Tafsir Surat At-Taubah, ayat 124-125
{وَإِذَا
مَا أُنزلَتْ سُورَةٌ فَمِنْهُمْ مَنْ يَقُولُ أَيُّكُمْ زَادَتْهُ هَذِهِ
إِيمَانًا فَأَمَّا الَّذِينَ آمَنُوا فَزَادَتْهُمْ إِيمَانًا وَهُمْ
يَسْتَبْشِرُونَ (124) وَأَمَّا الَّذِينَ فِي قُلُوبِهِمْ مَرَضٌ فَزَادَتْهُمْ
رِجْسًا إِلَى رِجْسِهِمْ وَمَاتُوا وَهُمْ كَافِرُونَ (125) }
Dan apabila diturunkan suatu surat, maka di
antara mereka (orang-orang munafik) ada
yang berkata, "Siapakah di antara kalian yang bertambah imannya dengan
(turunnya) surat ini?” Adapun orang-orang yang beriman, maka surat ini
menambah imannya, sedangkan mereka merasa gembira. Dan adapun orang-orang yang
di dalam hati mereka ada penyakit, maka dengan surat itu bertambah kekafiran
mereka, di samping kekafirannya (yang telah ada) dan mereka mati dalam
keadaan kafir.
Firman Allah Swt.:
{وَإِذَا
مَا أُنزلَتْ سُورَةٌ}
Dan apabila diturunkan suatu surat. (At-Taubah: 124)
maka di antara orang-orang munafik:
{مَنْ
يَقُولُ أَيُّكُمْ زَادَتْهُ هَذِهِ إِيمَانًا}
ada yang berkata, "Siapakah di antara kalian yang bertambah imannya dengan
(turunnya) surat ini?” (At-Taubah: 124)
Yakni sebagian dari mereka berkata kepada sebagian yang lain, "Siapakah di
antara kalian yang bertambah imannya karena turunnya surat ini?" Maka Allah Swt.
berfirman:
فَأَمَّا
الَّذِينَ آمَنُوا فَزَادَتْهُمْ إِيمَانًا وَهُمْ يَسْتَبْشِرُونَ
Adapun orang-orang yang beriman, maka surat ini menambah imannya,
sedangkan mereka merasa gembira. (At-Taubah: 124)
Ayat yang mulia ini merupakan dalil yang paling besar yang menunjukkan bahwa
iman itu dapat bertambah dan dapat berkurang, seperti yang dikatakan oleh mazhab
kebanyakan ulama Salaf dan ulama Khalaf dari kalangan para imam ulama. Bahkan
bukan hanya seorang ada yang meriwayatkan pendapat ini sebagai suatu
kesepakatan. Masalah ini diterangkan pada permulaan Syarah Imam Bukhari
rahimahallah.
*******************
{وَأَمَّا
الَّذِينَ فِي قُلُوبِهِمْ مَرَضٌ فَزَادَتْهُمْ رِجْسًا إِلَى
رِجْسِهِمْ}
Dan adapun orang-orang yang di dalam hati mereka ada penyakit, maka dengan
surat itu bertambah kekafiran mereka. (At-Taubah: 125)
Keraguan mereka makin bertambah dan kebimbangan mereka makin menjadi di
samping keraguan dan kebimbangan yang telah ada dalam diri mereka. Perihalnya
sama dengan apa yang disebutkan oleh firman-Nya dalam ayat yang lain, yaitu:
{وَنُنزلُ
مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ}
Dan Kami turunkan dari Al-Qur’an suatu yang menjadi penawar. (Al-Isra:
82), hingga akhir ayat.
{قُلْ
هُوَ لِلَّذِينَ آمَنُوا هُدًى وَشِفَاءٌ وَالَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ فِي
آذَانِهِمْ وَقْرٌ وَهُوَ عَلَيْهِمْ عَمًى أُولَئِكَ يُنَادَوْنَ مِنْ مَكَانٍ
بَعِيدٍ}
Katakanlah, "Al-Qur’an itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang
yang beriman. Dan orang-orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada
sumbatan, sedangkan Al-Qur’an itu adalah suatu kegelapan bagi mereka. Mereka itu
adalah (seperti) orang-orang yang dipanggil dari tempat yang jauh."
(Fushshilat: 44)
Demikianlah kesimpulan dari kecelakaan yang menimpa diri mereka, bahwa apa
yang sebenarnya dapat memberikan petunjuk kepada hati, justru bagi mereka
menjadi penyebab kesesatan dan kehancuran diri mereka. Perihal mereka sama
dengan orang yang sedang sakit, disuguhkan makanan apa pun akan terasa pahit
olehnya, dan tidak menambahkan kepada dirinya selain kelemahan dan
kekurusan.