Tafsir Surat Ali Imran, ayat 81-82
{وَإِذْ
أَخَذَ اللَّهُ مِيثَاقَ النَّبِيِّينَ لَمَا آتَيْتُكُمْ مِنْ كِتَابٍ وَحِكْمَةٍ
ثُمَّ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مُصَدِّقٌ لِمَا مَعَكُمْ لَتُؤْمِنُنَّ بِهِ
وَلَتَنْصُرُنَّهُ قَالَ أَأَقْرَرْتُمْ وَأَخَذْتُمْ عَلَى ذَلِكُمْ إِصْرِي
قَالُوا أَقْرَرْنَا قَالَ فَاشْهَدُوا وَأَنَا مَعَكُمْ مِنَ الشَّاهِدِينَ (81)
فَمَنْ تَوَلَّى بَعْدَ ذَلِكَ فَأُولَئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ (82)
}
Dan (ingatlah) ketika Allah mengambil
perjanjian dari para nabi, "Sungguh, apa saja yang Aku berikan kepada kalian
berupa kitab dan hikmah, kemudian datang kepada kalian seorang rasul yang
membenarkan apa yang ada pada kalian, niscaya kalian akan sungguh-sungguh
beriman kepadanya dan menolongnya." Allah
berfirman, "Apakah kalian mengakui dan menerima perjanjian-Ku terhadap yang
demikian itu." Mereka menjawab, "Kami mengakui." Allah berfirman, "Kalau begitu,
saksikanlah (hai para nabi) dan Aku menjadi saksi (pula) bersama kalian." Barang
siapa yang berpaling sesudah itu, maka mereka itulah orang-orang yang
fasik.Allah Swt. memberitakan bahwa Dia telah mengambil janji dari setiap nabi yang diutus-Nya sejak dari Adam a.s. hingga Isa a.s., manakala Allah memberikan kepada seseorang di antara mereka kitab dan hikmah, lalu ia menyampaikannya kepada manusia di masanya. Kemudian datanglah seorang rasul lain sesudahnya, maka ia benar-benar akan beriman kepada rasul yang baru ini dan membantunya, dan ilmu serta kenabian yang telah disandangnya tidak boleh menjadi penghalang baginya untuk mengikuti rasul yang baru dan membantunya. Untuk itulah Allah Swt. berfirman:
{وَإِذْ
أَخَذَ اللَّهُ مِيثَاقَ النَّبِيِّينَ لَمَا آتَيْتُكُمْ مِنْ كِتَابٍ
وَحِكْمَةٍ}
Dan (ingatlah) ketika Allah mengambil perjanjian dari para nabi, "Sungguh,
apa saja yang Aku berikan kepada kalian berupa kitab dan hikmah." (Ali
Imran: 81), Yakni betapapun Aku telah memberikan kepada kalian kitab dan hikmah.
{ثُمَّ
جَاءَكُمْ رَسُولٌ مُصَدِّقٌ لِمَا مَعَكُمْ لَتُؤْمِنُنَّ بِهِ وَلَتَنْصُرُنَّهُ
قَالَ أَأَقْرَرْتُمْ وَأَخَذْتُمْ عَلَى ذَلِكُمْ إِصْرِي}
"Kemudian datang kepada kalian seorang rasul yang membenarkan apa yang ada
pada kalian, niscaya kalian akan sungguh-sungguh beriman kepadanya dan
menolongnya." Allah berfirman, "Apakah kalian mengakui dan menerima
perjanjian-Ku terhadap yang demikian itu?" (Ali Imran: 81)Menurut Ibnu Abbas, Mujahid, Ar-Rabi' ibnu Anas, Qatadah, dan As-Saddi, makna isri ialah perjanjian-Ku.
Muhammad ibnu Ishaq mengatakan bahwa isri artinya beban yang kalian pikul dari janji-Ku, yakni ikrar kalian kepada-Ku yang berat lagi dikukuhkan.
{قَالُوا
أَقْرَرْنَا قَالَ فَاشْهَدُوا وَأَنَا مَعَكُمْ مِنَ الشَّاهِدِينَ. فَمَنْ
تَوَلَّى بَعْدَ ذَلِكَ}
Mereka menjawab, "Kami mengakui." Allah berfirman, "Kalau begitu,
saksikanlah (hai para nabi) dan Aku menjadi saksi (pula) bersama kalian." Barang
siapa yang berpaling sesudah itu. (Ali Imran: 81-82)Yaitu berpaling dari ikrar dan janji ini.
{فَأُولَئِكَ
هُمُ الْفَاسِقُونَ}
maka mereka itulah orang-orang yang fasik. (Ali Imran: 82)Ali ibnu Abu Talib dan anak lelaki pamannya (yaitu Ibnu Abbas), keduanya mengatakan bahwa tidak sekali-kali Allah mengutus seorang nabi melainkan mengambil sumpah terlebih dahulu terhadapnya, yang isinya mengatakan bahwa sekiranya Allah mengutus Nabi Muhammad Saw., sedangkan dia masih hidup, maka sungguh dia harus beriman kepadanya dan menolongnya. Allah memerintahkan kepadanya agar dia mengambil janji yang sama terhadap umatnya, yaitu "Sungguh, jika Nabi Muhammad diutus, sedangkan mereka masih hidup, maka mereka harus benar-benar beriman kepadanya dan benar-benar menolongnya."
Tawus, Al-Hasan Al-Basri, dan Qatadah mengatakan bahwa Allah mengambil perjanjian dari para nabi, hendaknya sebagian dari mereka membenarkan sebagian yang lainnya. Pendapat ini tidak bertentangan dengan apa yang telah dikatakan oleh Ali dan Ibnu Abbas, bahkan memantapkan dan mengukuhkannya. Karena itulah maka Abdur Razzaq meriwayatkan dari Ma'mar dan Ibnu Tawus, dari ayahnya hal yang semisal dengan apa yang dikatakan oleh Ali dan Ibnu Abbas.
قَالَ
الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ، أَنْبَأَنَا سُفْيَانُ، عَنْ
جَابِرٍ، عَنِ الشَّعْبِيِّ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ ثَابِتٍ قَالَ: جَاءَ عُمَرُ
إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ،
إِنِّي مررتُ بأخٍ لِي مِنْ قُرَيْظَة، فَكَتَبَ لِي جَوَامعَ مِنَ التَّوْرَاةِ،
أَلَا أَعْرِضُهَا عَلَيْكَ؟ قَالَ: فتغيَّرَ وَجْهُ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -قَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ ثَابِتٍ: قُلْتُ لَهُ: أَلَا تَرَى
مَا بِوَجْهِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ؟ فَقَالَ عُمَرُ:
رَضِينَا بِاللَّهِ رِبَّا، وَبِالْإِسْلَامِ دِينًا، وَبِمُحَمَّدٍ رَسُولًا
-قَالَ: فسُرِّيَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَالَ:
"وَالَّذِي نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ لَوْ أَصْبَحَ فِيكُمْ مُوسَى عَلَيْهِ
السَّلَامُ، ثُمَّ اتَّبَعْتُمُوهُ وَتَرَكْتُمُونِي لَضَلَلْتُمْ، إِنَّكُمْ
حَظِّي مِنْ الأمَمِ، وَأَنَا حَظُّكُمْ مِنْ النَّبِيِّينَ"
Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abdur Razzaq, telah
menceritakan kepada kami Sufyan, dari Jabir, dari Asy-Sya'bi, dari Abdullah ibnu
Sabit yang mengatakan bahwa Umar datang kepada Nabi Saw., lalu berkata, "Wahai
Rasulullah, sesungguhnya aku telah memerintahkan kepada seorang saudaraku yang
Yahudi dari kalangan Bani Quraizah untuk menulis kumpulan kitab-kitab Taurat
buatku. Bolehkah aku memaparkannya kepadamu?" Maka wajah Rasulullah Saw.
berubah, dan Abdullah ibnu Sabit berkata kepadanya (Umar), "Apakah engkau tidak
melihat perubahan roman muka Rasulullah Saw.?" Umar berkata, "Aku rela Allah
sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Muhammad sebagai rasul." Maka
Rasulullah Saw. tenang kembali dan bersabda: Demi Tuhan yang jiwaku berada di
dalam genggaman kekuasaan-Nya, seandainya pagi hari ini Musa berada di antara
kalian, kemudian kalian mengikutinya seraya meninggalkan diriku, niscaya kalian
sesat. Sesungguhnya kalian adalah bagianku dari kalangan umat-umat, dan
aku adalah bagian kalian dari para nabi.Hadis lain diriwayatkan oleh Al-Hafiz Abu Ya'la.
حَدَّثَنَا
إِسْحَاقُ، حَدَّثَنَا حَمَّادٌ، عَنْ مُجالد، عَنِ الشَّعْبِيِّ، عَنْ جَابِرٍ
قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "لَا تَسْأَلُوا
أَهْلَ الْكِتَابِ عَنْ شَيْءٍ، فَإِنَّهُمْ لَنْ يَهْدُوكُمْ وَقَدْ ضَلُّوا،
وَإِنَّكُمْ إِمَّا أَنْ تُصَدِّقُوا بِبَاطِلٍ وَإِمَّا أنْ تُكَذِّبُوا بِحَقٍّ،
وَإِنَّه -واللهِ-لَوْ كَانَ مُوسَى حَيًّا بَيْنَ أَظْهُرِكُمْ مَا حَلَّ لَهُ
إِلا أَنْ يَتَّبِعَنِي" .
Disebutkan bahwa telah menceritakan kepada kami Ishaq, telah menceritakan
kepada kami Hammad, dari Mujahid, dari Asy-Sya'bi, dari Jabir yang menceritakan
bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: "Janganlah kamu bertanya kepada Ahli
Kitab tentang sesuatu, sesungguhnya mereka tidak akan memberikan petunjuk kepada
kamu, mereka itu telah sesat. Maka kamu akan membenarkan kebatilan atau
mendustakan kebenaran. Demi Allah, kalau saja Musa masih hidup di antara kamu,
maka tidak halal baginya kecuali mengikutiku."Nabi Muhammad, penutup para Nabi Shalawat dan Salam atasnya hingga hari kiamat.