Tafsir Surat At-Taubah, ayat 73-74
{يَا
أَيُّهَا النَّبِيُّ جَاهِدِ الْكُفَّارَ وَالْمُنَافِقِينَ وَاغْلُظْ عَلَيْهِمْ
وَمَأْوَاهُمْ جَهَنَّمُ وَبِئْسَ الْمَصِيرُ (73) يَحْلِفُونَ بِاللَّهِ مَا
قَالُوا وَلَقَدْ قَالُوا كَلِمَةَ الْكُفْرِ وَكَفَرُوا بَعْدَ إِسْلامِهِمْ
وَهَمُّوا بِمَا لَمْ يَنَالُوا وَمَا نَقَمُوا إِلا أَنْ أَغْنَاهُمُ اللَّهُ
وَرَسُولُهُ مِنْ فَضْلِهِ فَإِنْ يَتُوبُوا يَكُ خَيْرًا لَهُمْ وَإِنْ
يَتَوَلَّوْا يُعَذِّبْهُمُ اللَّهُ عَذَابًا أَلِيمًا فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ
وَمَا لَهُمْ فِي الأرْضِ مِنْ وَلِيٍّ وَلا نَصِيرٍ (74) }
Hai Nabi, berjihadlah (melawan) orang-orang kafir dan orang orang munafik itu.
dan bersikap keraslah terhadap mereka. Tempat mereka ialah neraka Jahannam. Dan
itulah tempat kembali yang seburuk-buruknya. Mereka (orang-orang munafik
itu) bersumpah dengan (nama) Allah, bahwa mereka tidak mengatakan
(sesuatu yang menyakitimu). Sesungguhnya mereka telah mengucapkan
perkataan kekafiran, dan telah menjadi kafir sesudah Islam, dan mengingini apa
yang mereka tidak dapat mencapainya; dan mereka tidak mencela (Allah dan
Rasul-Nya}, kecuali karena Allah dan Rasul-Nya telah melimpahkan karunia-Nya
kepada mereka. Maka jika mereka bertobat, itu adalah lebih baik bagi mereka; dan
jika mereka berpaling, niscaya Allah akan mengazab mereka dengan azab yang pedih
di dunia dan di akhirat; dan mereka sekali-kali tidak mempunyai pelindung dan
tidak (pula) penolong di muka bumi.
Allah Swt. memerintahkan Rasul-Nya untuk berjihad melawan orang-orang kafir
dan orang-orang munafik, memerintahkan pula agar bersikap kasar terhadap mereka.
Hal itu merupakan kebalikan dari apa yang telah diperintahkan-Nya terhadap
orang-orang mukmin, Allah memerintahkan Nabi-Nya untuk bersikap lemah lembut
kepada orang-orang yang mengikutinya, yaitu kaum mukmin. Dan Allah
memberitahukan bahwa tempat kembali orang-orang kafir dan orang-orang munafik
kelak di hari kemudian adalah neraka.
Dalam pembahasan terdahulu telah disebutkan sebuah hadis melalui Amirul
Mu’minin Ali ibnu Abu Talib yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw. telah
mengirimkan empat perintah berperang. Pertama ditujukan kepada orang-orang
musyrik, seperti yang disebutkan oleh firman-Nya:
{فَإِذَا
انْسَلَخَ الأشْهُرُ الْحُرُمُ فَاقْتُلُوا الْمُشْرِكِينَ}
Apabila sudah habis bulan-bulan Haram (suci) itu, maka bunuhlah
orang-orang musyrik. (At-Taubah: 5)
Lalu perang terhadap orang-orang kafir dari kalangan Ahli Kitab, seperti yang
disebutkan oleh firman-Nya:
{قَاتِلُوا
الَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَلا بِالْيَوْمِ الآخِرِ وَلا يُحَرِّمُونَ
مَا حَرَّمَ اللَّهُ وَرَسُولُهُ وَلا يَدِينُونَ دِينَ الْحَقِّ مِنَ الَّذِينَ
أُوتُوا الْكِتَابَ حَتَّى يُعْطُوا الْجِزْيَةَ عَنْ يَدٍ وَهُمْ
صَاغِرُونَ}
Perangilah orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan tidak
(pula) kepada hari kemudian dan mereka tidak mengharamkan apa yang telah,
diharamkan oleh Allah dan Rasul-Nya dan tidak beragama dengan agama yang benar
(agama Allah), (yaitu orang-orang) yang diberikan Al-Kitab kepada mereka,
sampai mereka membayar jizyah dengan patuh, sedangkan mereka dalam keadaan
tunduk. (At-Taubah: 29)
Kemudian perang terhadap orang-orang munafik, seperti yang disebutkan oleh
firman-Nya:
{جَاهِدِ
الْكُفَّارَ وَالْمُنَافِقِينَ}
berjihadlah (melawan) orang-orang kafir dan orang-orang munafik.
(At-Taubah: 73)
Setelah itu perang terhadap para pemberontak, seperti yang disebutkan oleh
firman-Nya:
{فَقَاتِلُوا
الَّتِي تَبْغِي حَتَّى تَفِيءَ إِلَى أَمْرِ اللَّهِ}
maka perangilah golongan yang berbuat aniaya itu sehingga golongan itu
telah kembali kepada perintah Allah. (Al-Hujurat: 9)
Hadis ini menunjukkan pengertian bahwa kaum mukmin diperintahkan untuk
berjihad melawan orang-orang munafik bila mereka muncul, yaitu dengan perlawanan
bersenjata. Pendapat inilah yang dipilih oleh Ibnu Jarir.
Ibnu Mas'ud telah mengatakan sehubungan dengan makna firman-Nya:
berjihadlah (melawan) orang-orang kafir dan orang-orang munafik itu.
(At-Taubah: 73) Yakni dengan kekuatan; dan jika tidak mampu, maka hadapilah
pelakunya dengan wajah yang masam.
Ibnu Abbas mengatakan bahwa Allah Swt. memerintahkan Rasulullah Saw. untuk
berjihad melawan orang-orang kafir dengan senjata dan orang-orang munafik dengan
lisan, serta meniadakan sikap lemah lembut terhadap mereka.
Ad-Dahhak mengatakan, "Berjihadlah melawan orang-orang kafir dengan senjata,
dan bersikap kasarlah terhadap orang-orang munafik dalam bertutur kata. Itulah
cara mujahadah melawan mereka." Hal yang semisal telah diriwayatkan pula dari
Muqatil serta Ar-Rabi'.
Al-Hasan, Qatadah, dan Mujahid mengatakan bahwa pengertian mujahadah
melawan mereka ialah dengan menegakkan hukuman had terhadap mereka. Akan
tetapi, dapat dikatakan pula bahwa tidak ada pertentangan di antara
pendapat-pendapat ini; karena adakalanya mereka diperlakukan dengan salah
satunya, adakalanya dengan hukum yang lainnya, segala sesuatunya disesuaikan
dengan keadaan.
*******************
Firman Allah Swt.:
{يَحْلِفُونَ
بِاللَّهِ مَا قَالُوا وَلَقَدْ قَالُوا كَلِمَةَ الْكُفْرِ وَكَفَرُوا بَعْدَ
إِسْلامِهِمْ}
Mereka (orang-orang munafik itu) bersumpah dengan (nama)
Allah, bahwa mereka tidak mengatakan (sesuatu yang menyakitimu).
Sesungguhnya mereka telah mengucapkan perkataan kekafiran, dan telah menjadi
kafir sesudah Islam. (At-Taubah: 74)
Qatadah mengatakan bahwa ayat ini diturunkan berkenaan dengan Abdullah ibnu
Ubay. Pada awal mulanya ada dua orang lelaki yang salah seorangnya dari Bani
Juhani, sedangkan yang lainnya dari kalangan Ansar; keduanya terlibat dalam
suatu perkelahian. Lalu orang Juhani itu dapat mengalahkan orang Ansar yang
menjadi lawannya. Maka Abdullah ibnu Ubay berkata kepada orang-orang Ansar,
"Tidakkah kalian menolong saudara kalian? Demi Allah, tiada perumpamaan antara
kita dan Muhammad melainkan seperti apa yang dikatakan oleh seseorang, bahwa
gemukkanlah anjingmu, niscaya anjing itu akan memakanmu." Abdullah ibnu Ubay
mengatakan pula, "Sesungguhnya jika kita telah kembali ke Madinah, orang yang
kuat benar-benar akan mengusir orang-orang yang lemah darinya." Kemudian apa
yang dikatakannya itu disampaikan kepada Nabi Saw. oleh seseorang dari kalangan
kaum muslim. Maka Nabi Saw. memanggil Abdullah ibnu Ubay dan menanyainya. Lalu
Abdullah ibnu Ubay mengingkari perkataannya itu dan bersumpah dengan menyebut
nama Allah, bahwa dia tidak mengatakannya. Maka Allah Swt. menurunkan ayat
ini.
Ismail ibnu Ibrahim ibnu Uqbah telah meriwayatkan dari pamannya (yaitu Musa
ibnu Uqbah) yang mengatakan, "Telah menceritakan kepadaku Abdullah ibnul Fadl,
bahwa ia pernah mendengar Anas ibnu Malik r.a. mengatakan bahwa ia pernah
bersedih hati atas musibah yang menimpa kaumnya di Al-Harrah. Lalu Zaid ibnu
Arqam menulis surat kepadanya setelah mendengar kesedihan (kedukaan) yang sedang
dialaminya. Di dalam suratnya itu Zaid ibnu Arqam mengingatkan akan sabda Nabi
Saw. yang pernah didengarnya, bahwa beliau Saw. pernah bersabda:
اللَّهُمَّ،
اغْفِرْ لِلْأَنْصَارِ وَلِأَبْنَاءِ الْأَنْصَارِ"
'Ya Allah, berilah ampunan bagi orang-orang Ansar, juga bagi anak-anak
mereka'.
Ibnul Fadl merasa ragu tentang teks yang menyebutkan, "Anak-anak orang
Ansar." Ibnul Fadl melanjutkan kisahnya, "Lalu Anas r.a. bertanya tentang Zaid
ibnu Arqam kepada orang-orang yang ada di dekatnya. Maka ada seseorang yang
mengatakan bahwa Zaid ibnu Arqam adalah seseorang yang pernah disebutkan oleh
Rasulullah Saw. dalam salah satu sabdanya,
"أَوْفَى
اللَّهُ لَهُ بِأُذُنِهِ"
'Allah telah memperkenankan baginya berkat telinganya."
Demikian itu terjadi ketika Zaid mendengar seorang lelaki dari kalangan
orang-orang munafik mengatakan, 'Jika dia (Nabi Saw.) benar, berarti kita ini
lebih buruk daripada keledai.' Saat itu Nabi Saw. sedang dalam khotbahnya. Maka
Zaid ibnu Arqam dengan spontan menjawab, 'Dia, demi Allah, benar. Dan
sesungguhnya kamu lebih buruk daripada keledai.' Kemudian hal tersebut
dilaporkan kepada Rasulullah Saw., tetapi orang yang mengatakannya
mengingkarinya, maka Allah menurunkan ayat ini membenarkan Zaid, yakni firman
Allah Swt.: 'Mereka bersumpah dengan (nama) Allah, bahwa mereka tidak
mengatakannya. (At-Taubah: 74), hingga akhir ayat'."
Imam Bukhari meriwayatkannya di dalam kitab Sahih-nya dari Ismail ibnu
Abu Uwais, dari Isma'il Ibnu Ibrahim ibnu Uqbah sampai dengan teks yang
menyebutkan bahwa orang ini adalah orang yang telah dipenuhi oleh Allah dengan
seizin-Nya (yakni dibenarkan oleh Allah). Barangkali teks yang sesudahnya
merupakan perkataan Musa ibnu Uqbah.
Muhammad ibnu Falih telah meriwayatkannya dari Musa ibnu Uqbah berikut
sanadnya, kemudian ia mengatakan bahwa Ibnu Syihab telah mengatakan, lalu
disebutkan teks yang sesudahnya berasal dari Musa, dari Ibnu Syihab.
Menurut pendapat yang terkenal sehubungan dengan kisah ini, kisah ini terjadi
dalam perang melawan Banil Mustaliq. Barangkali si perawi menuturkan ayat ini
hanya berdasarkan dugaan; pada mulanya dia hendak menyebutkan yang lainnya,
tetapi pada akhirnya dia menyebutkan ayat ini.
Al-Umawi di dalam kitab Magazi-nya mengatakan bahwa telah menceritakan
kepada kami Muhammad ibnu Ishaq, dari Az-Zuhri, dari Abdur Rahman ibnu Abdullah
ibnu Ka'b ibnu Malik, dari ayahnya, dari kakeknya yang menceritakan, "Ketika
Rasulullah Saw. kembali dari medan perang, maka kaumku mendesakku melalui
perkataan mereka, 'Sesungguhnya engkau adalah seorang penyair. Jika engkau
menghendaki, dapat saja engkau mengemukakan alasan kepada Rasulullah Saw. bahwa
engkau berhalangan, tidak dapat ikut perang. Hal itu jelas merupakan suatu dosa,
lalu kamu memohon ampun kepada Allah dari dosa itu'."
Selanjutnya disebutkan bahwa termasuk di antara orang-orang munafik yang
tidak ikut berangkat berjihad —dan diturunkan Al-Qur'an berkenaan dengan mereka—
terdapat seseorang yang berpihak kepada Nabi Saw., yaitu Al-Jallas ibnu Suwaid
ibnus Samit. Al-Jallas adalah suami Ummu Umair ibnu Sa'd, saat itu Umair berada
di dalam asuhannya.
Ketika Al-Qur'an yang menyebutkan perihal sikap orang-orang munafik
diturunkan, maka Al-Jallas berkata, "Demi Allah, jika lelaki ini (Nabi Saw.)
benar dalam apa yang diucapkannya, maka sesungguhnya kami ini lebih buruk
daripada keledai." Dan perkataannya itu terdengar oleh Umair ibnu Sa'd. Maka
Umair berkata, "Demi Allah, hai Jallas, sesungguhnya engkau benar-benar orang
yang paling aku sukai, paling membelaku, dan paling aku bela dari sesuatu yang
tidak disukainya bila menimpa dirinya. Dan sekarang engkau telah mengatakan
suatu ucapan yang bila aku tuturkan akan mempermalukan diriku; tetapi jika aku
sembunyikan, niscaya akan membinasakanku. Dan sesungguhnya salah satu di antara
dua pilihan itu ada yang lebih ringan bagiku."
Akhirnya Umair berangkat menemui Rasulullah Saw. dan menceritakan kepadanya
tentang semua yang telah dikatakan oleh Al-Jallas. Ketika hal itu terdengar oleh
Al-Jallas, maka Al-Jallas datang menghadap Nabi Saw., lalu bersumpah dengan
menyebut nama Allah bahwa dia tidak mengatakan apa yang telah diceritakan oleh
Umair itu dan bahwa Umair telah berdusta terhadapnya. Maka Allah Swt. menurunkan
firman-Nya: Mereka (orang-orang munafik itu) bersumpah dengan
(nama) Allah, bahwa mereka tidak mengatakan (sesuatu yang
menyakitimu). Sesungguhmu mereka telah mengucapkan perkataan kekafiran, dan
telah menjadi kafir sesudah Islam. (At-Taubah: 74), hingga akhir ayat.
Maka Rasulullah Saw. memberlakukan Al-Jallas sesuai dengan apa yang dikatakan
oleh ayat ini. Dan mereka (para perawi) menduga bahwa Al-Jallas bertobat sesudah
itu dan berbuat baik dalam tobatnya serta melucuti dirinya dari kemunafikan
dengan baik. Demikianlah kalimat yang disisipkan di dalam hadis yang muttasil
sampai kepada Ka'b ibnu Malik. Akan tetapi, hanya Allah yang lebih
mengetahui; seakan-akan hal ini merupakan perkataan Ibnu Ishaq sendiri, bukan
perkataan Ka'b ibnu Malik.
Urwah ibnuz Zubair mengatakan bahwa ayat ini diturunkan berkenaan dengan
Al-Jallas ibnu Suwaid ibnus Samit. Ia datang bersama anak tirinya (yaitu Mus'ab)
dari Quba. Lalu Al-Jallas berkata, "Jika apa yang disampaikan oleh Muhammad ini
benar, berarti kami lebih buruk daripada keledai yang kita naiki sekarang ini."
Mus'ab berkata, "Ingatlah, demi Allah, hai musuh Allah, sungguh aku akan
menceritakan apa yang kamu katakan itu kepada Rasulullah Saw."
Ketika aku (Mus'ab) tiba di hadapan Nabi Saw., diriku merasa khawatir bila
diturunkan Al-Qur'an yang menceritakan perihal diriku, atau aku akan tertimpa
azab atau akan dilibatkan ke dalam kesalahannya. Akhirnya aku berkata, "Wahai
Rasulullah, saya dan Al-Jallas datang dari Quba, lalu Al-Jallas mengatakan anu
dan anu. Sekiranya saya tidak merasa takut akan dilibatkan ke dalam kesalahannya
atau tertimpa suatu azab, niscaya saya tidak akan menceritakan hal ini
kepadamu."
Maka Al-Jallas dipanggil, lalu Rasul Saw. bertanya, "Hai Jallas, apakah
engkau telah mengatakan apa yang diceritakan oleh Mus'ab?" Al-Jallas
bersumpah bahwa dia tidak mengatakannya. Maka Allah Swt. menurunkan firman-Nya:
Mereka (orang-orang munafik itu) bersumpah dengan (nama) Allah,
bahwa mereka tidak mengatakan (sesuatu yang menyakitimu). (At-Taubah: 74),
hingga akhir ayat.
Muhammad ibnu Ishaq mengatakan, "Orang yang mengucapkan perkataan itu menurut
apa yang sampai kepadaku ialah Al-Jallas ibnu Suwaid ibnus Samit. Lalu ucapan
itu disampaikan kepada Nabi Saw. oleh seorang lelaki yang berada di dalam
asuhannya; lelaki itu dikenal dengan nama Umair ibnu Sa'd. Lalu Al-Jallas
mengingkari ucapannya itu dan bersumpah dengan menyebut nama Allah bahwa dia
tidak mengatakannya. Setelah diturunkan Al-Qur'an mengenainya, maka ia bertobat
dan meninggalkan perbuatannya itu serta berbuat baik dalam tobatnya. Demikianlah
berita yang sampai kepadaku."
قَالَ
الْإِمَامُ أَبُو جَعْفَرِ بْنُ جَرِيرٍ: حَدَّثَنِي أَيُّوبُ بْنُ إِسْحَاقَ بْنِ
إِبْرَاهِيمَ، حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ رَجَاءٍ، حَدَّثَنَا إِسْرَائِيلُ،
عَنْ سِمَاكٍ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَير، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: كَانَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جَالِسًا فِي ظِلِّ شَجَرَةٍ فَقَالَ:
"إِنَّهُ سيأتيكم إنسان فينظر إِلَيْكُمْ بِعَيْنَيِ الشَّيْطَانِ، فَإِذَا جَاءَ
فَلَا تُكَلِّمُوهُ". فَلَمْ يَلْبَثُوا أَنْ طَلَعَ رَجُلٌ أَزْرَقُ، فَدَعَاهُ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فقال: "عَلَامَ تَشْتُمُنِي
أَنْتَ وَأَصْحَابُكَ؟ " فَانْطَلَقَ الرَّجُلُ فَجَاءَ بِأَصْحَابِهِ، فَحَلَفُوا
بِاللَّهِ مَا قَالُوا، حَتَّى تَجَاوُزَ عَنْهُمْ، فَأَنْزَلَ اللَّهُ، عَزَّ
وَجَلَّ: {يَحْلِفُونَ بِاللَّهِ مَا قَالُوا} الْآيَةَ
Imam Abu Ja'far ibnu Jarir mengatakan bahwa telah menceritakan kepadaku Ayyub
ibnu Ishaq ibnu Ibrahim, telah menceritakan kepada kami Abdullah ibnu Raja,
telah menceritakan kepada kami Israil, dari Sammak, dari Sa' id ibnu Jubair.
dari Ibnu Abbas yang mengatakan bahwa ketika Rasulullah Saw. sedang duduk di
bawah naungan sebuah pohon, maka beliau Sawi bersabda: Sesungguhnya akan
datang kepada kalian seorang manusia, lalu ia memandang kalian dengan pandangan
mata setan. Maka apabila dia datang, janganlah kalian berbicara dengannya.
Tidak lama kemudian datanglah seorang lelaki yang bermata biru. Lalu
Rasulullah Saw. memanggilnya dan bertanya, "Mengapa engkau dan teman-temanmu
mencaci maki diriku?" Lalu lelaki itu pergi dan datang kembali dengan
teman-temannya, lalu mereka bersumpah dengan menyebut nama Allah bahwa mereka
tidak mengatakannya, hingga Rasulullah Saw. memaafkan mereka. Maka Allah Swt.
menurunkan firman-Nya: Mereka (orang-orang munafik itu) bersumpah
dengan (nama) Allah, bahwa mereka tidak mengatakan (sesuatu yang
menyakitimu). (At-Taubah: 74). hingga akhir ayat.
*******************
Firman Allah Swt.:
وَهَمُّوا
بِما لَمْ يَنالُوا
dan mengingini apa yang mereka tidak dapat mencapainya. (At-Taubah:
74)
Menurut suatu pendapat, ayat ini diturunkan berkenaan dengan Al-Jallas ibnus
Suwaid. Demikian itu karena dia berniat membunuh anak tirinya di saat anak
tirinya mengatakan kepadanya, "Sungguh aku akan menceritakan ucapanmu itu
kepada Rasulullah Saw."
Menurut pendapat lainnya, ayat ini diturunkan berkenaan dengan Abdullah ibnu
Ubay yang berniat membunuh Rasulullah Saw.
As-Saddi mengatakan bahwa ayat ini diturunkan berkenaan dengan sejumlah orang
yang hendak mengangkat Abdullah ibnu Ubay sebagai pemimpin, sekalipun Rasulullah
Saw. tidak rela.
Di dalam suatu riwayat disebutkan bahwa ada sejumlah orang munafik yang
berniat hendak membunuh Nabi Saw. dalam Perang Tabuk, yaitu di suatu malam
ketika Rasulullah Saw. masih berada dalam perjalanan menuju ke arahnya. Mereka
terdiri atas belasan orang lelaki. Ad-Dahhak mengatakan, ayat ini diturunkan
berkenaan dengan mereka.
Hal ini jelas disebutkan dalam riwayat Al-Hafiz Abu Bakar Al-Baihaqi di dalam
kitab Dalailun Nubuwwah melalui hadis Muhammad ibnu Ishaq, dari
Al-A'masy, dari Amr ibnu Murrah, dari Abul Buhturi, dari Huzaifah ibnul Yaman
r.a. yang menceritakan,
كُنْتُ
آخِذًا بِخِطَامِ نَاقَةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
أَقُودُ بِهِ، وَعَمَّارٌ يَسُوقُ النَّاقَةَ -أَوْ أَنَا: أَسُوقُهُ، وَعَمَّارٌ
يَقُودُهُ -حَتَّى إِذَا كُنَّا بِالْعَقَبَةِ فَإِذَا أَنَا بِاثْنَيْ عَشَرَ
رَاكِبًا قَدِ اعْتَرَضُوهُ فِيهَا، قَالَ: فَأَنْبَهْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ [بِهِمْ] فَصَرَخَ بِهِمْ فَوَلَّوْا مُدْبِرِينَ،
فَقَالَ لَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "هَلْ
عَرَفْتُمُ الْقَوْمَ؟ قُلْنَا: لَا يَا رَسُولَ اللَّهِ، قَدْ كَانُوا
مُتَلَثِّمِينَ، وَلَكُنَّا قَدْ عَرَفْنَا الرِّكَّابَ. قَالَ: "هَؤُلَاءِ
الْمُنَافِقُونَ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ، وَهَلْ تَدْرُونَ مَا أَرَادُوا؟ "
قُلْنَا: لَا. قَالَ: "أَرَادُوا أَنْ يَزْحَمُوا رَسُولَ اللَّهِ فِي
الْعَقَبَةِ، فَيُلْقُوهُ مِنْهَا". قُلْنَا: يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَوَ لَا
تَبْعَثُ إِلَى عَشَائِرِهِمْ حَتَّى يَبْعَثَ إِلَيْكَ كُلُّ قَوْمٍ بِرَأْسِ
صَاحِبِهِمْ؟ قَالَ: "لَا أَكْرَهُ أَنْ تَتَحَدَّثَ الْعَرَبُ بَيْنَهَا أَنَّ
مُحَمَّدًا قَاتَلَ بِقَوْمٍ حَتَّى [إِذَا] أَظْهَرَهُ اللَّهُ بِهِمْ أَقْبَلَ
عَلَيْهِمْ يَقْتُلُهُمْ"، ثُمَّ قَالَ: "اللَّهُمَّ ارْمِهِمْ بِالدُّبَيْلَةِ".
قُلْنَا: يَا رَسُولَ اللَّهِ، وَمَا الدُّبَيْلَةُ؟ قَالَ: "شِهَابٌ مِنْ نَارٍ
يَقَعُ عَلَى نِيَاطِ قَلْبِ أَحَدِهِمْ فَيَهْلِكُ"
"Saya memegang tali kendali unta Rasulullah Saw. seraya menuntunnya,
sedangkan Ammar menggiring unta itu; atau Ammar yang menuntunnya, sedangkan saya
yang menggiringnya. Ketika kami sampai di' Aqabah, tiba-tiba kami bersua dengan
dua belas lelaki penunggang kuda yang datang menghalangi jalan Rasulullah Saw.
ke medan Tabuk. Maka saya mengingatkan Rasul Saw. akan sikap mereka itu, lalu
Rasulullah Saw. meneriaki mereka, dan akhirnya mereka lari mundur ke belakang.
Rasulullah Saw. bersabda kepada kami, 'Tahukah kalian siapakah kaum itu?'
Kami menjawab, 'Tidak, wahai Rasulullah, karena mereka memakai cadar. Tetapi
kami mengenali mereka dari pelana-pelananya.' Rasulullah Saw. bersabda,
'Mereka adalah orang-orang munafik sampai hari kiamat. Tahukah kalian apakah
yang hendak mereka lakukan?' Kami menjawab, 'Tidak tahu.' Rasulullah Saw.
menjawab, 'Mereka bermaksud mendesak Rasulullah Saw. di 'Aqabah. Dengan
demikian, maka mereka akan menjatuhkannya ke Lembah "Aqabah.' Kami (para
sahabat) berkata. 'Wahai Rasulullah, bolehkah kami mengirimkan orang kepada
keluarga mereka sehingga masing-masing kaum mengirimkan kepadamu kepala teman
mereka itu?' Rasulullah Saw. bersabda, 'Jangan, aku tidak suka bila kelak
orang-orang Arab mempergunjingkan di antara sesama mereka bahwa Muhammad telah
berperang bersama suatu kaum, tetapi setelah Allah memberikan kemenangan
kepadanya bersama mereka, lalu ia berbalik memerangi mereka.' Kemudian
Rasulullah Saw. berdoa, 'Ya Allah, lemparlah mereka dengan Dahilah'
Kami bertanya, 'Wahai Rasulullah, apakah Dahilah itu?' Rasul Saw
menjawab, 'Bara api yang mengenai bagian dalam hati seseorang di
antara mereka, lalu ia binasa.
Imam Ahmad rahimahullah mengatakan:
حَدَّثَنَا
يَزِيدُ، أَخْبَرَنَا الْوَلِيدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ جُمَيْعٍ، عَنْ أَبِي
الطُّفَيْلِ قَالَ: لَمَّا أَقْبَلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ من غَزْوَةِ تَبُوكَ، أَمَرَ مُنَادِيًا فَنَادَى: إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَخَذَ الْعَقَبَةَ فَلَا يَأْخُذْهَا أَحَدٌ.
فَبَيْنَمَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُودُهُ
حُذَيْفَةُ وَيَسُوقُهُ عَمَّارٌ، إِذْ أَقْبَلَ رَهْطٌ مُتَلَثِّمُونَ عَلَى
الرَّوَاحِلِ فَغَشَوْا عَمَّارًا وَهُوَ يَسُوقُ بِرَسُولِ اللَّهِ، وَأَقْبَلَ
عَمَّارٌ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، يَضْرِبُ وُجُوهَ الرَّوَاحِلِ، فَقَالَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِحُذَيْفَةَ: "قَدْ، قَدْ" حَتَّى
هَبَطَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، [فَلَمَّا هَبَطَ]
نَزَلَ وَرَجَعَ عَمَّارٌ، فَقَالَ: "يَا عَمَّارُ، هَلْ عَرَفْتَ الْقَوْمَ؟ "
فَقَالَ: قَدْ عَرَفْتُ عَامَّةَ الرَّوَاحِلِ، وَالْقَوْمُ مُتَلَثِّمُونَ. قَالَ:
"هَلْ تَدْرِي مَا أَرَادُوا؟ " قَالَ: اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ. قَالَ:
"أَرَادُوا أَنْ يُنْفِرُوا بِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
فَيَطْرَحُوهُ". قَالَ: فَسَارَّ عَمَّارٌ رَجُلًا مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ: نَشَدْتُكَ بِاللَّهِ كَمْ تَعْلَمُ
كَانَ أَصْحَابُ الْعَقَبَةِ؟ قَالَ: أَرْبَعَةَ عَشَرَ. فَقَالَ: إِنْ كُنْتَ
مِنْهُمْ فَقَدْ كَانُوا خَمْسَةَ عَشَرَ. قَالَ: فَعَذَرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْهُمْ ثَلَاثَةً قَالُوا: وَاللَّهِ مَا سَمِعْنَا
مُنَادِيَ رَسُولِ اللَّهِ، وَمَا عَلِمْنَا مَا أَرَادَ الْقَوْمُ. فَقَالَ
عَمَّارٌ: أَشْهَدُ أَنَّ الِاثْنَيْ عَشَرَ الْبَاقِينَ حَرْبٌ لِلَّهِ
وَلِرَسُولِهِ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَيَوْمَ يَقُومُ
الْأَشْهَادُ
telah menceritakan kepada kami Yazid, telah menceritakan kepada kami Al-Walid
ibnu Abdullah ibnu Jami', dari Abut Tufail yang menceritakan bahwa ketika
Rasulullah Saw. kembali dari medan Tabuk, beliau memerintahkan kepada juru
penyeru untuk menyerukan, "Sesungguhnya Rasulullah Saw. akan mengambil jalan
'Aqabah, maka janganlah ada seseorang yang menempuhnya." Ketika unta kendaraan
Rasulullah Saw. dituntun oleh Huzaifah dan digiring oleh Ammar, tiba-tiba
datanglah segolongan orang yang mengendarai unta, semuanya memakai cadar. Mereka
menutupi Ammar yang sedang menggiring unta kendaraan Rasulullah Saw. Maka Ammar
r.a. memukuli bagian depan pelana unta mereka, sedangkan Rasulullah Saw.
bersabda kepada Huzaifah, "Hentikanlah, hentikanlah." Setelah unta
kendaraan Rasulullah Saw. merunduk, maka Rasulullah Saw. turun dari unta
kendaraannya, dan saat itu Ammar telah kembali. Rasulullah Saw. bersabda,
"Hai Ammar, tahukah siapakah kaum itu tadi?" Ammar menjawab,
"Sesungguhnya saya mengenali pelana mereka, tetapi orang-orangnya kami tidak
tahu karena memakai cadar." Rasulullah Saw. bertanya. ”Tahukah kamu, apakah
yang mereka maksudkan?" Ammar menjawab, "Allah dan Rasul-Nya lebih
mengetahui." Rasulullah Saw. menjawab, "Mereka bermaksud melaratkan unta
kendaraan Rasulullah, lalu menjatuhkannya dari atas unta kendaraannya."
Lalu Ammar bertanya kepada salah seorang sahabat Rasulullah Saw. Untuk itu ia
berkata, "Aku memohon kepadamu dengan nama Allah. Menurut pengetahuanmu ada
berapakah jumlah orang-orang yang di 'Aqabah itu?" Orang itu menjawab, "Ada
empat belas orang lelaki." Ammar berkata, "Jika engkau termasuk seseorang dari
mereka, berarti jumlah mereka ada lima belas orang." Rasulullah Saw.
mengecualikan tiga orang di antara mereka. Ketiga orang itu berkata, "Demi
Allah, kami tidak mendengar juru seru Rasulullah, dan kami tidak mengetahui apa
yang dikehendaki oleh kaum itu." Maka Ammar berkata, "Saya bersaksi bahwa kedua
belas orang itu mengobarkan peperangan terhadap Allah dan Rasul-Nya dalam
kehidupan di dunia dan pada hari semua saksi bangkit tegak (yakni hari
kiamat).
Hal yang sama telah diriwayatkan oleh Ibnu Luhai'ah, dari Abul Aswad, dari
Urwah ibnuz Zubair.
Disebutkan pula bahwa Rasulullah Saw. memerintahkan kaum muslim untuk
menempuh jalan perut lembah. Sedangkan beliau sendiri bersama Huzaifah dan Ammar
menaiki lembah menempuh jalan 'Aqabah. Maka mereka diikuti oleh segolongan
orang-orang yang hina itu seraya memakai cadar, lalu mereka menempuh jalan
'Aqabah. Tetapi Allah Swt. memperlihatkan niat mereka kepada Rasulullah Saw.
Maka Rasulullah Saw. memerintahkan kepada Huzaifah untuk kembali kepada mereka
(turun), lalu Huzaifah memukuli bagian depan pelana unta mereka sehingga mereka
terkejut dan kembali dalam keadaan tercela. Rasulullah Saw. memberitahukan
kepada Huzaifah dan Ammar tentang nama-nama mereka serta niat mereka yang jahat
itu, yaitu hendak mencelakakan diri Rasulullah Saw. Lalu Rasulullah Saw.
memerintahkan kepada keduanya agar menyembunyikan nama mereka itu.
Hal yang sama telah diriwayatkan oleh Yunus ibnu Bukair, dari Ibnu Ishaq,
hanya di dalam riwayatnya disebutkan bahwa Rasulullah Saw. menyebutkan nama
sejumlah orang dari mereka.
Hal yang sama telah diriwayatkan pula di dalam kitab Mu'jam Imam
Tabrani, menurut Imam Baihaqi.
Kesahihan riwayat ini disaksikan oleh hadis yang diriwayatkan oleh Imam
Muslim. Disebutkan bahwa: telah menceritakan kepada kami Zuhair ibnu Harb, telah
menceritakan kepada kami Abu Ahmad Al-Kufi, telah menceritakan kepada kami
Al-Walid ibnu Jami', telah menceritakan kepada kami Abut Tufail yang mengatakan
bahwa di antara seorang lelaki dari kalangan ahli 'Aqabah dengan Huzaifah
terdapat sesuatu hal yang biasa terjadi di kalangan orang banyak. Maka Huzaifah
bertanya, "Aku memohon kepadamu dengan nama Allah, ada berapakah jumlah
orang-orang itu ketika di Aqabah?" Ia teringat akan pesan kaum itu yang
mengatakan kepadanya, "Ceritakanlah kepadanya bila dia bertanya kepadamu." Maka
ia menjawab, "Kami mendapat berita bahwa jumlah mereka semuanya ada empat belas
orang. Jika aku dimasukkan bersama mereka, berarti seluruh kaum berjumlah lima
belas orang. Dan aku bersaksi kepada Allah bahwa dua belas orang di antara
mereka memusuhi Allah dan Rasul-Nya dalam kehidupan di dunia sampai hari para
saksi bangkit (yakni hari kiamat) nanti. Tiga orang diantara mereka dimaafkan.
Merekalah yang mengatakan, 'Kami tidak mendengar seruan juru seru Rasulullah,
dan kami tidak mengetahui pula apa tujuan dari kaum itu"." Lelaki itu pada
mulanya berada di Harrah sedang berjalan, lalu ia berkata, "Sesungguhnya air
sedikit, maka sebaiknya jangan sampai ada seseorang yang mendahuluiku ke tempat
air itu." Tetapi ia menjumpai suatu kaum telah mendahuluinya, maka ia melaknati
mereka pada hari itu.
Imam Muslim telah meriwayatkan pula melalui hadis Qatadah, dari Abu Nadrah,
dari Qais ibnu Abbad, dari Ammar ibnu Yasi ryang mengatakan bahwa Huzaifah
telah menceritakan kepadanya dari Nabi Saw., bahwa Nabi Saw. pernah
bersabda:
"فِي
أَصْحَابِي اثْنَا عَشَرَ مُنَافِقًا، لَا يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ، وَلَا يَجِدُونَ
رِيحَهَا حَتَّى يَلِجَ [الْجَمَلُ] فِي سَمِّ الْخِيَاطِ: ثَمَانِيَةٌ
تَكْفِيكَهُمُ الدُّبَيْلة: سِرَاجٌ مِنْ نَارٍ يَظْهَرُ بَيْنَ أكتافه حَتَّى
يَنْجُمَ مِنْ صُدُورِهِمْ"
Di antara sahabatku terdapat dua belas orang munafik, mereka tidak dapat
masuk surga dan tidak pula dapat mencium baunya hingga unta dapat masuk ke dalam
lubang jarum (yakni mustahil mereka masuk surga). Delapan orang di
antaranya telah cukup dibalas dengan Dahilah, yaitu pelita api yang muncul di
antara kedua belikat mereka, lalu menembus dada mereka.
Karena itulah maka Huzaifah dijuluki sebagai pemegang rahasia yang tidak
boleh diketahui oleh seorang pun, yakni berkenaan dengan ciri-ciri dan diri
orang-orang munafik yang terlibat dalam peristiwa itu. Rasulullah Saw. telah
memberitahukan kepadanya mengenai mereka, tidak kepada selainnya.
Imam Tabrani di dalam musnad Huzaifah telah menyebutkan nama orang-orang yang
terlibat dalam peristiwa 'Aqabah itu. Kemudian ia meriwayatkan dari Ali ibnu
Abdul Aziz, dari Az-Zubair ibnu Bakkar, bahwa mereka adalah Mu'tib ibnu Qusyair,
Wadi'ah ibnu Sabit, Jad ibnu Abdullah ibnu Nabtal ibnul Haris dari kalangan Bani
Amr ibnu Auf, Al-Haris ibnu Yazid At-Ta'i, Aus ibnu Qaizi, Al-Haris ibnu Suwaid,
Sa'd ibnu Zurarah, Qais ibnu Fahd, Suwaid ibnu Da'is dari kalangan Banil Habali,
Qais ibnu Amr ibnu Sahi, Zaid ibnul Lasit, dan Sulalah ibnul Hamam; kedua orang
yang terakhir ini dari kalangan Bani Qainuqa', mereka menampakkan dirinya
seolah-olah masuk Islam.
*******************
Firman Allah Swt.:
{وَمَا
نَقَمُوا إِلا أَنْ أَغْنَاهُمُ اللَّهُ وَرَسُولُهُ مِنْ فَضْلِهِ}
dan mereka tidak mencela (Allah dan Rasul-Nya), kecuali karena
Allah dan Rasul-Nya telah melimpahkan karunia-Nya kepada mereka. (At-Taubah:
74)
Yakni Rasulullah Saw. tidak mempunyai kesalahan apa pun kepada mereka,
kecuali karena Allah telah memberikan kecukupan kepada mereka berkat kemurahan
dan karunia-Nya. Seandainya nikmat Allah telah disempurnakan kepada mereka,
niscaya mereka akan mendapat petunjuk dari Allah untuk mengikuti apa yang
disampaikan oleh Nabi Saw. Seperti yang dikatakan oleh Nabi Saw. kepada
orang-orang Ansar:
"أَلَمْ
أَجِدْكُمْ ضُلالا فَهَدَاكُمُ اللَّهُ بِي؟ وَكُنْتُمْ مُتَفَرِّقِينَ
فَأَلَّفَكُمُ اللَّهُ بِي؟ وَعَالَةً فَأَغْنَاكُمُ اللَّهُ بِي؟ " كُلَّمَا قَالَ
شَيْئًا قَالُوا: اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَمَنُّ.
Bukankah aku menjumpai kalian dalam keadaan sesat, lalu Allah memberi
kalian petunjuk melaluiku; dan kalian dalam keadaan berpecah belah, lalu Allah
mempersatukan kalian dengan melaluiku; dan kalian dalam keadaan miskin, lalu
Allah memberikan kecukupan kepada kalian dengan melaluiku. Pada setiap
kalimat yang diucapkan oleh Nabi Saw., mereka (orang-orang Ansar) selalu
berkata, "Hanya kepada Allah dan Rasul-Nya kami beriman."
Ungkapan ayat ini diucapkan dalam keadaan tidak ada dosa, seperti pengertian
yang terkandung di dalam ayat lain melalui firman-Nya:
{وَمَا
نَقَمُوا مِنْهُمْ إِلا أَنْ يُؤْمِنُوا بِاللَّهِ الْعَزِيزِ
الْحَمِيدِ}
Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena
orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah. (Al-Buruj: 8), hingga akhir
ayat.
Demikian pula dalam sabda Rasulullah Saw. yang mengatakan:
مَا
يَنْقِمُ ابْنُ جَمِيلٍ إِلَّا أَنْ كَانَ فَقِيرًا فَأَغْنَاهُ
اللَّهُ
Tidak sekali-kali Ibnu Jamil mencela (Allah dan Rasul-Nya) kecuali
karena pada asal mulanya ia fakir, lalu Allah memberinya kecukupan.
Kemudian Allah Swt. menyeru mereka untuk bertobat. Hal ini diungkapkan
melalui firman-Nya:
{فَإِنْ
يَتُوبُوا يَكُ خَيْرًا لَهُمْ وَإِنْ يَتَوَلَّوْا يُعَذِّبْهُمُ اللَّهُ عَذَابًا
أَلِيمًا فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ}
Maka jika mereka bertobat, itu adalah lebih baik bagi mereka; dan
jika mereka berpaling, niscaya Allah akan mengazab mereka dengan azab yang pedih
di dunia dan di akhirat. (At-Taubah: 74)
Dengan kata lain jika mereka berkelanjutan dalam menempuh jalannya, maka
Allah akan mengazab mereka dengan siksaan yang pedih di dunia, yaitu dengan
dibunuh, beroleh kesusahan, dan kesengsaraan; juga siksaan di akhirat, yaitu
dengan azab dan pembalasan Allah, serta kehinaan dan diremehkan.
{وَمَا
لَهُمْ فِي الأرْضِ مِنْ وَلِيٍّ وَلا نَصِيرٍ}
dan mereka sekali-kali tidak mempunyai pelindung dan tidak (pula)
penolong di muka bumi. (At-Taubah: 74)
Artinya, tidak ada seorang pun yang dapat membahagiakan mereka, tidak ada
pula orang yang dapat menyelamatkan mereka; mereka sama sekali tidak akan
mendapat suatu kebaikan pun, dan tidak ada seorang pun yang dapat membela mereka
dari keburukan.