum musyrik?” Nabi Saw. menjawab, "Mereka tinggal bersama
ayah-ayah mereka.” Saya bertanya, "Sekalipun tanpa amal?” Nabi Saw.
menjawab, "Allah lebih mengetahui tentang apa yang bakal mereka
kerjakan.”
Imam Ahmad telah meriwayatkan pula dari Waki', dari Abu Uqail Yahya ibnul
Mutawakkil yang hadisnya berpredikat matruk (tidak dapat dipakai), dari
tuan perempuannya (yaitu Bahiyyah), dari Siti Aisyah, bahwa ia pernah
menceritakan perihal anak-anak kaum musyrik kepada Rasulullah Saw. Maka
Rasulullah Saw. bersabda:
"إِنْ
شِئْتِ أَسْمَعْتُكِ تَضَاغِيَهُمْ فِي النَّارِ"
Jika engkau suka, aku akan memperdengarkan suara tangisan mereka sedang
berada di dalam neraka kepadamu.
قَالَ
عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْإِمَامِ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي
شَيْبَةَ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ فُضَيْلِ بْنِ غَزْوَانَ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ
عُثْمَانَ، عَنْ زَاذَانَ عَنْ عَلِيٍّ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: سَأَلَتْ
خَدِيجَةُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ وَلَدَيْنِ
لَهَا مَاتَا فِي الْجَاهِلِيَّةِ فَقَالَ: "هُمَا فِي النَّارِ". قَالَ: فَلَمَّا
رَأَى الْكَرَاهِيَةَ فِي وَجْهِهَا [قَالَ] لَوْ رَأَيْتِ مَكَانَهُمَا
لَأَبْغَضْتِهِمَا". قَالَتْ: فَوَلَدِي مِنْكَ؟ قَالَ: [قَالَ: "فِي الْجَنَّةِ".
قَالَ: ثُمَّ قَالَ رَسُولُ الله صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ]. "إِنَّ
الْمُؤْمِنِينَ وَأَوْلَادَهُمْ فِي الْجَنَّةِ، وَإِنَّ الْمُشْرِكِينَ
وَأَوْلَادَهُمْ فِي النَّارِ" ثُمَّ قَرَأَ: {وَالَّذِينَ آمَنُوا
وَاتَّبَعَتْهُمْ ذُرِّيَّتُهُمْ بِإِيمَانٍ [أَلْحَقْنَا بِهِمْ
ذُرِّيَّتَهُمْ]}
Abdullah ibnu Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Usman
ibnu Abu Syaibah, dari Muhammad ibnu Fudail ibnu Gazwan, dari Muhammad ibnu
Usman, dari Zazan, dari Ali r.a. yang menceritakan bahwa Siti Khadijah pernah
bertanya kepada Rasulullah Saw. tentang anaknya yang mati di masa Jahiliah. Maka
Nabi Saw. bersabda bahwa keduanya berada di dalam neraka. Ali r.a. melanjutkan
kisahnya, bahwa setelah kelihatan muka Khadijah murung karena tidak suka, maka
Rasulullah Saw. bersabda kepadanya, "Seandainya engkau aku perlihatkan
kedudukan keduanya (bila telah besar), tentulah kamu akan membenci
keduanya." Siti Khadijah kembali bertanya, "Maka bagaimanakah nasib anakku
yang lahir dari kamu?" Nabi Saw. menjawab: Sesungguhnya orang-orang mukmin
dan anak-anak mereka berada di dalam surga, dan sesungguhnya orang-orang
musyrik dan anak-anak mereka berada di dalam neraka. Kemudian Rasulullah
Saw. membacakan firman-Nya: Dan orang-orang yang beriman dan yang anak cucu
mereka mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan anak cucu mereka dengan
mereka. (Ath-Thur: 21)
Hadis ini garib, karena sesungguhnya di dalam sanadnya terdapat
Muhammad ibnu Usman, sedangkan dia orangnya tidak dikenal; dan gurunya (yaitu
Zazan) sesungguhnya tidak menjumpai masa sahabat Ali r.a.
Abu Daud telah meriwayatkan melalui hadis Ibnu Abu Zaidah, dari ayahnya, dari
Asy-Sya'bi yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda:
"الْوَائِدَةُ
وَالْمَوْءُودَةُ فِي النَّارِ".
Wanita yang menguburkan anak perempuannya hidup-hidup dan anaknya yang
dikuburnya hidup-hidup, keduanya berada di dalam neraka.
Kemudian Asy-Sya'bi mengatakan, "Hadis ini telah diriwayatkan kepadaku oleh
Alqamah, dari Abu Wa-il, dari Ibnu Mas'ud."
Hadis ini telah diriwayatkan pula oleh Jama'ah, dari Daud ibnu Abu Hindun,
dari Asy-Sya'bi, dari Alqamah, dari Salamah ibnu Qais Al-Asyja'i yang
mengatakan, "Aku dan saudaraku datang kepada Nabi Saw., lalu kami bertanya, '
Sesungguhnya ibu kami telah meninggal dunia dimasa Jahiliah, padahal dahulu dia
adalah seorang yang suka menghormati tamu, suka bersilaturahmi, tetapi ia
pernah mengubur hidup-hidup saudara perempuannya yang belum balig di masa
Jahiliah.' Maka Rasulullah Saw. bersabda:
"الْوَائِدَةُ
وَالْمَوْءُودَةُ فِي النَّارِ، إِلَّا أَنْ تُدْرِكَ الْوَائِدَةُ الْإِسْلَامَ،
فَتُسْلِمَ"
'Wanita yang mengubur hidup-hidup anak perempuan dan anak perempuan yang
dikuburnya hidup-hidup (keduanya) berada di dalam neraka, terkecuali bila
si wanita yang mengubur hidup-hidup anak perempuannya itu menjumpai masa Islam,
lalu masuk Islam'.”
Sanad hadis ini hasan.
Pendapat terakhir mengatakan bahwa segala sesuatunya diserahkan kepada Allah.
Dengan kata lain, mereka bersikap abstain, dan mereka melandasi pendapatnya
dengan hadis Nabi Saw. yang mengatakan: Allah lebih mengetahui apa yang bakal
mereka kerjakan.
Hal ini di dalam kitab Sahihuin disebutkan melalui hadis Ja'far ibnu
Abu Iyas, dari Sa'id ibnu Jubair, dari Ibnu Abbas, bahwa Rasulullah Saw. pernah
ditanya mengenai anak-anak kaum musyrik. Beliau Saw. menjawab:
"اللَّهُ
أَعْلَمُ بِمَا كَانُوا عَامِلِينَ"
Allah lebih mengetahui apa yang bakal mereka kerjakan.
Hal yang sama disebutkan pula dalam kitab Sahihain melalui hadis
Az-Zuhri, dari Ata ibnu Yazid, dari Abu Salamah, dari Abu Hurairah, dari Nabi
Saw. Bahwa Nabi Saw. pernah ditanya mengenai anak-anak kaum musyrik, maka beliau
Saw. menjawab: Allah lebih mengetahui apa yang bakal mereka kerjakan.
Akan tetapi, di antara ulama ada yang berpendapat bahwa mereka dijadikan oleh
Allah untuk menghuni Al-A'raf (tembok-tembok yang tinggi yang membatasi
antara surga dan neraka). Pendapat ini merujuk kepada pendapat yang mengatakan
bahwa mereka termasuk ahli surga, karena sesungguhnya Al-A'raf bukanlah
tempat untuk menetap; dan tempat kembali para penduduknya tiada lain adalah
surga, seperti apa yang telah dijelaskan di dalam tafsir surat Al-A'raf.
Sebuah
pasal
Perlu diketahui bahwa perbedaan pendapat ini menyangkut anak-anak kaum
musyrik. Adapun anak-anak orang-orang mukmin, tidak ada perbedaan pendapat di
kalangan mereka mengenainya, seperti yang diceritakan oleh Abu Ya'la ibnul Farra
Al-Hambali, dari Imam Ahmad yang mengatakan bahwa tidak ada perbedaan pendapat
di kalangan para ulama tentang anak-anak kaum muslim, semua bersepakat bahwa
mereka termasuk ahli surga. Pendapat inilah yang terkenal di kalangan
orang-orang banyak, dan pendapat ini pulalah yang dapat kita buktikan
kebenarannya.
Adapun mengenai apa yang disebutkan oleh Syekh Abu Umar ibnu Abdul Bar dari
sebagian ulama, bahwa mereka bersikap abstain mengenai masalah ini dan
menyerahkan nasib mereka kepada kehendak Allah Swt., Abu Umar mengatakan bahwa
pendapat ini dikatakan oleh sejumlah ulama dari kalangan ahli fiqih dan ahli
hadis, antara lain Hammad ibnu Zaid, Hammad ibnu Salamah, Ibnul Mubarak, Ishak
ibnu Rahawaih, dan lain-lainnya. Mereka mengatakan bahwa pendapat ini mirip
dengan apa yang digambarkan oleh Imam Malik di dalam kitab Muwatta '-nya
dalam Abwabul Qadar, yakni hadis-hadis yang diketengahkannya dalam hal
ini.
Pendapat ini pulalah yang dijadikan pegangan oleh murid-muridnya, padahal
tiada suatu nas pun yang bersumber dari Imam Malik mengenainya. Akan tetapi,
kalangan ulama terkemudian dari kalangan pengikutnya berpendapat bahwa anak-anak
dari kaum muslim berada di dalam surga, sedangkan anak-anak kaum musyrik
khususnya berada dalam kehendak Allah. Demikianlah menurut Abu Umar, dan
pendapat ini dinilai garib sekali.
Abu Abdullah Al-Qurtubi mengatakan hal yang semisal dengan pendapat di atas
dalam kitabnya At-Tazkirah.
Dalam masalah ini mereka menyebutkan pula hadis Aisyah binti Talhah, dari
Aisyah Ummul Mu’minin yang menceritakan bahwa:
دُعِيَ
النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى جِنَازَةِ صَبِيٍّ مِنَ
الْأَنْصَارِ، فَقُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، طُوبَى لَهُ عُصْفُورٌ مِنْ
عَصَافِيرِ الْجَنَّةِ لَمْ يَعْمَلِ السُّوءَ وَلَمْ يُدْرِكْهُ، فَقَالَ: "أَوَ
غَيْرَ ذَلِكَ يَا عَائِشَةُ، إِنَّ اللَّهَ خَلَقَ الْجَنَّةَ وَخَلَقَ لَهَا
أَهْلًا وَهُمْ فِي أَصْلَابِ آبَائِهِمْ، وَخَلَقَ النَّارَ وَخَلَقَ لَهَا
أَهْلًا وَهُمْ فِي أَصْلَابِ آبائهم"
Nabi Saw. diundang untuk mengurusi jenazah seorang anak dari kalangan Ansar.
Maka saya (Aisyah) berkata, "Wahai Rasulullah, beruntunglah anak ini, dia
menjadi seekor burung pipit surga, tidak pernah melakukan suatu dosa dan tidak
pula menjumpainya." Maka Nabi Saw. bersabda: Hai Aisyah, tidaklah demikian
keadaannya. Sesungguhnya Allah menciptakan surga dan menciptakan pula
penduduknya, sedangkan mereka masih berada di dalam tulang sulbi bapak-bapak
mereka. Dan Allah menciptakan neraka serta menciptakan pula penduduknya,
sedangkan mereka masih berada di dalam tulang sulbi bapak-bapak mereka.
Hadis riwayat Muslim, Ahmad, Abu Daud, Nasai, dan Ibnu Majah.
Mengingat pembahasan dalam masalah ini memerlukan dalil-dalil yang sahih lagi
baik — sedangkan orang-orang banyak yang mengutarakan pendapatnya mengenai
masalah ini, padahal mereka tidak mempunyai pengetahuan dari pentasyri'
mengenainya—maka sejumlah ulama memakruhkan pembahasan masalah ini.
Hal ini diriwayatkan dari Ibnu Abbas, Al-Qasim ibnu Muhammad ibnu Abu Bakar
As-Siddiq, Muhammad ibnul Hanafiyah, dan yang lainnya.
Ibnu Hibban di dalam kitab sahihnya telah mengetengahkan sebuah hadis dari
Jarir ibnu Hazim; ia pernah mendengar Abu Raja Al-Utaridi mengatakan bahwa ia
pernah mendengar Ibnu Abbas r.a. berkhotbah di atas mimbarnya seraya
mengeluarkan hadis berikut, bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda:
"لَا
يَزَالُ أَمْرُ هَذِهِ الْأُمَّةِ مُوَاتِيًا -أَوْ مُقَارِبًا-مَا لَمْ
يَتَكَلَّمُوا فِي الوِلْدان والقَدَر".
Perkara umat ini tetap dalam keadaan lancar atau mendekati (kebenaran)
selama mereka tidak membicarakan masalah wildan dan takdir.
Ibnu Hibban mengatakan, yang dimaksud dengan wildan ialah anak-anak
kaum musyrik. Hal yang sama telah diriwayatkan oleh Abu Bakar Al-Bazzar melalui
jalur Jarir ibnu Hazm dengan sanad yang sama, kemudian ia mengatakan bahwa hadis
ini telah diriwayatkan pula oleh jama'ah melalui Abu Raja, dari Ibnu Abbas
secara mauquf.